31.3 C
Jakarta
Minggu, 14 Agustus, 2022

Shopee Pinjam atau SPinjam tidak Cair? Ini Penyebabnya

JAKARTA, duniafintech.com – Pernah mengalami Shopee Pinjam atau SPinjam tidak cair? Tenang saja sebab kamu akan mengetahui alasanya di bawah ini.

Seperti diketahui, SPinjam dalam beberapa waktu terakhir memang menjadi pilihan banyak orang sebagai aplikasi pinjam uang online terpercaya. Hal itu karena proses pengajuan Shopee Pinjam ini memang relatif lebih mudah dan cepat.

Pasalnya, proses pengajuannya hanya memerlukan waktu mulai dari 1×24 jam hingga maksimal 3 hari. Nah, kalau lebih dari 3 hari tidak kunjung cair maka barangkali pengajuan Shopee Pinjam kamu ditolak.

Baca juga: Panduan Cara Upgrade Shopee PayLater Lite ke Shopee PayLater

Hal itu pun bisa terjadi karena beberapa alasan yang relevan menurut pihak Shopee. Nah, untuk mengetahuinya, simak ulasan selengkapnya yuk di bawah ini!

SPinjam tidak Cair: Ketentuan SPinjam di Shopee

Terkait ketentuan penggunaan SPinjam di Shopee, fitur yang satu ini tidak bisa dinikmati oleh setiap pengguna Shopee. Pasalnya, hanya para pelanggan Shopee yang beruntung yang nantinya akan memperoleh penawaran untuk mendapatkan SPinjam.

Di lain sisi, setelah berhasil melakukan aktivasi, kamu nantinya akan menerima limit pinjaman, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, bergantung dari kebijakan Shopee dan loyalitas kamu sebagai pengguna Shopee. Limit itu dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman tunai.

Biasanya, dana SPinjam akan langsung cair kurang dari 5 menit dan setelah itu kamu akan menerima notifikasi berupa dana SPinjam berhasil ditransfer ke rekening.

spinjam tidak cair

SPinjam tidak Cair, Apa Saja Penyebabnya?

Bagi para pengguna SPinjam yang pernah mengalami dana pinjaman tidak cair setelah melakukan pengajuan, kamu tidak perlu panik ya. Sejatinya, masalah itu sudah umum terjadi di SPinjam maupun layanan pinjaman online lainnya. Berikut ini sejumlah faktor yang dapat menyebabkan SPinjam tidak cair.

1. Tidak Memenuhi Syarat dan Ketentuan

Pertama, pengajuan Shopee Pinjam kamu ditolak atau tidak kunjung cair bisa saja terjadi karena kamu tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh penyedia jasa pinjaman.

2. Tidak Bisa Dihubungi

Di samping alasan pertama tadi, boleh jadi pengajuan Shopee Pinjam kamu tidak kunjung cair lantaran kamu tidak bisa dihubungi selama 3 hari berturut-turut. Alasan berikut ini ini murni kesalahan kamu sehingga pastikan kamu mengisi data dengan benar.

Dalam ha ini, kamu pun sebenarnya hanya perlu mengisi data seperti nomor ponsel, nomor darurat, rekening bank, dan verifikasi data menggunakan KTP. Oleh sebab itu, pastikan lagi ya bahwa nomor telepon dan semua dokumen yang kamu sertakan ketika pengisian formulir nantinya bisa dihubungi.

3. Punya Tunggakan Cicilan di SPinjam

Terkait alasan yang satu ini, kamu punya tunggakan tagihan SPinjam yang belum dibayarkan, padahal sudah melewati tanggal jatuh tempo. Kalau demikian maka pengajuan dana SPinjam tidak akan cair dan umumnya akan muncul pemberitahuan supaya kamu segera melunasi cicilan yang tertunggak itu.

Baca juga: Cara Bayar Shopee PayLater Pakai CIMB Niaga, Simak Yuk!

4. Terbukti Melanggar Syarat & Ketentuan Pengguna

SPinjam pun tidak dapat cair kalau kamu sebagai pengguna layanan ini terbukti melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku. Pelanggaran itu bisa berupa penggunaan rekening palsu (tidak sesuai nama di akun Shopee) maupun melakukan aktivitas mencurigakan—sesuatu yang memang sangat dilarang.

5. Terjadi Gangguan Server

Dana SPinjam juga bisa tidak cair ketika tengah terjadi gangguan server di aplikasi Shopee. Hal ini umum terjadi pada layanan yang satu ini. Bahkan, masalah pada server pun dapat berdampak terhadap SPinjam tidak muncul hingga sejumlah fitur lainnya, seperti ShopeePay dan SPayLater.

Cara Mengatasi supaya SPinjam Bisa Cair ke Rekening

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan sebagai solusi bagi dana SPinjam yang tidak masuk ke rekening.

1. Melunasi Tunggakan Tagihan SPinjam

Pertama, kamu bisa membayar tagihan Shopee Pinjam yang tertunggak. Nah, saat kamu tidak lagi punya tagihan yang belum dibayarkan, kamu dapat meminjam uang di SPinjam kembali selagi limit yang tersedia di atas nominal Rp200.000.

2. Menghubungi Customer Service

Kedua, kamu juga bisa meminta bantuan Customer Service melalui menu Chat Dengan Shopee atau melakukan panggilan Call Center di nomor 1500702 dan 021-39500300.

Kalau sudah tersambung dengan petugas maka kamu bisa menyampaikan permasalahan yang tengah dialami, yakni dana pinjaman dari Shopee Pinjaman tidak dapat cair. Nantinya, petugas akan menjelaskan terkait solusi untuk mengatasinya.

Sekian ulasan tentang beberapa penyebab atau alasan di balik SPinjam tidak cair. Nah, jangan sampai kesalahan di atas kamu lakukan ya!

Baca juga: Limit Shopee PayLater Berkurang? Begini Cara Mengatasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Top Up OVO lewat ATM Mega, Banyak Keuntungannya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Mega tentu saja perlu kamu ketahui sebab ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh metode ini. Sebagai...

Ketahuilah! Meski Canggih, Tapi Inilah Dampak Negatif Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Meskipun teknologi Metaverse terbilang canggih, namun tetap ada dampak negatif Metaverse tersebut. Bagi para pengguna, mesti tetap memperhatikan dampak-dampak tersebut.  Sebelumnya telah...

Harga Pertalite Mau Jadi Rp10 Ribu, Bahlil: Masih Dihitung

JAKARTA, duniafintech.com – Wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite menjadi Rp10.000/liter kencang berembus belakangan ini. Hal itu pun menuai komentar Menteri Investasi/Kepala...

Wajib Tahu, Inilah Jenis Crypto Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis crypto beserta kelebihan dan kekurangannya perlu untuk Anda pahami. Di dunia ini, mata uang digital bukan hanya bitcoin, namun juga...

Cara Atasi KlikBCA Terblokir Termudah, Bisa Via WhatsApp!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara atasi KlikBCA terblokir tentu saja sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah BCA yang mengalami kejadian ini. Sebagaimana jamak diketahui, dengan...
LANGUAGE