32.8 C
Jakarta
Senin, 8 Agustus, 2022

Bunga Shopee Pinjam per Bulan Berapa? Begini Menghitungnya

JAKARTA, duniafintech.com – Bunga Shopee Pinjam atau (SPinjam) berikut ini sangat penting untuk diketahui oleh para pengguna layanan yang satu ini.

Sebagai informasi, e-commerce Shopee saat ini bukan hanya menjadi platform belanja online saja. Pasalnya, sekarang ini Shopee pun telah menghadirkan produk pinjaman tunai bernama Shopee Pinjam (SPinjam).

SPinjam adalah produk pinjaman tunai yang ditawarkan untuk pengguna Shopee dengan fitur pengajuan mudah, bunga rendah, dan cicilan bulanan dengan tenor 2, 3, 6, dan 12 bulan. Di sini, kamu bisa mengajukan pinjaman minimal Rp200.000 dan maksimal Rp15.000.000, sesuai dengan limit yang dimiliki oleh setiap pengguna dan dapat berubah sewaktu-waktu. 

Baca juga: Shopee Pinjam atau SPinjam tidak Cair? Ini Penyebabnya

Adapun setiap pengguna Shopee Pinjam bakal memperoleh limit kredit berbeda-beda, tetapi kamu bisa menaikkan limit SPinjam apabila limit kredit kamu kurang. Tentunya, kehadiran Shopee Pinjam ini dapat membantu penggunanya saat membutuhkan dana untuk keperluan mendadak, baik untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari maupun kebutuhan lain.

Namun, fitur tentunya ini tidak terlepas dari suku bunga pinjaman yang mesti dibayar saat kamu memutuskan untuk mengajukan Shopee Pinjam. Lantas, berapa sih besaran bunganya per bulan?

Buat kamu yang ingin tahu soal itu dan cara untuk menghitung besarannya, simak yuk ulasannya berikut ini!

bunga shopee pinjam

Bunga Shopee Pinjam

Saat kamu hendak mengajukan pinjaman, hal yang mesti dipertimbangkan dari produk pinjaman itu adalah soal bunga per bulan yang harus kamu bayar nantinya.

Adapun bunga pinjaman itu benar-benar harus diperhitungkan karena semakin besar bunga pinjaman yang harus dibayar, semakin memberatkan pula pengembalian dana yang akan kamu bayarkan per bulannya.

Karena itu, pengguna Shopee Pinjam harus tahu berapa besar bunga yang mesti dibayar per bulannya sebelum mengajukan pinjaman.

Untuk diketahui, SPinjam telah menetapkan suku bunga terkecil sebesar 2,45% per bulan. Di samping itu, juga ada biaya administrasi sebesar 3% per transaksi dan denda keterlambatan pembayaran angsuran sebesar 5%.

Oleh sebab itu, jangan sampai kamu telat membayar cicilannya ya kalau kamu memang tidak ingin dikenakan denda keterlambatan.

Cara Menghitung Bunga Shopee Pinjam

Untuk mengetahui berapa besar bunga yang mesti dibayarkan, kamu bisa kok melakukan perhitungannya sendiri. Cara hitung bunga SPinjam ini tidaklah sulit sebab kamu hanya perlu mengalikan bunga dan plafon.

Sebagai contoh, kamu bisa menyimak simulasi perhitungan bunganya di bawah ini.

Misalkan kamu mengajukan pinjaman sebesar Rp5.000.000 dengan jangka waktu (tenor) 3 bulan. Berapakah bunga yang harus dibayar nantinya? Inilah perhitungannya:

– Pokok hutang Shopee Pinjam: Rp5.000.000

– Bunga SPinjam: Rp5.000.000 x 2,45% = Rp122.500 per bulan

– Cicilan Per Bulan Shopee Pinjam: (Rp5.000.000 : 3)+ Rp122.500 = Rp1.789.167

Contoh perhitungan bunga lainnya berdasarkan masing-masing tenor, kalau, misalnya, besaran pinjaman yang diajukan sebesar Rp1.000.000, adalah seperti berikut ini.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Shopee PayLater, Dijamin Cair!

1. Plafon: Rp990.000

Tenor: 2 bulan

Bunga: Rp49.000

Pelunasan: Rp1.039.000

2. Plafon: Rp990.000

Tenor: 3 bulan

Bunga: Rp73.500

Pelunasan: Rp1.063.500

3. Plafon: Rp990.000

Tenor: 6 bulan

Bunga: Rp147.000

Pelunasan: Rp1.137.000

4. Plafon: Rp990.000

Tenor: 12 bulan

Bunga: Rp294.000

Pelunasan: Rp1.284.000

Catatan:

1. Jumlah pinjaman yang akan kamu dapatkan tidaklah 100%, tetapi akan dikenai biaya administrasi hingga 3% yang dibayar di muka.

2. Dari daftar di atas, dapat diasumsikan bahwa biaya administrasi sekecil-kecilnya sebesar 1%.

3. Biasanya, biaya administrasi akan ditentukan berdasarkan besaran plafon pinjaman dan tenor yang dipilih.

4. Untuk bunga yang digunakan sekecil-kecilnya adalah sebesar 2,45%. Bisa saja bunganya akan lebih besar, bergantung dari kebijakan pihak Shopee Pinjam.

Sekian ulasan tentang bunga Shopee Pinjam (SPinjam) yang perlu kamu ketahui sebagai pengguna layanan ini. Kamu bisa menerapkan perhitungan di atas sesuai dengan plafon tenor pinjaman Shopee Pinjam kamu ya. Selamat mencoba!

Baca juga: ShopeePinjam, Layanan Pinjaman Online untuk Pengguna Aplikasi Shopee

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Mubazir!

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan...
LANGUAGE