29 C
Jakarta
Rabu, 22 Mei, 2024

Uang Dijamin Terkumpul, Ini Cara Menabung dengan Cepat Berhasil dalam Sebulan

JAKARTA, duniafintech.com – Menabung dengan cepat memang sangat diperlukan untuk kamu yang ingin uang tersebut terkumpul dengan cepat agar dapat dibelanjakan atau untuk hal lainnya. Menabung memang merupakan kebiasaan yang baik dan sudah diajarkan sejak usia dini. Konon, dengan menabung maka bisa membuat seseorang menjadi cepat kaya dan bisa membeli apapun yang mereka inginkan. Sederhananya, tahan keinginan, kumpulkan uang, dan letakkan di tempat yang aman. Cara menabung dengan cepat dapat dilakukan di bank, celengan, atau bahkan di tempat lain yang sekiranya aman.

Selain untuk mengumpulkan sejumlah uang, menabung juga dapat dijadikan sarana untuk berhemat dan berjaga-jaga. Sebab, tidak ada yang tahu kapan akan terjadi hal yang tak terduga hingga dapat menimpa seseorang. Jika kamu tidak mempersiapkan uang tabungan yang cukup, maka kamu akan kebingungan untuk mencari uang dari mana dalam waktu relatif singkat.

Namun, kebiasaan menabung ini ternyata belum tentu dapat dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, ada juga orang yang merasa kesulitan untuk menyimpan dan mengumpulkan uang mereka lantaran gaya hidupnya yang boros. Kebiasaan ini pun juga sulit untuk dilakukan jika mereka tidak terbiasa.

Cara Menabung dengan Cepat

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menabung dengan mudah, antara lain:

  • Mempunyai Tujuan Awal

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan apa tujuan awal kamu harus menabung. Sebelum kamu mengumpulkan uang, maka sangat perlu untuk menetapkan terlebih dahulu goals dari aktivitas menabung yang akan dilakukan. Misalnya cara menabung untuk membeli HP, laptop, mobil, atau DP rumah. Namun, bisa juga menabung untuk mengumpulkan dana darurat atau pergi haji.

Dengan tahu tujuan awal kamu melakukan aktivitas menabung, maka nantinya akan lebih mudah dalam menerapkan caranya dengan cepat. Tentunya pasti akan lebih fokus dalam mencapai tujuan karena sudah tahu apa yang kamu inginkan. Ketimbang hanya asal menabung tanpa ada tujuan, maka cara ini lebih efektif untuk diterapkan.

  • Menentukan Nominal yang Ingin Ditabung

Setelah menetapkan tujuan menabung, maka selanjutnya adalah dengan kamu dapat menentukan berapa nominal yang nanti akan dikumpulkan setiap hari, setiap minggu, atau bahkan setiap bulannya. Berikan juga batas minimal nominal yang harus terkumpul dalam jangka waktu tertentu. Hal ini dapat memacu semangat kamu untuk menabung karena ada target yang sudah ditetapkan di awal.

Usahakan juga untuk menabung dengan nominal yang sama agar uang dapat terkumpul lebih cepat. Tips menabung ini dapat dilakukan di rumah, yaitu dengan cara mengumpulkan nominal uang yang sama yang sudah ditetapkan waktunya di celengan atau tempat lain. Jika sudah terkumpul banyak, maka selanjutnya adalah memindahkannya ke bank atau tempat lain agar lebih aman.

  • Memisahkan Tabungan Sejak Awal

Selanjutnya adalah dengan memisahkan tabungan sejak awal gajian. Tips menabung cepat ini berlaku bagi karyawan yang mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Pisahkan uang yang akan ditabung pada saat tanggal gajian, amankan uang tersebut dan simpan di rekening berbeda dari rekening gaji. Asumsikan bahwa uang tersebut sudah tidak ada sehingga kamu tidak kepikiran dengan uang itu lagi.

Hindari juga menabung dengan uang sisa karena umumnya uang yang tidak dialokasikan akan habis begitu saja di tengah jalan. Alhasil, aktivitas menabung yang sudah direncanakan tidak bisa terealisasi.

  • Gunakan Sistem Tabungan Otomatis

Cara menyisihkan uang lainnya adalah dengan menggunakan sistem tabungan otomatis atau di-auto debet secara langsung dari rekening. Besaran nominal yang harus di-auto debet secara langsung harus sesuai dengan ketentuan nominal yang sudah ditetapkan di awal. Sekarang ini sudah banyak perbankan resmi yang ada di Indonesia yang akan menawarkan produk tabungan otomatis ini. Tak hanya dapat dilakukan oleh para pekerja saja, melainkan juga dapat dilakukan oleh mahasiswa, pelajar dan anak sekolah untuk mempersiapkan kebutuhan dengan menggunakan sistem tabungan otomatis ini.

  • Menyisihkan Uang Receh

Meskipun hal ini terlihat sepele, namun jangan pernah sekalipun meremehkan uang receh. Ketika ada uang kembalian belanja berupa uang receh, maka harus dengan segera untuk disimpan dan dikumpulkan di tempat yang aman. Uang recehan ini harus kamu simpan dengan aman dan baik. Jangan pernah sepelekan uang bernilai kecil, karena jika uang receh tersebut dikumpulkan nantinya akan menjadi bernilai besar. Mengumpulkan uang recehan juga menjadi salah satu cara yang dapat kamu coba.

  • Simpan Uang Hasil Pendapatan Ekstra

Cara menabung selanjutnya adalah dengan menyimpan sejumlah uang dari hasil pendapatan ekstra atau bonus pekerjaan yang kamu terima. Pendapatan ekstra atau bonus ini merupakan salah satu sumber tabungan yang bisa dimanfaatkan untuk dana darurat. Tanamkan mindset bahwa pendapatan ekstra bukan untuk hura-hura, melainkan untuk tabungan hari tua nanti.

  • Gunakan Aplikasi Tabungan

Untuk kamu yang susah untuk menyisihkan uang, maka disarankan untuk menggunakan aplikasi tabungan agar dapat mengumpulkan uang dengan bijak, cermat, dan cepat. Saat ini sudah banyak aplikasi tabungan yang bisa kamu manfaatkan seperti Spendee, Wally, Dompetsehat dan sejenisnya yang bisa membantu kamu untuk mengerem pengeluaran. Dengan mengetahui banyaknya pengeluaran yang terjadi setiap bulan, maka bisa lebih mudah untuk menyisihkan uang dan menyimpannya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU