25.6 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Cara Menabung di Bank Mandiri lewat ATM dan Teller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menabung di Bank Mandiri pada ulasan berikut ini sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Mandiri.

Seperti diketahui bersama, Bank Mandiri menjadi salah satu layanan perbankan yang bisa dipilih oleh masyarakat berdasarkan kategori perbankan milik negara (di bawah naungan BUMN).

Nah, untuk mengetahui lebih jauh soal cara menabung di bank pelat merah yang satu ini, simak yuk ulasannya di bawah ini, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Produk Bank Mandiri Terlengkap, Berikut 10 Pilihannya

Jenis Tabungan Bank Mandiri

Sebelum mengetahui cara menabung di Bank Mandiri, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja jenis tabungan Bank Mandiri. Berikut ini uraiannya.

  1. Tabungan Mandiri

Ini merupakan salah satu produk dari layanan perbankan Bank Mandiri dan menyasar nasabah yang ingin menabung atau menyimpan uangnya di Bank Mandiri.

Keunggulan:

  • Penyetoran dan penarikan uang ke atau dari rekening Mandiri dapat dilakukan di semua cabang bank Mandiri, mesin ATM berlogo Link, mesin ATM berlogo ATM BERSAMA, atau di mesin ATM berlogo Visa/Visa Electron dan ATM berlogo PLUS.
  1. Tabungan Rencana Mandiri

Jenis tabungan yang satu ini sangat pas buat kamu yang kesulitan menabung. Tabungan ini memiliki keunggulan autodebet yang akan memotong uang kamu secara otomatis dari rekening untuk dimasukkan ke dalam Tabungan Rencana Mandiri.

Keunggulan:

  • Terdapat fasilitas autodebet dari rekening langsung
  • Kamu dapat menentukan jangka waktu tabungan (1-20 tahun)
  • Kamu dapat menambah dana di Tabungan Rencana Mandiri kamu di luar setoran perbulan yang sudah kamu atur
  • Kamu dapat memilih valuta tabungan kamu, rupiah atau dolar
  1. Tabungan Haji Mandiri

Jenis tabungan ini adalah jenis tabungan yang tepat bagi kamu yang ingin menunaikan rukun islam yang kelima, yakni ibadah haji. Tabungan Haji Mandiri ini hadir untuk membantu kamu mempersiapkan serta mewujudkan impian kamu untuk menyelenggarakan ibadah haji.

  1. Tabungan Bisnis Mandiri

Buat kamu yang punya bisnis/usaha, kamu dapat memilih jenis tabungan yang satu ini. Tabungan Bisnis Mandiri ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memudahkan transaksi usaha kamu, di antaranya kartu Mandiri Debit, layanan m-banking/internet banking, SMS banking, dan Mandiri Call. Bukan itu saja, tabungan ini pun tersedia dalam mata uang rupiah dan dolar, buku tabungan dilengkapi deskripsi dan keterangan transaksi yang lebih lengkap dan jelas.

  1. Tabungan TKI Mandiri

Tabungan TKI Mandiri hadir untuk menjawab kebutuhan para WNI yang kini sedang bekerja atau meniti karir di luar negeri dan ingin menabung dalam mata uang Rupiah. Keamanan tabungannya terjaga dan peserta tabungan ini pun berhak untuk ikut dalam undian Mandiri Fiesta serta dapat melakukan transaksi secara online di seluruh cabang bank Mandiri.

  1. TabunganKu Mandiri

Produk tabungan yang satu ini hadir untuk mendukung program pemerintah dalam menumbuhkan minat masyarakat untuk menabung di bank. TabunganKu Mandiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni TabunganKu Mandiri Standar (Mandatory) dan TabunganKu Mandiri Customized.

  • TabunganKu Mandiri Standar (Mandatory) merupakan tabungan standar yang sesuai dengan peraturan pemerintah dan berlaku sama di semua bank.
  • TabunganKu Mandiri Customized merupakan tabungan yang tiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, bergantung pada kebijakan bank masing-masing.
  1. Tabungan Mandiri Valas

Merupakan tabungan yang mendukung kamu yang ingin menabung atau menyimpan uang dalam mata uang asing. Tabungan ini memberikan keuntungan nilai tukar mata uang yang kompetitif dan bunga tabungan yang cukup menarik untuk kamu.

  1. TabunganMu

Singkatan dari Tabungan Mitra Usaha Mandiri, ini adalah tabungan unit mikro yang hadir untuk mendukungmu meraih potensi bisnis yang optimal dengan layanan yang mudah dan terjangkau. Layanan tabungan yang satu ini menjangkau hingga daerah-daerah kecil.

  1. Tabungan Karyawan dan Pelajar

Disebut juga sebagai Tabungan Kapel, ini adalah tabungan yang bisa dibuka atas kerja sama dari pihak bank dengan sekolah/kantor tempatmu bekerja. Adapun untuk syarat dan ketentuan tabungan ini disesuaikan dengan hasil negosiasi antara dua belah pihak yang bekerja sama tersebut.

  1. Mandiri Tabungan Investor

Ini merupakan jenis tabungan yang akan memudahkan kamu untuk bertransaksi jual beli saham dan segala macam produk yang ada di pasar modal. Tabungan ini menawarkan keuntungan berupa, antara lain, tidak ada batas minimum setoran awal, tidak ada batas saldo minimum, dan tidak ada biaya penalti.

Baca juga: Layanan MCM2 Bank Mandiri, Inilah Pengertian dan Fitur-fiturnya

Cara Menabung di Bank Mandiri via Offline di Kantor Cabang

Jika kamu yang berkeinginan untuk membuka tabungan Mandiri secara offline maka kamu bisa mendatangi langsung kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa segala syarat-syarat sesuai dengan jenis tabungan yang ingin dibuka.

Nah, setibanya di kantor cabang Mandiri, kamu bisa mengambil antrean untuk ke customer service. Selanjutnya, isilah formulir pembukaan tabungan bank Mandiri. Dalam hal ini, customer service akan siap membantumu untuk membuka tabungan.

Kalau kamu masih mengalami kendala dan kebingungan maka jangan sungkan untuk bertanya langsung ya kepada customer service yang melayanimu.

cara menabung di bank mandiri

Cara Menabung di Bank Mandiri Online

Apabila kamu berminat untuk membuka tabungan di Bank Mandiri, tetapi selalu tidak punya waktu untuk datang langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat, maka kamu bisa lho buka tabungan dari bank ini secara online. Berikut ini tata caranya:

  • Kunjungi laman https://join.bankmandiri.co.id via smartphone atau laptop
  • Login dan masukkan data
  • Petugas akan melakukan verifikasi data melalui video call
  • Calon nasabah membubuhkan tanda tangan digital
  • Rekening akan langsung aktif setelah verifikasi dan tanda tangan digital berhasil dilakukan

Cara Menabung di Bank Mandiri yang Aman

Pada dasarnya, cara menabung di salah satu anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) ini sangatlah mudah. Kalau kamu sudah berhasil membuka rekening maka selanjutnya kamu bisa langsung mempraktikkan cara menabung via eller dan mesin ATM berikut ini.

1. Menabung via Teller

Cara menabung via teller ini bisa dilakukan dengan mendatangi langsung kantor cabang bank Mandiri dan meminta bantuan teller bank untuk memasukkan setoran tabungan ke dalam rekening tabunganmu. Inilah panduannya:

  • Datang ke Bank Mandiri terdekat
  • Ambil nomor antrean teller
  • Isi lengkap formulir setor tunai
  • Tunggu nomor antrean dipanggil
  • Serahkan formulir, buku tabungan, kartu identitas diri serta uang yang ingin disetor ke dalam rekening tabungan
  • Teller akan memproses penyetoran tabungan

2. Menabung lewat Mesin ATM

Sekiranya kamu malas mengantre atau datang langsung ke kantor cabang bank Mandiri, kamu bisa lho menabung lewat mesin ATM setor tunai. Untuk melakukan penyetoran tabungan melalui mesin ATM setor tunai, kamu harus memastikan bahwa uang yang akan kamu setor dalam bentuk pecahan uang Rp50.000 atau Rp100.000 dan uang itu pun harus dalam kondisi baik (tidak terlipat).

Inilah tutorialnya:

  • Cari mesin ATM setor tunai Bank Mandiri terdekat
  • Masukkan kartu ATM kamu, lalu pilih bahasa yang digunakan dan masukkan pin ATM
  • Pilih menu “Setor Tunai”
  • Masukkan uang yang ingin disetor ke dalam mesin setor tunai. Mesin akan melakukan penghitungan uang setoran
  • Setelah proses penghitungan uang setoran selesai, jumlah nominal uang akan ditampilkan di mesin setor tunai. Jika sudah sesuai maka kamu bisa menekan menu “Setor”
  • Proses penyetoran uang selesai

Sekian ulasan tentang cara menabung di Bank Mandiri yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga ulasan ini bermanfaat ya!

Baca juga: Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Mandiri, BCA, & Lainnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE