31 C
Jakarta
Minggu, 10 Desember, 2023

Cara Menabung Emas di Pegadaian Cocok untuk Investasi Nih!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menabung emas di pegadaian merupakan pilihan alternatif di era investasi seperti sekarang ini, investasi emas sendiri merupakan investasi yang menguntungkan. Masyarakat bebas memilih emas perhiasan atau emas batangan untuk dijadikan investasi. Selain lebih aman dan mudah, investasi emas juga dianggap menjanjikan karena harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun.

Betapa tidak, belakangan ini, berinvestasi emas terasa paling menguntungkan. Harga emas terus melambung tinggi ditambah dengan sentimen negatif yang melanda pasar keuangan. Masyarakat kembali melirik opsi investasi konvensional yang aman tapi nilainya tak terbantahkan yakni emas.

Dan di tengah panasnya harga emas ini, akhirnya opsi ini kembali menjadi opsi yang sulit direalisasikan. Tapi di pegadaian tidak, anda bisa mulai menabung emas yang bahkan bisa dimulai dari 0,01 gram.

Baca jugaAplikasi Investasi Emas OJK: Cara Investasi Emas di Aplikasi Bank

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaKelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Yuk Kita Simak!

Berinvestasi Emas Di Pegadaian

Karena sifatnya safe haven, logam mulia emas memang tak terbantahkan nilainya bahkan ketika uang tak lagi berlaku.

Oleh karena itu, ada baiknya mulai berinvestasi dengan mengumpulkan emas. Logam mulia ini merupakan pilihan investasi yang menarik karena harganya yang stabil dan modalnya yang sebenarnya tidak sebesar investasi tanah atau rumah.

Menabung emas di pegadaian mungkin bisa jadi solusi yang anda ambil saat ini. Anda bisa mencicil dana yang kamu alokasikan untuk membeli emas sedikit demi sedikit. Jika dananya sudah mencukup barulah kamu membeli emas yang diinginkan.

Jika bingung bagaimana cara menabung emas, anda bisa melakukannya melalui Pegadaian dengan produk Tabungan Emas. Ini adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan sehingga memudahkan masyarakat.

Cara mendapatkannya juga sangat mudah, cukup dengan mengisi formulir pembukaan rekening dengan data diri sesuai dengan kartu identitas. Anda bisa melakukannya dengan datang ke outlet pegadaian atau lewat aplikasi Pegadaian yang bisa anda dapatkan di Playstore.

Anda bisa membeli emas mulai dari berat 0,01 gram dengan harga yang berlaku di pasaran atau sejumlah nominal yang ditetapkan Pegadaian. Sistemnya adalah membeli emas dengan sejumlah dana dan kemudian menitipkannya ke Pegadaian. Dengan demikian, investasimu tersimpan dengan aman dan terjamin.

Pegadaian juga menyediakan layanan order cetak dengan pilihan keping mulai dari 1 gram. Anda bisa melakukannya sewaktu-waktu ketika dibutuhkan dengan dibebankan sejumlah biaya. Anda juga bisa melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0.01 gram.

Untuk membuka rekening emas di Pegadaian, cukup dengan membayar biaya administrasi Rp10 ribu dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30 ribu. Untuk sistem pembeliannya juga tersedia banyak cara seperti yang diuraikan di bawah ini.

Beberapa Cara Menabung Emas di Pegadaian yang Bisa Anda Lakukan

Berikut adalah beberapa cara menabung emas di pegadaian yang bisa dijadikan pilihan, antara lain:

1. Kantor Cabang Pegadaian

Pembelian bisa dilakukan lewat outlet Pegadaian hingga maksimal 100 gram per Customer Information File (CIF) per hari.

2. ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

Anda juga bisa menabung emas dengan lebih praktis lewat ATM. Hal ini berlaku bagi nasabah Bank Mandiri, BRI, dan BNI. Pembelian atau top up bisa dilakukan dengan minimal Rp50.000 dan maksimal Rp10 juta per hari.

3. Mobile Banking

Cara menabung emas di Pegadaian juga bisa dilakukan lewat ponsel anda. Kemudahan ini khusus bagi nasabah Bank Mandiri dan BNI maksimal Rp10 juta per hari.

4. Internet Banking

Menabung emas lewat internet banking diberlakukan minimal dan maksimal nominal yang serupa dengan top up via ATM dan mobile banking. Hanya saja, internet banking hanya bisa dilakukan oleh pemilik rekening Bank Mandiri dan BRI.

5. Aplikasi Pegadaian Digital

Pegadaian sebagai salah satu BUMN terbesar juga berinovasi dengan menghadirkan layanan secara online lewat aplikasi. Aplikasi ini salah satunya menyediakan layanan pembelian emas dengan jumlah yang sama dengan mobile banking.

6. Agen Pegadaian

Untuk metode yang lebih sederhana, bisa pula menabung emas dengan membeli lewat agen Pegadaian. Minimal pembeliannya pun sama saja dengan cara digital lainnya yakni Rp50.000.

Menabung emas di pegadaian bisa dijadikan opsi bagi anda yang ingin berinvestasi namun sulit mengumpulkan dananya. Jika sulit menyisihkan dana sampai nominal mencukupi maka cobalah mencicil lewat tabungan emas. Bahkan bisa dikatakan tabungan emas lebih

bermanfaat dibandingkan tabungan biasa karena nilai emas yang bersaing dengan tingkat inflasi.

Keuntungan 

Ada banyak keuntungan menabung emas di Pegadaian yang bisa anda dapatkan, yaitu :

1. Bisa Dicairkan Kembali

Apabila membutuhkan uang tunai, anda bisa melakukan buyback alias dijual kembali emas yang telah ditabung selama ini. Penjualan bisa dilakukan kepada Pegadaian melalui outlet atau aplikasi dengan minimal berat 1 gram.

2. Tersedia dalam Berbagai Pilihan

Pegadaian menyediakan cetak emas mulai dari 5 gram sampai dengan 1 kilogram. Karena itu, anda bisa memilih berinvestasi dengan berat yang mana sesuai dengan kemampuan keuangan.

Biasanya masyarakat lebih suka kepingan emas berukuran kecil agar mudah dicairkan kembali. Namun anda bebas menentukan pilihan sesuai kebutuhan dan preferensi Anda sendiri.

3. Dijamin Kualitasnya

Emas yang dijual Pegadaian memiliki sertifikat resmi sehingga kualitasnya terjamin. Setiap batang emas memiliki merek PT Antam maupun Pegadaian. Anda akan terhindar dari aksi penipuan emas yang kadarnya tidak bisa dipastikan.

Emas yang anda miliki juga bisa dijual kembali di banyak outlet pegadaian maupun butik emas karena kualitasnya terjamin dan tak perlu khawatir merugi karena kualitasnya menurun setelah anda memilikinya.

4. Nilainya Jarang Turun

Investasi emas sudah terbukti paling menguntungkan karena harganya yang selalu naik. Jarang sekali emas mengalami penurunan harga kecuali di kondisi tertentu. Memang selama ini emas kerap dipandang sebelah mata karena tidak menawarkan keuntungan yang progresif.

Namun fluktuasi harganya selama setahun terakhir terbukti menjadikan emas sebagai pilihan investasi yang aman. Bahkan anda akan mendapatkan bonus ketika harga terus meroket seperti beberapa waktu terakhir.

Demikianlah beberapa cara menabung emas di Pegadaian yang bisa kamu coba sebagai alternatif investasi.

Baca jugaInvestasi Emas di Tahun 2023 Masih Menguntungkan?

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tips Investasi untuk Pemula, Cek Rekomendasi Instrumen Investasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi untuk pemula perlu diketahui saat kamu yang masih awam ingin terjun ke dunia penanaman modal. Saat ini, tersedia berbagai jenis...

Game Penghasil Crypto tanpa Modal, Cek Rekomendasi Terbaiknya!

JAKARTA, duniafintech.com – Game penghasil crypto tanpa modal tentu penting diketahui jika kamu ingin mendapatkan cuan dari sebuah game. Saat ini, ada banyak game penghasil...

Contoh Usaha Modal Kecil, Rekomendasi Peluang Cuan!

JAKARTA, duniafintech.com – Contoh usaha modal kecil pada dasarnya tersedia sangat banyak dan bisa kamu pilih sesuai dengan passion-mu. Namun, hal pertama yang harus dipahami...

Cara Trading Crypto di INDODAX, Simak Panduannya Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara trading crypto di INDODAX untuk pemula penting dipelajari oleh para calon trader di dunia aset kripto. Terkait hal itu, memperhatikan exchange...

Tips Beli Rumah KPR dengan Aman, Segera Wujudkan Mimpi!

JAKARTA, duniafintech.com – Tips beli rumah KPR atau Kredit Pemilikan Rumah tentunya penting diketahui jika kamu ingin mencoba skema ini. KPR sendiri telah menjadi semacam...
LANGUAGE