29.6 C
Jakarta
Minggu, 29 Mei, 2022

Ingin Mendapatkan Kartu GPN di Berbagai Bank? Simak Caranya Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu GPN adalah salah satu jenis kartu debit atau yang biasa dikenal dengan kartu ATM. Sebagaimana diketahui, kartu ATM akan memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi.

Maka dari itu, kartu debit yang diterbitkan oleh bank apa pun juga kian ramai peminat dan penggunanya. Adapun GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional menjadi sistem transaksi pembayaran non tunai yang menambah daftar pilihan pembayaran.

Lain dari Visa atau Mastercard yang merupakan sistem transaksi pembayaran milik asing, GPN adalah milik dalam negeri. Simak yuk uraian selengkapnya di sini.

Kartu GPN Adalah

Pada dasarnya, GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional adalah sistem transaksi non tunai yang menghubungkan berbagai jalur pembayaran secara nasional. Dalam hal ini, seluruh masyarakat Indonesia dapat menggunakan kartu ini tanpa terkecuali di bank mana saja mereka membuka rekening tabungan.

Ada dua sifat yang dimiliki oleh GPN, yakni interoperabilitas dan interkoneksi. Adapun interoperabilitas adalah sistem pembayaran yang dapat digunakan pada infrastruktur lain, sementara interkoneksi berarti saling terintegrasi dengan semua channel pembayaran di dalam negeri.

Di sisi lain, teknologi chip atau National Indonesian Chip Card Specification/NSICCS melengkapi kartu debit ini. Pembayaran menggunakan kartu debit ini pun dapat berlangsung di semua mesin EDC alias tidak harus dari bank yang menerbitkan kartu debit ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu GPN

Kelebihan:

  • Transaksi lebih aman
  • Mempermudah transaksi pembayaran
  • Membantu menghemat pengeluaran
  • Menggunakan teknologi chip
  • Tidak ada jumlah transaksi minimum
  • Anggaran operasional bank berkurang
  • Membantu pemerintah melaksanakan program Government to Person (G2P)

Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan di e-commerce
  • Tidak bisa digunakan untuk transaksi luar negeri
  • Tetap memiliki biaya administrasi bulanan

Cara Mendapatkan

Walaupun sama-sama kartu berlogo GPN, tetapi ketentuan dan syarat untuk mendapatkan kartu satu ini mungkin sedikit berbeda antara bank satu dengan yang lain. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Cara Mendapatkan GPN Mandiri

Terdapat beberapa jenis kartu debit Mandiri GPN yang dapat Anda pilih dan nikmati penggunaannya sesuai kebutuhan, yakni Kartu Mandiri Silver GPN, Kartu Mandiri Gold GPN, dan Kartu Mandiri Platinum GPN.

Supaya bisa memperoleh salah satu jenis kartu di atas, Anda mesti terlebih dahulu menjadi nasabah Bank Mandiri dan mengajukan penggantian kartu debit. Jika non nasabah, Anda harus terlebih dahulu melakukan pembukaan rekening tabungan di kantor cabang bank Mandiri terdekat.

  1. Cara Mendapatkan GPN BRI

Jika Anda sudah punya kartu debit BRI, tetapi ingin menggantinya ke kartu yang berlogo GPN, Anda hanya perlu datang ke kantor bank BRI terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lantas, ceritakan maksud Anda dan pegawai bank bakal membantu penggantian kartu ke kartu debit GPN BRI. Sebagai nasabah, Anda pun bisa memilih salah satu dari jenis kartu debit dengan logo GPN yang dilengkapi teknologi chip berikut ini:

  • Kartu ATM BRI Britama
  • Kartu ATM BRI Britama X
  • Kartu ATM BRI Britama Bisnis
  • Kartu ATM BRI Britama TKI
  • Kartu ATM BRI Junio
  • Britama Valas
  • Kartu ATM BRI Simpedes
  1. Cara Mendapatkan GPN BNI

Sama dengan bank BUMN alias Himbara di atas, BNI pun menerbitkan GPN card untuk membantu para nasabah dengan menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi. Nasabah BNI dapat memakai kartu ini sebagai fasilitas tunai dan nontunai.

Adapun syarat utama mendapatkan kartu ini, yaitu menjadi nasabah atau pemegang rekening tabungan BNI. Jenis dari BNI GPN chip, yakni BNI GPN Chip Hijau dan BNI GPN Chip Orange.

Di sisi lain, dengan membuka rekening tabungan di kantor cabang BNI atau BNI Sonic, Anda tidak hanya menjadi nasabah, tetapi juga berhak menggunakan kartu ATM ini.

  1. Cara Mendapatkan GPN BCA

Bank swasta yang memiliki banyak nasabah di Indonesia ini juga ikut menawarkan berbagai kelebihan dari debit GPN. Artinya, setiap nasabah punya hak dan kesempatan yang sama untuk merasakan manfaat yang sama sebagai pemegang kartu ini.

Jenis debit GPN di BCA ada 3, yakni:

  • Kartu Paspor BCA GPN Blue
  • Kartu Paspor BCA GPN Gold
  • Kartu Paspor BCA GPN Platinum
  1. Cara Mendapatkan GPN Jenius

Salah satu produk dari BTPN, Jenius, juga bisa memiliki GPN. Untuk mendapatkan x-Card Jenius GPN, pastikan bahwa Anda telah memiliki aplikasi Jenius.

Lalu, Anda pilih menu Card Center dan kemudian pilih kartu baru. Lanjutkan dengan memilih desain kartu dengan logo GPN. Pastikan bahwa Anda sabar menunggu proses pembuatan kartu yang bisa berlangsung 2—3 hari kerja dari tanggal pembuatan.

Usai Anda menerima kartu itu, pastikan juga untuk segera melakukan aktivasi dengan memasukkan CVV dan membuat PIN di menu Card Center di aplikasi Jenius.

Yang Perlu Diketahui dari GPN Card

  1. Apa beda kartu GPN dan Mastercard BCA?

Jika dilihat dari fungsinya, tidak ada perbedaan apa pun dari GPN dengan Mastercard. Pasalnya, baik ATM GPN maupun Mastercard ini dapat Anda pakai untuk berbagai transaksi dan pembayaran.

Namun, ada keterbatasan dari kartu ini yang hanya bisa digunakan untuk semua jenis transaksi dalam negeri, sedangkan kartu ATM Mastercard dapat Anda bawa dan gunakan saat berada di berbagai negara di luar Indonesia.

  1. Cara Ganti GPN ke Visa, Bagaimana?

Jika Anda sudah merasakan pengalaman menggunakan kartu debit jenis ini, memang tidak masalah kalau Anda ingin kembali menggunakan kartu debit Visa. Atau juga, sebagai nasabah baru yang belum pernah merasakan kelebihan menggunakan kartu jenis Visa, Anda mungkin penasaran apa yang membedakan kedua jenis kartu itu.

Untuk melakukan penggantian dari GPN ke kartu Visa, Anda bisa datang langsung ke bank penerbit kartu ATM atau bank tempat Anda membuka rekening tabungan.

 

Penulis: Kontributor / Boy Riza Utama

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Indonesia Masuk Jebakan Utang dari China?, Ini Jawaban Luhut..

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait anggapan bahwa Indonesia telah terperangkap jebakan utang...

WOW! Ajang Formula E Jakarta Gaet 7 Sponsor dalam Negeri

JAKARTA, duniafintech.com - Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol, Jakarta Utara. "Benar...

Profil Lengkap PT Asuransi Binagriya Upakara dan Daftar Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Binagriya Upakara merupakan salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia yang sudah mendapatkan izin operasional resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada...

Tabungan Haji Muamalat: Cara Daftar dan Keunggulannya

JAKARTA, duniafintech.com – Tabungan Haji Muamalat melalui program Tabungan iB Hijrah Haji merupakan produk dari Bank Muamalat yang dikhususkan untuk pembiayaan haji atau umrah. Dengan...

Tips Merencanakan Biaya Naik Haji bagi Anak Muda

JAKARTA, duniafintech.com – Tips merencanakan biaya haji sangat penting untuk diketahui, apalagi bagi anak muda yang punya mimpi untuk berangkat haji ke Tanah Suci...
LANGUAGE