25.6 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Cara Mendapatkan Pinjaman Online yang Tepat dan Bijaksana

JAKARTA, duniafintech.com – Dewasa ini, syarat untuk mendapatkan pinjaman online di aplikasi pinjol sudah jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan bank. Terlebih sudah banyak beredar aplikasi pinjaman online yang telah terdaftar secara resmi alias dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Penilaian terhadap kelayakan para nasabah pinjaman akan dilakukan oleh aplikasi penyedia pinjaman online, lolos atau tidaknya pengajuan dari nasabah akan dinilai dari beberapa hal seperti dokumen, pendapatan per bulan, dan lain sebagainya.

Namun tidak jarang juga para pengguna jasa pinjaman online yang kurang pengetahuan perihal syarat mendapatkan serta penggunaan pinjol yang bijak, hingga berujung hutang yang menumpuk.

Biasanya dana yang diterima dari pinjaman online ini dipergunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya modal usaha. Namun Anda wajib waspada dengan maraknya penipuan pinjol ilegal.

Pinjaman online ini tentu akan sangat membantu, terutama saat kondisi keuangan Anda sedang dalam keadaan darurat. Meski begitu, Anda wajib memilih aplikasi pinjaman yang tepat dan merencanakan pengajuan pinjaman ini dengan baik sejak awal.

Masih banyak lagi kemudahan dan keuntungan yang bisa didapat kala mengajukan pinjaman online. Seperti tidak harus datang ke bank, plafon menarik, tanpa aguan, dan pengajuan dalam hitungan menit serta keuntungan lainnya.

Kali ini tim DuniaFintech akan membagikan ulasan terkait cara mendapatkan pinjaman online dengan bijak, sekaligus kemudahan dalam pengajuannya.

Baca juga: Aplikasi Pinjol yang Terdaftar di OJK, Cek sebelum Mengajukan Pinjaman!

Cara Mendapatkan Pinjaman Online

Baca juga: Link Pinjol Ilegal Mudah Cair yang Perlu Diwaspadai, Teliti sebelum Meminjam!

Langkah Bijak Mendapatkan Pinjaman Online

  1. Penghasilan Anda Wajib Memenuhi Syarat

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mendatkan pinjaman online adalah memastikan bahwa penghasilan Anda harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam peraturan penyedia pinjol. Hal ini untuk membuat Anda lebih bijak dalam mengajukan pinjaman. Jangan sampai nanti Anda tidak bisa membayar atau melunasi pinjamannya.

Apalagi jika Anda tak memenuhi syarat minimum, besar kemungkinan pengajuan pinjaman online Anda akan ditolak. Agar mendapatkan pinjaman online, cobalah untuk mencari platform yang menawarkan kredit cicilan yang sesuai dengan pendapatan Anda.

2. Pilih Aplikasi Pinjaman Terbaik

Sekarang ini sudah banyak aplikasi pinjaman online yang tersiar untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan pinjaman. Maka dari itu Anda harus memastikan bahwa aplikasi pinjaman online yang dipilih berada dibawah pengawasan OJK. Dengan memilih platform pinjol legal tersebut, Anda akan terhindar dari berbagai masalah dalam pengajuan maupun pelunasan pinjamannya nanti.

Anda bisa melakukan perbandingan antara aplikasi satu dengan platform lainnya yang bisa jadi pertimbangan seperti syarat pengajuan, bunga yang ditetapkan, serta hal penting lainnya.

3. Pastikan Layanan Pinjaman Online Memiliki Customer Service

Para penyedia pinjaman online yang resmi dan sudah diakui oleh OJK sudah pasti memiliki layanan konsumen yang mudah diakses oleh masyarakat. Layanan customer service sendiri tentu akan sangat berguna untuk menampung berbagai macam pertanyaan, keluhan juga saran mengenai layanan pinjaman.

4. Bayar Tepat Waktu

Hal terakhir dan bisa dikatakan terpenting setelah mendapatkan pinjaman online adalah lakukan pembayaran tepat waktu untuk mempertahankan riwayat kredit dan kepercayaan Anda.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan para penyedia pinjaman kepada Anda dan selain itu juga mempertahankan riwayat koredit dalam BI Cheking. Tak jarang yang ditawari plafon pinjaman lebih besar dari sebelumnya, karena memiliki riwayat pembayaran yang baik.

Selain cara mendapatkan pinjaman online di atas, Anda juga harus menerapkan kedisiplinan diri dalam membayar atau melunasi pinjaman. Hal tersebut bisa dimulai dengan mencatat jumlah dana yang dipinjam hingga nominal angsuran yang perlu dibayar setiap bukannya.

Hal ini tampak sederhana namun menjadi penting dan membuat Anda jadi bijak ketika nantinya berhasil mendapatkan pinjaman online, serta terhindar dari berbagai sanksi denda keterlambatan.

Baca jugaBahaya Pinjaman Online Ini Penting untuk Diwaspadai, Simak sebelum Meminjam!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE