30.7 C
Jakarta
Minggu, 3 Maret, 2024

Apa itu Bisnis Kripto, Benarkah Lebih Menguntungkan?

JAKARTA, duniafintech.com – Dalam dunia yang semakin canggih dan digital, Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat dalam sektor bisnis kripto. Perkembangan teknologi di era digital ini juga memberikan dampak positif bagi dunia bisnis, termasuk pendidikan, informasi, serta hiburan.

Salah satunya adalah lahirnya instrumen investasi baru seperti kripto yang banyak digemari masyarakat karena dikenal dapat menawarkan return atau untung yang cukup tinggi.

Apa itu Bisnis Kripto?

Apabila bisnis diartikan sebagai upaya tertentu yang dilakukan demi memperoleh laba untung, maka bisnis kripto atau bisnis cryptocurrency adalah upaya jual beli uang kripto untuk memperoleh keuntungan. Bukan hanya berkaitan dengan jual beli saja, melainkan hal tersebut juga meliputi penambangan dan penyimpanan aset.

Cara Kerja Bisnis Cryptocurrency

Cara berinvestasi dengan mata uang kripto adalah dengan melakukan aktivitas jual beli aset melalui exchange, yaitu sebuah platform yang mempertemukan pembeli dan penjual (anggota exchange) sampai terjadi transfer aset crypto berupa Bitcoin.

Berikut ini cara kerja bisnis kripto yang bisa Anda simak.

  • Transaksi yang terjadi saat transfer aset kripto dilakukan oleh investornya langsung. Berbeda dengan transaksi di bursa saham yang dilakukan oleh bantuan broker sebagai perantaranya.
  • Sama halnya saat kita menyimpan uang di dalam dompet, penyimpanan Bitcoin sebagai aset kripto dilakukan di ‘wallet’, hanya saja dilakukan secara digital yang disediakan oleh exchange atau milik investor sendiri.
  • Memilih ‘pair’ koin yang akan ditransaksikan, biasanya Bitcoin atau Rupiah. Mengingat bahwa transaksi Bitcoin dilakukan langsung oleh investor sebagai anggota exchange, maka harga jual belinya bisa berbeda antara satu dan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya selalu amati dengan baik harga yang paling bersaing sebelum melakukan transaksi.

Baca jugaCara Trading Kripto di INDODAX lewat Aplikasi Mobile, Simak Panduannya

Apa itu Bisnis Kripto

Risiko Bisnis Kripto

  1. Risiko Penurunan Nilai Mata Uang Tanpa Batas

Banyak orang menggemari bisnis kripto karena nilai mata uangnya bisa mengalami kenaikan hingga ratusan persen tanpa ada batasnya. Namun investor tetap wajib waspada karena risiko penurunan nilai mata uang yang cukup drastis juga akan selalu mengintai.

Sehingga memang mungkin saja Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar, namun di lain waktu justru bisa berbalik mengalami kerugian yang sangat besar akibat melakukan transaksi aset kripto yang fluktuatif.

Lain halnya jika Anda melakukan investasi di pasar modal seperti reksadana atau saham, dimana Bursa Efek Indonesia akan membatasi penurunan saham sekitar tujuh persen dalam sehari. Biasanya pihak otoritas Bursa Efek Indonesia akan menerapkan pemberhentian perdagangan untuk sementara waktu jika penurunan terjadi selama beberapa hari, guna membatasi kerugian investor.

  1. Sulit Diprediksi

Berbeda dengan mata uang Rupiah, Dollar, dan lainnya, mata uang kripto tidak memiliki dasar fundamental seperti suku bunga dan data makro lainnya. Sehingga hal ini akan mempersulit Anda untuk memprediksi dan menganalisis nilai wajar atau valuasi mata uang kripto saat melakukan trading.

Tips Aman Bisnis Kripto

  1. Kumpulan Informasi Sebanyak Mungkin

Tips awal yang bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnis kripto adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Sebagai contoh informasi yang wajib Anda kumpulkan bisa berupa istilah-istilah investasi, jenis-jenis mata uang digital, harga terbaru, dan pengalaman investor lain. Anda juga bisa mempelajari prospek dan teknologi yang digunakan dalam sistem koin digital yang kamu minati. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi keuntungan pada kemudian hari.

  1. Gunakan Uang DIngin

Uang dingin adalah sejumlah uang yang tidak dipakai untuk kebutuhan harian. Dengan kata lain, jika Anda memiliki kelebihan uang setelah biaya kebutuhan harian dan dana tabungan terpenuhi, hal itu bisa dikatakan uang dingin. Dalam berinvestasi, tentu tidak akan selalu untung. Kadang, Anda mungkin akan mengalami kerugian. Menggunakan uang dingin akan mengamankan keuangan Anda sehingga tidak akan memengaruhi kebutuhan lain. Pastikan Anda tidak berinvestasi dengan uang pinjaman ya!

  1. Pilih Platform Investasi yang Terpercaya

Tips berikutnya adalah memilih media atau platform investasi yang tepat. Dengan kemudahan teknologi saat ini, ada banyak media investasi online yang menawarkan jaminan investasi yang mudah, aman, dan memberikan banyak keuntungan. Sekilas, tentu sangat menarik untuk dicoba. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih media investasi untuk menghindari penipuan dan bocornya data pribadi.

  1. Beli Saat Harga Turun

Tips selanjutnya adalah dengan cepat dan cermat membeli koin saat harga murah. Harga koin digital sangat mudah berubah-ubah, atau dengan kata lain bersifat volatile. Oleh karenanya, Anda harus jeli dalam melihat grafik perubahan harganya dalam waktu satu hari, satu minggu, atau satu bulan terakhir.

Baca juga: Cara Investasi Aset Kripto, Pemula Masuk Nih!

Ide Bisnis Kripto di Indonesia

1. Crypto Exchanger

Seperti diketahui minat publik terhadap kripto semakin meningkat, hal ini juga turut membuat Industri crypto exchange di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu exchange kripto ternama di Indonesia, Indodax, menjadi pemain utama di pasar lokal, menawarkan berbagai layanan mulai dari perdagangan aset kripto hingga edukasi tentang blockchain dan mata uang digital.

2. Cryptocurrency Trading

Perdagangan cryptocurrency melibatkan pembelian dan penjualan aset digital untuk meraih keuntungan. Tidak seperti mata uang tradisional, cryptocurrency bersifat desentralisasi, yang berarti mereka tidak dikendalikan oleh pemerintah atau institusi keuangan manapun. Sebaliknya, mereka berdasarkan teknologi blockchain, yang mencatat semua transaksi dan memastikan bahwa transaksi tersebut aman dan transparan.

3. Cryptocurrency Mining

Bitcoin mining adalah proses kompleks yang melibatkan pemecahan matematika yang rumit untuk memverifikasi transaksi Bitcoin. Transaksi ini, sekali diverifikasi, ditambahkan ke blockchain, atau buku besar publik yang mencatat semua transaksi Bitcoin.

Baca jugaCara Trading Kripto di INDODAX: Tips Sukses Investasi, Cuan!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE