27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Tips Memulai Bisnis F&B Truck Agar Menguntungkan

JAKARTA, duniafintech.com – Tips memulai bisnis F&B truck sama halnya dengan membangun bisnis kuliner lainnya. Bisnis ini merupakan salah satu contoh usaha food truck yang paling terkenal dan pelopor pertama bisnis food truck di Kanada.

Di berbagai negara seperti Amerika, Cina, Jepang, Eropa, Korea dan lainnya, konsep berjualan dengan food truck sudah sangat umum.

Mengenal Bisnis Food Truck

Di Indonesia sendiri tren bisnis F&B truck dimulai sejak tahun 2014 hingga 2015 di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan sebagainya.

Bisnis F&B truck sangat menarik perhatian para pelaku usaha kuliner. Bagaimana tidak, pengelolaan bisnis F&B truck dinilai efektif sebab tidak perlu menyewa bangunan dengan harga sewa yang fantastis untuk membuka usaha, terlebih jenis bisnis makanan.

Selain itu, software F&B akan memudahkan pelayan bisnis food truck untuk lebih cepat dalam memproses menu yang konsumen pesan, dan proses pembayaran pun lebih mudah. Dengan menggunakan sistem ini maka kepuasan pelanggan Anda akan terjamin.

Tips Memulai Bisnis F&B Truck

Tertarik untuk mencoba bisnis F&B dengan food truck, tapi bingung memulai dari mana? Yuk, simak beberapa tips menarik berikut ini.

  • Pahami dan Pelajari Dulu Soal Bisnis ini

Tips pertama sebelum mantap memulai bisnis F&B truck, Anda perlu kenali terlebih dahulu apa itu bisnis food truck. Secara kasat mata, food truck ini adalah bisnis kuliner yang hampir seluruh prosesnya dilakukan di atas sebuah kendaraan bermotor. Anda bisa melakukan modifikasi baik berupa minibus atau truk sungguhan.

Tak lupa juga untuk melengkapi alat-alat masak yang profesional, seperti kompor gas, penggorengan dan lain sebagainya, agak menjadi bisnis yang layak. Etalase, papan menu, dan mesin kasir  juga harus tersedia dalam sebuah food truck. Usahakan juga untuk memberikan standing banner di sekeliling food truck Anda yang berguna untuk menarik perhatian pembeli.

Hanya saja, yang sering menjadi kendala bisnis food truck adalah ketersediaan akses listrik dan air bersih. Sebagai solusi, Anda bisa siapkan baterai cadangan dan beberapa galon air untuk kebutuhan memasak dan mencuci bila diperlukan.

  • Pilihlah Lokasi Potensial

Dalam hal operasional, tips penting selanjutnya untuk memulai bisnis F&B truck adalah memilih lokasi usaha yang memiliki potensi tinggi untuk meningkatkan penjualan.

Anda bisa mempertimbangkan pemilihan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh calon pelanggan. Cari daerah yang ramai dikunjungi untuk meningkatkan peluang penjualan.

Tidak hanya itu, manfaatkan berbagai event, seperti festival kuliner atau pameran, sebagai kesempatan untuk bertemu dengan lebih banyak calon pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan visibilitas bisnis food truck dan mengoptimalkan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak penjualan. Manfaatkan waktu berharga Anda untuk menjemput pelanggan pada lokasi yang memiliki banyak potensial pembeli.

  • Urus Izin Usaha dengan Baik

Meskipun memiliki konsep yang berbeda dengan kedai atau restoran, untuk memulai bisnis F&B truck tetaplah memperhatikan perizinan yang diperlukan.

Daftarkan produk kuliner Anda ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk mendapatkan izin peredaran yang sah.

Selain itu, cari tahu juga peraturan atau izin apa yang dibutuhkan di lokasi tempat Anda berjualan. Urus izin usaha dengan baik agar bisnis Anda lebih terjamin dan tidak melanggar aturan yang berlaku.

  • Bergabung dengan Komunitas Penjual Food Truck

Saat ini, sudah banyak komunitas food truck di Jakarta sekaligus kota-kota lainnya. Kabar-kabar terbaru seputar food truck bisa Anda dapatkan melalui komunitas, seperti festival yang sedang berlangsung, sekaligus janjian untuk berjualan bersama-sama yang tentunya lebih seru dan menyenangkan.

  • Pasarkan Bisnis Food Truck Anda

Bila semuanya sudah siap, tips terakhir dalam memulai bisnis F&B truck tentu saja memasarkannya. Anda bisa mengkombinasikan strategi pemasaran online dan tradisional, seperti membuat flyer.

Penggunaan media sosial sebagai bagian dari pemasaran online jelas merupakan strategi yang sangat baik. Anda bisa terhubung dengan masyarakat setempat dan konsumen potensial. Media sosial juga tempat yang tepat untuk memamerkan foto produk Anda yang lezat. Untuk hasil maksimum, buatlah unggahan secara rutin dan pastikan Anda menggunakan hashtag yang memudahkan konsumen menemukan Anda.

Juga pastikan Anda mengunggah lokasi dan jam operasional di media sosial agar konsumen mudah menemukan Anda. Bila Anda menerima pesanan secara online, cantumkan lokasi dan jam operasional tersebut pada keterangan atau bio akun Anda.

Selain itu, Anda juga bisa berpartisipasi dalam event atau acara-acara lokal. Festival yang dilaksanakan di daerah setempat merupakan salah satu media yang sangat baik untuk mempromosikan food truck.

Baca juga: Apa itu Bisnis Kripto, Benarkah Lebih Menguntungkan?

Tips Memulai Bisnis F&B Truck

Baca juga: Cara Mengembangkan Bisnis Perhiasan, Kualitas Produk Terbaik

Cara Memulai Bisnis Food Truck

  • Perhatikan Modal dan Rencana Bisnisnya

Melakukan bisnis tentu saja perlu modal. Anda harus pintar dalam mengatur modal yang sudah dimiliki. Hitung semua biaya yang dibutuhkan saat mau memulai bisnis.

Agar lebih mudah, cobalah buat business plan sehingga semua rincian pengeluaran akan terlihat. Business plan juga bisa menjadi patokan untuk perkembangan bisnis Anda selanjutnya.

  • Menentukan Jenis Makanan/Minuman yang Dijual

Cara untuk memulai bisnis F&B truck berikutnya adalah menentukan jenis makanan maupun minuman yang akan Anda jual. Saat menentukan menu, sebaiknya Anda memilih makanan atau minuman yang memiliki unique selling point tersendiri dibandingkan kompetitor. Menu baru dan unik biasanya akan lebih mudah membuat orang penasaran dan ingin mencobanya secara langsung.

  • Pilih Supplier yang Terpercaya

Pilihlah supplier yang terpercaya untuk memasok bahan baku jualan Anda. Keberadaan supplier yang handal akan membantu memastikan ketersediaan stok bahan baku yang berkualitas. Carilah supplier dengan reputasi baik dan produk berkualitas.

Untuk menemukan supplier yang dapat diandalkan, hubungi distributor terkait atau lakukan riset langsung ke pasar. Pastikan Anda mendapatkan supplier yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  • Mendesain Truck agar “eye catching”

Penampilan merupakan daya tarik pertama yang dilihat oleh pelanggan. Sama hal nya dengan toko pada umumnya, jika Anda tidak melakukan dekorasi apapun terhadap truck Anda, orang hanya akan berjalan melewati truck Anda saja tanpa ada rasa tertarik untuk menghampiri. Sebaliknya, jika Anda mendekor truck Anda secantik dan seunik mungkin, akan lebih besar peluang untuk orang menghampiri truck Anda dan melakukan pembelian. Dekorasi pada food truck diibaratkan sebagai media promosi untuk usaha Anda. Tanpa adanya promosi, produk Anda tidak akan dilirik oleh orang lain.

Rekomendasi Mobil Food Truck

Jangan lupakan nominal harga mobil food truck yang bisa sangat mempengaruhi besaran modal yang akan Anda keluarkan nantinya. Jika modal Anda pas-pasan, salah satu pilihan terbaik dengan membelinya secara bekas, lalu melakukan modifikasi. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, saat ini banyak pebisnis food truck membeli mobil dengan sistem kredit. Nah, sebagai pilihan mobil untuk usaha food truck, Anda bisa memilih antara Isuzu Traga, Toyota Dyna, Daihatsu Grandmax serta masih banyak pilihan lainnya.

Baca jugaTips Mendapatkan Modal Bisnis untuk Pemula

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE