29.8 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Cara Mengajukan KUR BRI untuk Modal Usaha UMKM

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengajukan KUR BRI atau Kredit Usaha Rakyat dari BRI bisa dilakukan secara online melalui platform resmi KUR digital BRI di https://kur.bri.co.id/ 

KUR digital BRI itu sendiri merupakan sebuah platform kredit usaha rakyat dari BRI berbasis web yang difungsikan untuk mengajukan kredit bagi para Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang sudah terdaftar di e-commerce, online merchant, maupun partner digital yang telah bekerja sama dengan BRI.

Dilangsir dari laman resmi KUR BRI, pemohon dapat langsung mengajukan KUR hingga Rp50 juta dengan tenor pinjaman hingga 36 bulan. Pengajuan KUR BRI secara online ini bisa dilakukan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Namun perlu menjadi catatan sebelumnya bagi para calon pemohon, yakni setelah mengajukan dana KUR melalui online, pemohon harus menyertakan data diri dan juga masih tetap menjalani survei secara fisik dan nantinya akan diarahkan ke kantor cabang BRI terdekat untuk proses selanjutnya, termasuk untuk penandatanganan dokumen.

Berikut adalah syarat dan cara mengajukan KUR BRI secara online untuk para UMKM.

Baca Juga:

Syarat Pengajuan Kredit Usaha Rakyat BRI

  1. Individu (perorangan).
  2. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama 6 (enam) bulan.
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab).
  4. Tidak sedang menerima pinjaman dari perbankan, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.
  5. Persyaratan administrasi: Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing).

Cara Mendaftarkan Akun untuk Pengajuan KUR BRI 

Sebelum memulai cara mengajukan KUR BRI secara online, tentunya Anda harus sudah memiliki akun terlebih dahulu. Apabila belum memiliki akun, berikut adalah langkah mendaftar akun untuk mengajukan KUR BRI, yaitu:

  1. Kunjungi dan masuk ke situs resminya di https://kur.bri.co.id/
  2. Klik “Ajukan Pinjaman”, kemudian klik “Daftar Sekarang”
  3. Selanjutnya mengisi formulir yang diperlukan, yakni nama lengkap, email, dan password.
  4. Klik kotak kecil sebagai pernyataan persetujuan ketentuan layanan, kebijakan privasi, penolakan, peringatan risiko, keanggotaan investor, keanggotaan penerbit, pernyataan kepercayaan.
  5. Klik “Daftar”, selain itu Anda juga bisa mendaftar lewat akun Google yang sudah dimiliki.
  6. Tunggu verifikasi yang dikirimkan langsung oleh pihak BRI lewat e-mail yang sudah Anda daftarkan tadi.

Cara Mengajukan KUR BRI Online

Setelah memiliki akun, barulah Anda bisa mengajukan kredit modal usaha di bank BRI melalui KUR digital. Berikut adalah langkah-langkahnya, yakni:

  1. Mengunjungi laman https://kur.bri.co.id/ 
  2. Melakukan login akun terlebih dahulu menggunakan e-mail dan password
  3. Setelah masuk ke akun, klik “Ajukan Pinjaman KUR”
  4. Akan muncul halaman syarat dan ketentuan, baca dengan teliti dan klik “Saya adalah nasabah BRI” dan “Setuju dan Ajukan Pinjaman”, kemudian klik “I’m not a Robot”
  5. Selanjutnya, isi semua informasi data diri Anda dengan benar (nama lengkap, NIK, alamat, nama ibu kandung, dan lainnya).
  6. Setelah itu isilah data usaha Anda dengan lengkap (jenis usaha, penghasilan, biaya usaha, nomor rekening BRI dan lainnya).
  7. Kemudian, upload beberapa dokumen penting yang dibutuhkan seperti KTP, surat keterangan usaha, pas foto, foto usaha.
  8. Lalu, klik “Selanjutnya” untuk masuk ke halaman selanjutnya, yaitu pengajuan pinjaman.
  9. Setelah itu, isi semua data pengajuan (nominal pengajuan dan tenor)
  10. Klik “Hitung angsuran” untuk melihat jumlah angsuran yang akan dibayarkan, setelah itu klik “Ajukan pinjaman”, nantinya akan muncul halaman pengajuan informasi mengenai apakah pinjaman disetujui atau tidak.

Untuk informasi selengkapnya, Anda juga bisa menghubungi langsung call center BRI 14017 / 1500017 atau email [email protected]

 

 

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Muarif

Editor: Anju Mahendra

Iklan

ARTIKEL TERBARU