27.6 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

Cara Menghindari Teror Pinjaman Online Ilegal, Simak di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menghindari teror pinjaman online ilegal akan bermanfaat buat anda. Tentu, sebagai masyarakat kita sangat risau apabila mengalami hal ini.

Namun, ketika tengah mengalami kesulitan, pinjol bisa menjadi solusi termudah, tapi harus yang resmi ya. Syarat-syarat pinjaman online resmi tidak berbelit dan pencairan dana yang cepat. Namun, Anda juga harus waspada ketika mengambil pinjaman ini dan perlu mengamankan kontak di ponsel. Untuk itu, ini cara menghindari teror pinjaman online ilegal.
Cara Menghindari Teror Pinjaman Online
Cara Menghindari Teror Pinjaman Online Ilegal

Ketika debitur memiliki masalah keuangan dan tidak bisa membayar angsuran pinjaman online ilegal, maka penagihan akan mulai terjadi. Bahkan setiap hari, Anda akan memperoleh panggilan untuk mengingatkan pembayaran.

Tak jarang, kontak yang ada ponsel Anda menjadi ancaman. Sehingga Anda bisa mengikuti tips berikut untuk cara mengindari teror pinjaman online ilegal.

1. Jangan Berikan Akses

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah tidak memberikan izin akses data. Pada saat memasang aplikasi pinjaman online, sistem akan mengakses informasi yang ada di ponsel.

Ketika Anda memberikan izin aplikasi, maka sistem bisa mengambil kontak yang ada di ponsel.

2. Hindari Meminjam Pada Pinjol Ilegal

Tidak semua perusahaan pinjaman online memiliki perizinan, sehingga hal ini bisa menimbulkan potensi lolos dari pengawasan OJK. Cek pinjaman online sudah terdaftar di OJK atau belum. Hal ini bertujuan untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda.

3. Cermati Setiap Syarat dan Ketentuan

Aktivitas transaksi utang piutang harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Termasuk ketika membaca persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Sebab, antara satu perusahaan dengan perusahaan pinjaman lainnya memiliki ketentuan berbeda.

4. Download di Aplikasi Resmi

Cara selanjutnya, Anda bisa mengunduh aplikasi pada sumber yang resmi. Hal ini akan menjaga keamanan dan terhindar dari peretasan yang saat ini marak terjadi. Jika lengah, akan mengakibatkan informasi pribadi bisa dimanfaatkan orang lain untuk aktivitas kejahatan.

5. Ganti Kartu SIM

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas dua kartu yang ada pada ponsel. Ubahlah nomor lama ke nomor baru pada aplikasi WA. Pinjaman online akan mengecek apakah nomor ponsel nasabah sudah terdaftar dan aktif atau tidak.

Tips Memilih Pinjaman Online Resmi

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk menentukan pinjaman online resmi, yaitu:

1. Lacak Nomor Izin Usaha

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih kredit secara online yang aman adalah melihat legalitas nomor izin usaha tersebut. Pastikan mereka sudah terdaftar di OJK beserta seluruh produk-produk keuangan yang mereka tawarkan.

Pilih jasa yang benar-benar sudah mengantongi izin dari lembaga pemerintah terkait, sehingga bisa dipastikan keamanannya.

2. Perhatikan Platform 

sebuah situs kredit uang online yang aman biasanya memiliki platform baik situs web atau pun aplikasi yang memiliki tampilan menarik. Hal tersebut adalah bahwa mereka benar-benar ingin memberikan pelayanan terbaik pada para nasabahnya. Berusaha memberikan kenyaman pada setiap aspek layanan yang dimiliki.

Baca juga: Pinjaman Online Resmi OJK 2022, Cek di Sini

3. Fitur Layanan Konsumen

Perhatikan setiap situs web atau aplikasi yang mereka miliki apakah terdapat fitur layanan konsumen atau tidak. Pinjaman online resmi yang baik akan memberikan kemudahan bagi kliennya untuk menghubungi mereka.

Apalagi jenis platform digital tersebut jarang memiliki kantor resmi, sehingga keberadaan layanan konsumen yang dapat diakses secara digital penting artinya. Pastikan juga fitur tersebut tidak hanya sekedar pajangan pada aplikasi tetapi benar-benar dapat dihubungi.

4. Baca Kebijakan Peminjaman

Perhatikan dengan seksama setiap aturan kredit yang disuguhkan pada saat Anda akan berurusan dengan kesepakatan tersebut. Pastikan benar-benar memahami seluruh isi perjanjian dengan baik. Jangan sampai terjadi, yang bahkan bisa merugikan pihak nasabah itu sendiri.

5. Perhatikan Penetapan Suku Bunga

Suku bunga juga penting diperhatikan terutama ketika hendak menetapkan strategi pembayaran. Biasanya ada dua jenis yaitu: suku bunga tetap, dan suku bunga menurun. Untuk suku bunga tetap biasanya lebih cocok untuk kredit jangka panjang, sedangkan jika menurun biasanya sebaliknya.

Baca jugaCara Mengaktifkan Blibli PayLater, Mudah & Praktis!

Meski memilih kredit online resmi, namun langkah meningkatkan nasabah juga sudah mengajukan pertanyaan pada diri sendiri kemampuan melakukan pembayaran. Hal tersebut penting dipertanyakan agar tidak mengalami masalah kelak di kemudian hari.

Begitulah ulasan mengenai cara mengindari teror pinjaman online ilegal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca jugaDaftar Layanan Paylater Terpopuler di Indonesia

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE