31.1 C
Jakarta
Selasa, 18 Juni, 2024

Cara Mengumpulkan Modal Usaha Saat jadi Pengangguran

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengumpulkan modal usaha, Anda mungkin sudah lama bekerja keras di perusahaan, namun keinginan anda untuk bekerja secara mandiri atau menjadi pengusaha tak kunjung datang. 

Dalam benak anda ingin sekali mengumpulkan modal usaha untuk membuat usaha sendiri tanpa harus bergantung dengan orang lain. 

Ada banyak cara mendapatkan modal untuk memulai bisnis, meskipun terdapat batasan-batasan yang anda miliki. Anda harus bisa mengalahkan batasan-batasan tersebut dan tetap fokus terhadap tujuan anda. 

Baca juga: Cara Mengumpulkan Modal Usaha yang Patut Dicoba, Simak Ya!

Tips Terkait Cara Mengumpulkan Modal Usaha

  1. Tentukan Tujuan Usaha

Dalam proses untuk mencari modal usaha, anda harus mempersiapkan tujuan usaha. Setidaknya saat anda mencari modal, anda sudah memiliki jawaban saat orang lain bertanya “Mau usaha apa ?”. Anda harus memiliki tekad yang kuat dan fokus terhadap tujuan dengan mengesampingkan kebutuhan yang tidak mendesak.

  1. Buat Rancangan Kerja

Sebelum memulai usaha, sebaiknya anda merancang pemetaan usaha. Anda tuangkan segala bentuk ide, harapan dan budget yang dibutuhkan untuk memulai usaha dalam sebuah tulisan. 

Hasil catatan tulisan tersebut menjadi dasar anda untuk melangkah merealisasikan usaha menjadi kenyataan, baik dari segi kebutuhan peralatan dan kebutuhan modal. 

  1. Siapkan “Uang Cicilan”

Uang cicilan ini berguna jika anda mengalami kesulitan saat sumber modal sudah mengalami tenggat waktu. Artinya, kamu harus menyiapkan dana darurat mana kala terjadi kegagalan finansial dalam usaha anda. 

Cara Mengumpulkan Modal Usaha

  1. Mencari Investor

Anda perlu mencari investor baik secara perorangan maupun kelompok. Investor nantinya akan memberikan kamu modal dengan harapan usaha kamu memberikan keuntungan. 

Investor ini bisa kamu dapatkan melalui teman, keluarga atau rekan bisnis. Saat kamu ingin mendapatkan investor, kamu harus menyiapkan perencanaan bisnis, model bisnis untuk meyakinkan investor. 

Baca juga: Cara Mengumpulkan Modal Usaha bagi Pemula, Simak Yuk!

  1. Bantuan Pemerintah

Saat ini pemerintah sedang gencar membangun ekonomi masyarakat melalui UMKM. Banyak program-program pemerintah untuk meningkatkan peran serta UMKM, diantaranya melalui Kredit Usaha Rakyat. 

Anda bisa mendatangi bank-bank terkait yang memiliki program KUR. Anda bisa pelajar syarat-syarat apa saja untuk mendapat KUR.

Cara Mengumpulkan Modal Usaha

  1. Pinjaman Bank

Banyak pebisnis baik kalangan pemula maupun professional yang memiliki usaha berasal dari pinjaman bank. Tentunya anda bisa mengajukan pinjaman bank sebagai modal untuk mendirikan usaha. 

  1. Ajak Rekan Bisnis Anda

Tentunya untuk mendirikan usaha memerlukan modal yang tidak sedikit. Anda bisa menutupi kekurangan modal tanpa harus meminjam dari bank, dengan mengajak rekan bisnis anda untuk mendirikan usaha bersama. 

Anda harus memiliki komitmen dan perjanjian dengan rekan bisnis agar tidak terjadi ketimpangan saat menjalankan usaha. 

  1. Crowdfunding

Anda dapat menggunakan platform crowdfunding untuk mendapat modal usaha. Untuk mendapat dana dari crowdfunding tidaklah mudah, anda harus mempromosikan bisnis untuk meyakinkan banyak orang untuk berinvestasi di usaha anda. 

  1. Menjual Aset

Anda tentunya memiliki aset sebagai dasar untuk mendapatkan modal. Aset-aset anda yang bisa digadai atau dijual, nantinya hasil dari tersebut bisa menjadi modal anda untuk mendirikan usaha. 

Baca juga: Cara Mengumpulkan Modal Usaha tanpa Riba, Ketahui Panduannya di Sini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU