26 C
Jakarta
Rabu, 29 Juni, 2022

Mau Tahu Cara Menjadi Pengusaha Sukses? Simak Yuk di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menjadi pengusaha sukses barangkali sudah banyak beredar di internet atau juga ditulis di berbagai buku. Namun, beberapa di antaranya barangkali akan terdengar cukup sederhana, padahal ada perjuangan yang tidak sebentar di dalamnya.

Penerapannya sendiri memang tidak semudah membalik telapak tangan. Meski begitu, bukan berarti ini menjadi sesuatu yang mustahil. Kalau diusahakan dengan benar maka pastinya menjadi pengusaha yang sukses bukan lagi mimpi.

Nah, jika Anda memang sedang merintis bisnis atau ingin tahu cara suksesnya, simak yuk ulasannya di sini.

  1. Cara Menjadi Pengusaha Sukses dengan Mengenali Diri Sendiri dan Menetapkan Tujuan

Pertama, Anda harus mengenali diri sendiri, baru kemudian menetapkan tujuan sebab itu adalah hal mendasar yang juga menjadi kunci setiap kesuksesan. Pahamilah apa yang menjadi passion dan hobi Anda. Tentunya, akan lebih menyenangkan bila memulai sebuah usaha atau bisnis berdasarkan hal-hal yang disenangi atau yang menjadi passion selama ini.  

  1. Dedikasikan Waktu untuk Terus Belajar sebagai Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Berikutnya, Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar sebab ini merupakan investasi utama untuk memulai bisnis—bukan uang ya! Mulai dari mempelajari bagaimana cara pengusaha lain yang telah sukses terlebih dahulu dalam mengelola bisnisnya atau juga bisa dengan meminta dan mendengarkan masukan ataupun saran dari orang-orang yang berkompeten.

Baca juga: Review Lengkap Asuransi Jiwa Tugu Mandiri Hanya di Sini

Bahkan, Anda pun bisa mengikuti berbagai kegiatan seminar kewirausahaan dan sharing dengan praktisi di bidang masing-masing. Hal itu akan menjadi salah satu cara menjadi entrepreneur yang sukses dan mutlak harus dipenuhi. Pasalnya, tanpa ilmu yang cukup, bisa jadi pemilik bisnis menjadi tidak berdaya saat usaha yang dirintis mengalami masalah. 

  1. Mulai dari Bisnis Kecil-kecilan jika Ingin Sukses Menjadi Pengusaha

Penting diingat, jangan terburu-buru langsung memulai bisnis yang besar. Ketahuilah, semua bisnis besar hari ini pada awalnya juga bermula dari bisnis kecil. Salah satu tokoh terkenal yang memulai usaha kecil-kecilan, yakni Susi Pudjiastuti yang merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baca jugaMengenal Apa Itu Virtual Account: Pengertian hingga Cara Kerjanya

Oleh sebab itu, mulailah dengan bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Setelah itu, jalani proses tumbuh dan kembangnya. Nantinya, akan ada hasil secara perlahan jika dilakukan secara konsisten.

  1. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Terdapat banyak pemilik bisnis yang tidak ingin atau bahkan tidak berani untuk keluar dari zona nyaman. Ada anggapan bahwa mencoba hal-hal baru adalah tabu, padahal keengganan ini malah bakal membuat para pebisnis tidak bisa berkembang secara optimal atau bahkan gagal bersaing dengan kompetitor.

Oleh sebab itu, Anda perlu keluar dari zona aman untuk mencapai tujuan. Dengan menerapkan cara ini, diharapkan bisnis kecil Anda yang pada awalnya dirintis itu perlahan-lahan bakall dapat berkembang.

  1. Pelajari Selera dan Kebutuhan Pasar

Salah satu cara menjadi pengusaha sukses adalah dengan melakukan riset mengenai selera dan kebutuhan pasar. Jika Anda sudah mengetahui selera dan apa yang dibutuhkan pasar maka Anda bisa mengevaluasi produk. 

Dengan cara ini, Anda pun bisa produk saingan dipasarkan dan mengapa produk itu disukai banyak orang. Informasi yang diperoleh itu nantinya bisa digunakan untuk mengembangakan produk sendiri.

  1. Persiapkan Model Bisnis yang Hendak Dijalankan

Cara berikutnya adalah dengan mempersiapkan model bisnis yang hendak dijalankan. Model bisnis adalah cara termudah dan simpel untuk menggambarkan bisnis yang akan dirintis. Terdapat beberapa model bisnis yang bisa dicoba, antara lain, model marketplace, bisnis on-demand, dan affiliate marketing. Kemudian, juga ada model bisnis dropship yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara menjadi pengusaha yang berhasil dengan modal kecil.

  1. Siapkan Modal Usaha

Selanjutnya Anda harus mempersiapkan modal usaha sebab ini akan menjadi salah satu faktor eksternal dalam memulai sebuah usaha. Dua sumber modal usaha yang bisa dimanfaatkan seorang pebisnis adalah sebagai berikut:

  • Modal Pribadi
  • Cari Pendanaan dari Investor
  1. Biasakan Disiplin dan Terorganisasi

Cara menjadi pengusaha yang berhasil selanjutnya, yakni dengan membiasakan diri untuk disiplin dan selalu terorganisir. Belajar disiplin untuk hal-hal yang ingin dicapai dengan memulainya lewat cara mengerjakan segala sesuatunya secara lebih terorganisasi lagi. Contohnya, datang kerja tepat waktu dan menyelesaikan semua pekerjaan sesuai dengan deadline. Hal itu penting sebab akan menjadi modal diri dalam mengatur usaha yang akan dijalankan.

Baca jugaAsuransi yang Bermasalah? Kenali 7 Ciri-cirinya Berikut Ini

  1. Cepat Beradaptasi dengan Keadaan

Cara lainnya adalah dengan sikap dan karakter yang cepat beradaptasi dengan keadaan. Orang yang bisa dengan mudah beradaptasi dengan keadaan bakal cepat tanggap dan mampu melihat peluang dari berbagai kondisi.

Bagi seorang pebisnis, kemampuan untuk melihat sebuah peluang menjadi salah satu skill dasar untuk sukses dan berkembang lebih besar lagi usahanya. Di samping itu, orang yang mudah beradaptasi dengan keadaan juga menjadi lebih cepat membuat keputusan yang tepat dalam sebuah kondisi tertentu.

  1. Perluas Jaringan Relasi

Jaringan relasi menjadi hal krusial yang tidak terpisahkan dalam dunia bisnis. Adapun seorang pebisnis tidak bisa berdiri sendiri dan hal itulah yang membuat langkah membangun networking menjadi salah satu cara menjadi pengusaha yang berhasil.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh bila seorang pebisnis punya jaringan relasi yang luas, misalnya meningkatkan penjualan, menjadi solusi bagi persoalan bisnis, menambah wawasan bisnis, dan menjaga hubungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Rajin Membuat Catatan

Berikutnya, cara menjadi pengusaha sukses adalah dengan rajin membuat catatan. Dalam hal ini, catatlah semua hal penting yang diperoleh, mulai dari nasihat berharga dari orang yang berpengalaman hingga tantangan-tantangan yang dihadapi saat mengelola usaha yang dijalani.

Catatan itulah yang nantinya bisa Anda jadikan sebagai menjadi panduan jika mengalami masalah tertentu pada suatu saat.

  1. Pelajari Profil Risiko

Mempelajari profil risiko juga menjadi hal penting dalam tips pengusaha sukses. Yang perlu dipahami, yakni dalam setiap investasi akan selalu ada risiko. Seberapa jauh seseorang bisa mentoleransi atau menanggung risiko disebut juga dengan profil risiko.

Nah, mempelajari profil risiko bakal membantu seorang pebisnis untuk mengetahui cara mengalokasikan aset dengan tepat. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi profil risiko, antara lain, faktor umur, jangka waktu investasi, pendapatan, keperluan dana, lingkungan, serta pemahaman dan pengalaman investor itu sendiri tentang investasi.

  1. Rekrut SDM Kompeten

Supaya bisnis yang dijalankan bisa berkembang dengan baik, seorang pelaku usaha harus melakukan rekrutmen SDM yang berkompeten. Hal itu sekaligus menjadi langkah mutlak yang harus dilakukan jika ingin menjadi pengusaha yang sukses.

Terapkanlah teknik rekrutmen yang tepat sehingga Anda bisa menyaring tenaga kerja yang berkualitas yang nantinya akan mengembangkan bisnis. Tidak perlu terlalu banyak, sesuaikan saja dengan jenis dan kapasitas usaha yang dirintis.

  1. Investasikan Sebagian Profit

Menginvestasikan sebagian profit yang didapat juga menjadi cara menjadi pengusaha berhasil yang bisa Anda terapkan. Ada berbagai jenis instrumen investasi yang bisa dipilih, di antaranya saham, emas, dan seterusnya.

  1. Jangan Cepat Puas dengan Hasil yang Dicapai

Selanjutnya, Anda jangan cepat puas dengan hasil yang sudah dicapai. Pasalnya, ada banyak pengusaha yang ingin bermain aman saat berbisnis, padahal dunia bisnis bergerak secara dinamis.

Jika usaha yang dirintis telah memberikan hasil yang diharapkan maka janganlah cepat berpuas diri. Anda perlu melakukan pengembangan dan terobosan terbaru dan terus belajar agar usaha Anda mampu bertahan dalam sengitnya persaingan dunia bisnis.

  1. Lakukan Evaluasi Bisnis Secara Berkala

Langkah terakhir adalah dengan melakukan evaluasi secara berkala. Anda bisa memulainya dengan menjadi orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.

Kalau sudah maka lakukanlah evaluasi pada bisnis yang dijalankan. Temukanlah faktor penghambat dari pemasaran produk yang dilakukan. Rumuskan juga solusi dan buatlah rancangan untuk langkah bisnis selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan. 

Dengan begitu, akan terjadi perubahan dan perbaikan yang akan berimbas pada perkembangan bisnis yang dijalankan.

Demikianlah ulasan lengkap soal cara menjadi pengusaha sukses yang bisa Anda coba mulai sekarang juga. Ingatlah bahwa jika setiap langkah di atas diterapkan dengan baik maka Anda bisa menjadi pengusaha sukses di masa mendatang.

 

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenali P2P Lending Syariah, Halal Tanpa Riba

JAKARTA, duniafintech.com – Mengenali P2P Lending Syariah nampaknya menjadi salah satu hal yang penting saat ini. Kemajuan teknologi membuat peer to peer (P2P) lending...

Kelebihan dalam P2P Lending Syariah, Halal Pastinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kelebihan dalam P2P lending syariah akan jadi pembahasan tim DuniaFintech.com kali ini. Untuk lebih mengenal apa itu P2P lending syariah, simak...

Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, Simak ini Guys!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, seperti apa? Kini anda bisa dengan bebas berinvestasi dan mengajukan pembiayaan syariah melalui fintech P2P...

Bengkel Spesialis Mercy, Ini Daftar Lengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Bengkel spesialis Mercy terdekat adalah tempat yang paling dicari oleh pengguna mobil keluaran Jerman ini. Di samping lantaran membutuhkan perawatan khusus, di...

Tahapan Investasi P2P Lending Syariah, Jadi Solusi Keuangan

JAKARTA, duniafintech.com – Tahapan investasi P2P lending syariah kali ini bisa dijadikan solusi, jika Anda mencari investasi yang terpercaya dan menawarkan imbal hasil yang...
LANGUAGE