30 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Mengenal NFT dan Cara Menjualnya agar Cepat Laku

JAKARTA, duniafintech.com – Belakangan ini istilah Non Fungible Token atau NFT ramai diperbincangkan. Kepopulerannya saat ini karena konsep memperjualbelikan sebuah karya seni digital dengan cara yang kekinian. NFT adalah aset digital yang dapat digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto.

Selain itu, NFT merupakan aset karya digital berupa barang berharga dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. Kehadiran NFT juga membuat membuat alternatif investasi semakin beragam.

NFT sediri diartikan sebagai salah satu aset investasi yang termasuk ke dalam mata uang kripto. Namun perlu untuk diketahui, bahwa properti tersebut ternyata masih memiliki hak cipta dari pemilik aslinya. Para pembeli hanya mempunyai sertifikat kepemilikan saja.

Tidak hanya itu, para pemilik sah mempunyai hak untuk mereplikasi salinannya dan menjual kembali dengan kode unik di tiap salinannya. Adapun berbagai bidang yang dapat dijualbelikan dalam bentuk NFT meliputi karya seni, video klip, musik, game dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, seseorang yang memiliki sebuah NFT akan memiliki sesuatu yang berharga di dunia digital, seperti halnya mereka memiliki sebuah aset atau barang berharga di dunia nyata. Aset-aset NFT sendiri akan tercatat dalam blockchain, dengan jaringan yang mendukung seperti Ethereum, Bitcoin, dan mata aset kripto lainnya.

Seorang yang mempunyai NFT berpotensi akan mendapatkan uang puluhan juta, ratusan juta, bahkan miliaran dari hasil jual karya kamu. Nah, Untuk kamu yang ingin mencoba peruntungan di NFT, berikut ada tips dan trik agar NFT agar cepat laku:

1. Lakukan promosi

Lakukan promosi di media sosial seperti Twitter dan Instagram paling efektif dengan memakai hastag atau tweet orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap NFT atau punya pengaruh besar di NFT.

2. Konsisten dalam membuat karya dan memiliki ciri khas

Setiap karya harus punya ciri khas. Apakah kamu bisa menghasilkan maha karya cipta yang unik sampai orang yang melihatnya kagum hingga berkata bahwa karya itu hanya kamu bisa buat. Pada akhirnya, kamu akan diakui di seluruh dunia

Jangan sampai kamu menjiplak karya orang lain karena itu akan membunuh ciri khas anda sendiri. Lebih baik anda menciptakan hasil karya sendiri hingga agar orang lain mengenal pakem yang anda miliki. Menjadi berbeda itu lebih baik, dibandingkan kamu menjadi yang terbaik.

3. Sabar dan beradaptasi

Ini dalah bagian terpenting jika kamu ingin mencari peruntungan di bidang NFT. tentunya Selain sabar dan beradaptasi, kamu juga harus berkomitmen untuk mengembangkan NFT. Ada pepatah bilang, hoki orang itu beda-beda. Tapi kamu tidak akan bisa menemukan passion kamu di hal apapun kalo kamu tidak sabar.

Yang harus diutamakan adalah suka terhadap apa yang kamu lakukan. Bisnis atau uang itu adalah bonus. Sejatinya kamu harus gambar NFT secara tulus. Apabila NFT kamu masih belum laku padahal kamu sudah lakukan berbagai cara, kamu harus lakukan evaluasi.

4. Bergabung komunitas NFT

Bergabunglah dengan komunitas NFT agar kamu bisa dapat informasi tips, dan kisah sukses terbaru yang dibagikan para member komunitas tersebut. Selain sebagai wadah sharing dan edukasi, komunitas NFT juga bisa dijadikan tempat untuk promosi hasil karya kamu. Bisa saja teman komunitas membeli NFT kamu, atau membantu promosi di media sosialnya. Kenapa tidak ?

Ada komunitas NFT di Indonesia yang bisa kamu ikuti. Komunitas yang ada di facebook bernama indoartnow NFT yang ada di discord. IKreavi NFT yang ada di Telegram, IIDNFT yang ada di discord, @komunitasnft yang ada di instagram, Tokocrypto Ecosystem yang ada di discord.

5. Pahami tipe pembeli NFT

Calon pembeli NFT umumnya terbagi menjadi dua jenis. Pertama, tipe pembeli yang suka mengoleksi karya seni alias art collector. Kedua, tipe pembeli yang ingin mendapatkan keuntungan alias tipe investor.  Biasanya membeli NFT dengan tujuan untuk menghasilkan cuan atau profit dikemudian hari. Investor melihat adanya potensi besar pada project NFT tesebut.

6. Belajar dari orang yang sukses menjual NFT

Kita bukan orang lain yang jual NFT laku ratusan juta bahkan miliaran. Tapi kita bisa belajar dari mereka bagaimana caranya NFT bisa laku. Mungkin orang tersebut membuat sebuah maha karya terkait orang penting. Seperti presiden, artis, atau atlet olah raga.

 

Penulis: Kontributor / Achmad Ghifari

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...

Jenis KPR yang ada di Indonesia, Catat Ya!

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis KPR ada apa saja? tentu masih ada yang bertanya-tanya tentang hal tersebut. KPR merupakan pembiayaan yang diberikan bagi seseorang yang...

Cash Flow Investasi Bisnis, Begini Cara Menghitungnya!

JAKARTA, duniafintech.com - Cash flow investasi bisnis, nampaknya sangat penting untuk diketahui terkait cara menghitungnya. Mengetahui cara menghitung cash flow investasi di dalam bisnis...
LANGUAGE