32.9 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Apa Itu NFT Marketplace dan Bagaimana Cara Kerjanya?

JAKARTA, duniafintect.com – NFT marketplace adalah sebuah platform khusus yang menjual berbagai macam aset digital NFT (Non Fungible Token). Istilah ini adalah sebuah platform tempat di mana NFT nantinya akan ditampilkan dan diperjualbelikan. Singkatnya, marketplace ini adalah sebuah pasar atau sebuah situs NFT yang bekerja layaknya Amazon atau eBay untuk menjual maupun membeli berbagai barang, namun yang membedakan adalah hal ini lebih berfokus pada produk NFT.

Marketplace NFT memungkinkan para kolektor digital untuk dapat melakukan aktivitas jual-beli dan membuat token NFT mereka sendiri untuk merepresentasikan kepemilikan atas suatu aset atau item unik mereka, baik yang berwujud (fisik) maupun tidak berwujud (digital).

Perkembangan NFT Marketplace

Semenjak terjadinya “DeFi Summer” pada tahun 2020 lalu, atau periode saat Total Value Locked (TVL) yang tersimpan di smart contract DeFi meningkat tajam dari harga kurang lebih sebanyak ratusan juta dolar AS ke harga yang banyaknya lebih dari 20 miliar dolar AS. Non-Fungible Token (NFT) kini telah menjadi salah satu crypto paling berpengaruh. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya para investor, pegiat crypto hingga selebritas dunia yang terlibat dalam perdagangan aset NFT tersebut. Dilansir dari Coinmarketcap, bahwasannya pasar NFT ini telah berhasil mencatat rekor penjualan kurang lebih sebesar $2,5 miliar sepanjang tahun 2021.

4 Platform NFT Marketplace

Secara umum, yakni terdapat dua tipe platform NFT, yaitu platform universal dan khusus. Marketplace khusus biasanya akan menjual aset tertentu, seperti item dalam game, koleksi kartu digital, dan juga real estate virtual. Sedangkan marketplace universal adalah pasar NFT yang menyediakan aset lebih beragam.

Berikut ini adalah beberapa marketplace universal yang paling populer dan paling berorientasi pada karya seni digital, antara lain:

  • Rariable

Rariable ini merupakan pasar NFT yang komunitasnya terdiri dari para pemegang token RARI. Melalui platform ini, maka pembeli dapat menemukan banyaknya koleksi seni dan item lainnya pada segmen Top Collections, Top Sellers, Hot Bids dan juga Live Auctions.

  • Nifty Gateway

Nifty Gateway ini merupakan sebuah platform yang menjual Nifty, berbagai jenis item digital. Belakangan ini, platform tersebut menjadi kian populer karena menjual karya dari seniman terkenal seperti Steve Aoki, deadmau5 dan juga Beeple selaku pemegang rekor penjualan NFT termahal di dunia senilai kurang lebih $69,3 juta untuk karyanya “Everyday’s: The First 5000 Days”.

  • Opensea

Opensea ini merupakan sebuah pasar NFT universal pertama dan paling populer dengan basis blockchain mereka yakni Ethereum. Kamu juga dapat menemukan beragam aset NFT yang nantinya akan merepresentasikan kepemilikan atas karya seni, item virtual hingga koleksi kartu. Melalui platform OpenSea, maka itu semua penggunanya akan dapat membuat koleksi dan juga mengunggah karya mereka hingga membantu menjual karya mereka.

  • SuperRare

SuperRare merupakan pasar NFT yang sudah bekerjasama dengan seniman terkemuka untuk menghasilkan koleksi digital yang diamankan dengan kriptografi dalam blockchain (CryptoArt). Selain untuk menyediakan berbagai macam seni digital otentik, tetapi platform ini juga rutin dalam mengadakan pameran.

3 Hal yang Harus Dipersiapkan

Untuk dapat bertransaksi di Marketplace, maka berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. 

  • Dompet Crypto

Dompet crypto ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan koin yang akan kamu gunakan untuk bertransaksi NFT. Setiap marketplace NFT pastinya memiliki dompet crypto yang kompatibel dengan blockchain-nya masing-masing.

  • Akun Pengguna

Sebelum kamu melakukan transaksi di marketplace, maka langkah awalnya tentu memerlukan akun dengan cara mendaftar di platform. Biaya pendaftaran besarnya bervariasi untuk setiap platform.

  • Menyiapkan Koin

Untuk dapat melakukan aktivitas seperti pendaftaran akun pengguna hingga memulai transaksi NFT, maka pengguna lebih dulu diharuskan untuk mengisi dompet crypto mereka dengan koin crypto. Cryptocurrency yang nantinya diisi ke dalam dompet tentu harus didukung oleh NFT marketplace yang akan digunakan nanti.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pasar Kripto Bangkit, Begini Tips Trading di Indodax Biar Cuan

JAKARTA, duniafintech.com - Pasar kripto mulai kembali bergairah pada Agustus ini sehingga tips trading di Indodax perlu dipahami para trader pemula. Pada dasarnya, tips trading...

Hanya Afiliator, Doni Salmanan tidak Kelola Transaksi Quotex

JAKARTA, duniafintech.com – Pada sidang eksepsi kasus penipuan investasi opsi biner dengan terdakwa Doni Salmanan, kuasa hukumnya mengungkap fakta baru. Menurut tim pengacara terdakwa Salmanan,...

Mudah Banget! Begini Cara Deposit Indodax melalui Alfamart

JAKARTA, duniafintech.com - Cara deposit Indodax melalui Alfamart gampang banget lho. Ikuti yuk langkah-langkah yang dijelaskan pada artikel ini. Sebagai informasi, di Indodax, trading bisa...

Subsidi BBM Bengkak, Akankah Harga Pertalite dan Solar Naik? 

JAKARTA, duniafintech.com - Subsidi BBM atau bahan bakar minyak bengkak hingga Rp 502 triliun. Lantas, akankah harga Pertalite dan Solar naik?  Presiden Joko Widodo atau...

Cara Menghubungkan Akulaku ke Tokopedia, Banyak Manfaatnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menghubungkan Akulaku ke Tokopedia berikut ini penting untuk diketahui oleh para pengguna kedua layanan ini. Tentunya, sebagai pengguna Akulaku, kamu memang...
LANGUAGE