32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Cara Menonaktifkan Antivirus McAfee Permanen

Memiliki anti-virus di perangkat komputer itu sangat penting untuk menjaga komputer dari serangan virus. Terkadang kita memiliki antivirus lain dan ingin menghapus anti-virus satunya seperti McAfee namun cukup sulit. Ada dua cara yang harus anda perhatikan untuk menonaktifkan antivirus McAfee baik permanen maupun sementara.

Apa itu McAfee

Antivirus satu ini sangat sensitif terhadap virus yang mengganggu komputer anda sehingga antivirus seringkali menghapus file berukuran besar. Hal ini bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa berjalan dengan lancar dan cukup membandel dan tidak bisa mematikan antivirus McAfee

Beberapa pengguna memilih untuk menonaktifkan sementara antivirus ini. Terutama ketika Anda ingin menginstal aplikasi. Tujuannya agar antivirus ini tidak menghalangi.

Terkadang ada juga yang ingin mematikannya secara permanen dan menggantinya dengan antivirus lain. Berikut cara menonaktifkan sementara dan menonaktifkan antivirus McAfee secara permanen, antara lain:

Cara Menonaktifkan Antivirus McAfee Sementara

Menonaktifkan antivirus ini untuk sementara dapat mencegah kegagalan saat menginstal aplikasi. Selain itu, PC atau laptop dapat memperbarui aplikasi tanpa masalah. Berikut cara menonaktifkan sementara antivirus McAfee, yaitu:

1. Buka McAfee Antivirus

Langkah pertama buka aplikasi antivirus McAfee yang terpasang di PC atau laptop yang Anda gunakan. Cara membukanya bisa langsung klik icon antivirus McAfee, atau jika tidak ada klik taskbar di sisi kanan PC atau laptop sobat.

Kemudian klik ikon atau aplikasi tersembunyi dengan mengklik tombol tampilkan tersembunyi. Kemudian klik dua kali pada opsi Perlindungan Penuh McAfee.

2. Pilih Pengaturan dari menu

Setelah menu terbuka untuk menonaktifkan antivirus McAfee, temukan menu setup di layar utama. Menu pengaturan biasanya memiliki ikon roda gigi mesin. Menu setting memiliki banyak submenu yang tentunya berfungsi untuk mengatur bagaimana suatu aplikasi berjalan dan salah satunya untuk menonaktifkan McAfee.

3. Klik Nonaktifkan

Langkah terakhir adalah dengan memilih tombol nonaktifkan di menu pengaturan. Anda bisa mengatur waktu yang anda inginkan, atau bisa memilih untuk menonaktifkan untuk jangka waktu yang lama.

Cara Menonaktifkan atau Uninstall Antivirus McAfee Permanen

Dengan mematikan sementara antivirus McAfee, aplikasi antivirus tetap terpasang di PC atau laptop Anda. Sedangkan jika ingin mematikannya secara permanen yaitu dengan uninstall aplikasi tersebut.

Cara ini juga bisa anda lakukan jika anda ingin menggantinya dengan antivirus lain. Langkah-langkahnya juga cukup mudah untuk pemula. Berikut ulasan cara uninstall McAfee permanen, yaitu:

1. Buka Control Panel

Jika anda ingin uninstall antivirus McAfee secara permanen, hapus instalannya melalui control panel. Caranya klik menu start kemudian ketik control panel dan enter.

2. Pilih Uninstall Program

Silahkan klik menu Uninstall program antivirus McAfee untuk menonaktifkan permanen. Akan muncul layar dari banyak aplikasi yang terinstal di PC atau laptop anda.

3. Klik Copot Pemasangan

Setelah tampilan uninstall, menu program menampilkan banyak aplikasi. Silahkan pilih aplikasi antivirus McAfee. Kemudian klik kanan pada aplikasi, lalu pilih uninstall.

Kemudian akan muncul layar berikut. Klik uninstall lagi dalam tampilan itu di kotak di kanan bawah. Silahkan tunggu sampai proses selesai.

Penutup

Beginilah cara menonaktifkan antivirus McAfee secara permanen atau sementara. Anda bisa menggunakan cara di atas sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika anda punya dua atau lebih antivirus lebih baik uninstall saja dan gunakan satu antivirus yang terpercaya. Anda bisa menghapus antivirus McAfee kemudian menggunakan anti-virus lainnya untuk menjaga keamanan komputer dari serangan virus.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU