32.1 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Cara Pintar Kelola Keuangan agar Dompet Sehat, Yuk Terapkan Hal Ini

DuniaFintech.com – Bukan hanya manusia, kondisi keuangan seseorang juga bisa sakit. Ketika pendapatan tidak cukup untuk membayar tagihan dan kebutuhan hidup, itu artinya keuangan sedang sakit. Ketika Anda lebih banyak jajan daripada menabung, artinya keuangan Anda juga sedang sakit. Tanda dompet sehat ada tiga, yaitu Anda tidak khawatir akan masalah finansial. Lalu, Anda sudah memiliki dasar yang konsisten untuk pengeluaran termasuk membayar utang dan pengeluaran darurat. Dan ketiga, bisa memperkirakan masa depan keuangan.

Improvisasi dalam mengatur keuangan pribadi juga dibutuhkan dan yang paling penting adalah komitmen dalam melakukannya. Strategi yang harus dilakukan adalah lakukan secara bertahap, pelan tapi pasti. Salah satu caranya adalah mencoba membuat goal-goal kecil setiap bulannya untuk diselesaikan selama setahun. Ini dia hal-hal yang bisa dilakukan setiap bulannya terhadap keuangan pribadi Anda agar dompet sehat untuk mensukseskan resolusi finansial.

Menunda Barang yang akan Dibeli Selama 24 Jam

Dengan melakukan cara ini kita akan menyadari apakah kita benar-benar menginginkannya atau tidak. Jika Anda masih memikirkan barang tersebut pada hari berikutnya dan dapat membelinya, maka lakukanlah pembelian. Secara tidak langsung, kita akan merasakan kepuasan yang lebih besar jika membeli barang dengan mengikuti tips ini.

Jangan Biarkan Moment Diskon Menggoda Kita

Sebagian dari kita merupakan orang yang suka berburu diskon. Tetapi ternyata berburu diskon tersebut seringkali bisa menghabiskan uang kita karena membeli barang yang belum tentu kita gunakan. Untuk mengatasi itu, tanyakanlah kepada diri kita sendiri apakah kita akan membelinya jika barang tersebut dijual dengan harga penuh.

Baca Juga:

Sering Memeriksa Saldo ATM

Memeriksa saldo akan membantu kita merasa lebih memegang kendali atas keuangan. Itu karena kita dapat memusatkan perhatian pada berapa banyak uang yang harus kita keluarkan. Anda dapat mengecek saldo setiap pagi. Mungkin pada awal percobaan, ini adalah kebiasaan yang menakutkan untuk dilakukan, tetapi lama kelamaan kita akan terbiasa.

Sedikit Menyimpan Uang Tunai

Menggunakan uang secara fisik akan membuat kita lebih hemat daripada menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Memakai uang tunai akan membuat kita lebih sadar akan apa yang mau kita belanjakan. Selain itu, kita juga merasa lebih mudah dalam membuat anggaran. Untuk melakukannya, cobalah ambil sejumlah uang tunai untuk digunakan selama seminggu dan habiskan uang itu tanpa menambah anggarannya.

Mengubah Lingkungan

Kita sering menghabiskan uang karena terpengaruh dengan lingkungan sekitar. Misalnya, mungkin kita sering menghabiskan uang setelah mengklik email atau melihat gambar influencer Instagram yang memakai merek tertentu. Untuk mengatasinya, kita bisa berhenti berlangganan atau berhenti mengikuti.

Setelah Anda yakin dompet sehat, pastikan Anda bisa meraih cita-cita di masa depan dengan asumsi kondisi keuangan akan terus stabil. Jangan lupa jika memiliki dana lebih dan berinivestasilah.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU