24.6 C
Jakarta
Senin, 4 Maret, 2024

Menjadikan Pandemi Sebagai Peluang untuk Membuka Bisnis yang Menguntungkan

DuniaFintech.com – Di tengah pandemi Covid-19, banyak usaha yang gulung tikar. Namun, banyak juga para pelaku bisnis memandang kondisi sekarang sebagai kesempatan untuk menemukan peluang bisnis yang menguntungkan. David Finkel, penulis Freedom Formula dalam tulisannya berjudul Menemukan Peluang Bisnis Tersembunyi di Tengah Pandemi Virus Corona. Dalam tulisannya mengungkapkan ada beberapa ide yang bisa dikembangkan dalam situasi saat ini

Pandemi ini menuntut semua orang untuk cepat menyesuaikan diri dengan pola kerja baru. Beberapa contohnya yaitu para pekerja harus merubah kegiatannya menjadi Work From Home (WFH), mahasiswa dan anak sekolah pun harus belajar secara online. Walaupun banyak kegiatan yang tidak dapat berjalan seperti biasanya, namun kita harus tetap optimis untuk mengambil peluang usaha.

Untuk Anda yang ingin menjadikan krisis ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, berikut 4 key points yang bisa dilakukan:

Membuat Inovasi untuk Jangka Panjang

Di saat seperti ini, inovasi paling tepat sebaiknya bersifat spesifik, penting, dan bisa mengatasi masalah yang saat ini ada di depan mata. Misalnya, saat ini tidak banyak yang membutuhkan produk yang Anda hasilkan. Di sisi lain, kebutuhan akan masker terus meningkat. Meskipun berbeda dengan core business yang Anda jalani, tapi ada peluang di sini yang sayang untuk disia-siakan.

Untuk memutuskan apakah produk atau servis baru yang Anda tawarkan menyelesaikan masalah jangka pendek atau jangka panjang, Anda bisa mengecek kondisi perusahaan sebelum ini. Apakah masalah yang Anda hadapi sekarang juga dialami dulu? Selanjutnya, buat daftar perubahan apa saja yang terjadi akibat pandemi sehingga Anda bisa merumuskan masalah yang paling mendesak dan mencari solusi.

Baca Juga:

Fokus Terhadap Rencana Hari Ini

Di situasi krisis, seringkali rencana jangka panjang sudah tidak cocok lagi. Jangan memaksakan diri untuk terus mengikuti rencana yang sudah disusun tersebut. Sebaiknya fokus pada rencana baru yang disusun untuk jangka pendek dan Anda pun bisa melakukan apa yang ada di depan mata.

Di situasi seperti ini yang dibutuhkan adalah solusi konkret dan bisa langsung dijalankan saat ini juga. Ketidakpastian yang dialami di situasi seperti ini membuatmu harus lebih fleksibel dan cepat mengambil keputusan.

Identifikasi Target Pasar

Selanjutnya, apakah solusi yang dihasilkan hanya cocok untuk target market di masa sekarang atau bisa berlanjut jauh setelah pandemi usai? Penting untuk juga fokus kepada pasar saat menciptakan inovasi baru untuk memastikan solusi tersebut terpakai dengan maksimal. Anda bisa mencoba user-centered design karena Anda bisa memahami siapa konsumenmu. Sehingga, Anda bisa menciptakan produk atau jasa yang cocok dengan mereka.

Selain itu, penting juga untuk mencari tahu seberapa besar target market yang bisa Anda raih dengan solusi ini. Pastikan jumlahnya banyak dan seimbang dengan proses produksi yang harus Anda lakukan.

Mengatur Pola Komunikasi

Dalam bisnis yang menguntungkan, transparansi sangat dibutuhkan di dalam komunikasi yang baik, termasuk terhadap karyawanmu. Pastikan semua pihak yang terlibat mengetahui soal posisimu saat ini, sehingga semuanya bisa beradaptasi secara serentak dengan direksi baru yang kamu tawarkan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE