28.2 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Macam-macam Jenis Pendapatan yang Wajib Dimiliki, Apa Saja? Simak Disini

DuniaFintech.com – Setiap orang yang memiliki pekerjaan pastilah akan mendapatkan pendapatan atau penghasilannya setiap bulan. Secara umum, jenis pendapatan dapat diartikan sebagai sejumlah uang yang diterima oleh seseorang sesuai dengan hasil yang dilakukan atau diinvestasikan.

Dari pendapatan yang didapatkan setiap bulannya, lalu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Apalagi jika Anda menjadi seorang kepala rumah tangga maka sebagian besar pendapatan yang Anda miliki untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, istri dan hingga anak-anak.

Bagi kebanyakan orang, pendapatan paling sering diterima dalam bentuk upah atau gaji. Untuk mendapatkannya tentu harus melakukan sesuatu terlebih dahulu. Misalnya seperti bekerja di perusahaan, nantinya perusahaan akan membayar dengan uang. Namun tahukah Anda bahwa pendapatan seseorang bisa berasal dari beberapa sumber di luar bekerja? Berikut jenis pendapatan yang wajib Anda miliki.

Pendapatan Aktif

Jenis pendapatan ini merupakan penghasilan bulanan yang diperoleh dari hasil pekerjaan, seperti gaji, tunjangan dan bonus dari tempat Anda bekerja. Seseorang juga bisa memiliki pendapatan aktif lebih dari satu sumber, jika mampu bekerja dari dua atau lebih jenis aktivitas pekerjaan, seperti menjalankan pekerjaan sampingan, menjalankan wirausaha, dan lainnya.

Baca Juga:

Pendapatan Pasif

Pendapatan pasif berasal dari sistem yang telah bekerja, misalnya bisnis multi level marketing, bisnis sewa properti, pemilik waralaba (franchisor), hak paten dan lainnya. Untuk menghasilkan pendapatan pasif seseorang tetap harus berusaha untuk menjalankan sistem yang ada, sehingga laju keuangannya tetap berjalan dan menghasilkan pendapatan. Contoh bisnis sewa rumah, seseorang harus melakukan renovasi dari rumah yang dimilikinya sehingga layak untuk ditinggali oleh penyewanya.

Pendapatan Portofolio

Pendapatan portofolio atau pendapatan investasi merupakan penghasil yang berasal dari hasil investasi. Contohnya investasi reksadana di Simas Fund, saham, obligasi, dan lainnya. Semakin besar modal yang diinvestasikan, maka kemungkinan semakin banyak pula penghasilan dari investasi tersebut. penghasilan dari hasil investasi ini biasanya berbanding lurus dengan resiko investasinya.

Pendapatan Royalti

Pendapatan ini merupakan imbalan dari seseorang setelah menggunakan ide, atau karya anda. Namun pendapatan ini tidak akan sebesar ketika menggunakan ide atau karya Anda. Misalnya, jika Anda memiliki sebuah desain yang digunakan oleh perusahaan, Anda akan mendapatkan pendapatan royalti untuk mereka.

Jika Anda seorang penulis, Anda dibayar untuk setiap salinan buku yang terjual. Untuk mendapatkan pendapatan dari royalti tentu harus memiliki keahlian untuk menciptakan sesuatu.

Itulah sumber pendapatan yang wajib Anda ketahui. Perlu diingat bahwa level kebutuhan akan terus meningkat dan kita harus bisa antisipasi dengan menyiapkan finansialnya sebaik mungkin. Maka, dalam rangka persiapan tersebut, seseorang memang disarankan untuk memiliki setidaknya 2 sumber penghasilan untuk pemenuhan kebutuhan Anda, sehingga jangan terlalu mengandalkan gaji tetapi SMART Investor juga harus pintar investasi, demi kebebasan finansial yang telah menanti. Jadi Anda sudah mempunyai jenis pendapatan yang mana?

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU