29.3 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Cara Refund Tiket Kereta di Traveloka, Simak Panduannya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara refund tiket kereta di Traveloka sangat penting diketahui oleh pengguna moda transportasi ini dan Traveloka.

Nah, untuk mengetahui metode selengkapnya, simak ulasannya berikut ini.

Tentang Traveloka — Cara Refund Tiket Kereta di Traveloka

Traveloka adalah platform travel terdepan se-Asia Tenggara yang menyediakan akses untuk kamu bisa menemukan dan membeli berbagai jenis kebutuhan perjalanan, atraksi lokal, dan produk layanan keuangan. 

Portofolio produk Traveloka yang lengkap mencakup layanan pemesanan transportasi seperti tiket pesawat, bus, kereta api, sewa mobil, antar-jemput bandara, serta akses ke berbagai pilihan akomodasi terlengkap di Asia Tenggara. 

Baca juga: Cara Klaim Asuransi lewat Aplikasi Traveloka, Inilah Panduannya

ISFF 2023 INDODAX

Tidak hanya itu, untuk membantu kamu memenuhi lebih banyak pilihan aspirasi perjalanan, Traveloka juga menawarkan berbagai atraksi, aktivitas, termasuk klinik kesehatan dan kecantikan. 

Penyebab Refund Tiket Kereta

Refund tiket kereta api bisa terjadi karena berbagai alasan, tergantung pada kebijakan perusahaan kereta api dan alasan pribadi penumpang. Berikut adalah beberapa penyebab umum untuk refund tiket kereta:

1. Pembatalan Perjalanan oleh Penumpang

Kadang-kadang, penumpang perlu membatalkan perjalanan mereka karena alasan pribadi seperti perubahan rencana, masalah darurat, atau hal lainnya. Mereka bisa meminta refund tiket sebagai akibat dari pembatalan ini, tetapi jumlah refund yang diberikan akan bergantung pada kebijakan perusahaan kereta api dan waktu pembatalan.

2. Pembatalan Perjalanan oleh Perusahaan Kereta Api

Perusahaan kereta api kadang-kadang harus membatalkan perjalanan kereta api tertentu karena masalah teknis, cuaca buruk, atau alasan operasional lainnya. Dalam hal ini, perusahaan kereta api akan memberikan refund penuh atau mengatur ulang perjalanan penumpang tanpa biaya tambahan.

  1. Perubahan Jadwal

Jika perusahaan kereta api melakukan perubahan jadwal yang signifikan pada perjalanan yang sudah dibeli oleh penumpang, penumpang dapat meminta refund atau mengubah jadwal mereka sesuai kebutuhan.

  1. Kelalaian Perusahaan Kereta Api

Jika perusahaan kereta api melakukan kesalahan atau kelalaian dalam penyediaan layanan, seperti kesalahan pemesanan atau ketidaksesuaian dalam fasilitas, penumpang mungkin memiliki dasar untuk meminta refund.

  1. Penumpang Tidak Bisa Naik Kereta

Terkadang, penumpang mungkin tidak dapat naik kereta yang telah mereka pesan karena alasan tertentu, seperti masalah kesehatan mendadak atau kehilangan tiket. Dalam situasi seperti ini, penumpang mungkin akan meminta refund.

  1. Kebijakan Khusus

Beberapa perusahaan kereta api mungkin memiliki kebijakan khusus yang memungkinkan refund dalam situasi tertentu, seperti kebijakan pengembalian dana dalam kasus kehilangan anggota keluarga yang dekat atau keadaan darurat lainnya.

  1. Keterlambatan yang Signifikan

Jika kereta api mengalami keterlambatan yang signifikan, penumpang dapat meminta refund sebagian atau penuh sebagai kompensasi atas ketidaknyamanan yang dialami.

  1. Pandemi atau Kejadian Luar Biasa

Kejadian luar biasa seperti pandemi COVID-19 dapat memaksa perusahaan kereta api untuk membatalkan banyak perjalanan. Dalam kasus seperti ini, perusahaan kereta api seringkali memiliki kebijakan khusus tentang refund atau penjadwalan ulang perjalanan.

Baca juga: Ide Bisnis Tour & Travel Kekinian untuk Milenial, Intip Yuk!

Cara Refund Tiket Kereta di Traveloka

Berdasarkan kebijakan PT KAI, refund hanya dapat diajukan di stasiun. Tidak perlu pergi ke stasiun keberangkatan, Anda bisa pergi ke salah satu stasiun yang melayani pengajuan refund, berikut: 

Cara Refund Tiket Kereta di Traveloka

Berikut ini informasi dan kebijakan refund yang perlu diketahui:

  1. Refund bisa dilakukan paling lambat  60 menit sebelum waktu keberangkatan yang tertera pada tiket Anda. Mohon dicatat bahwa terdapat biaya pembatalan sebesar 25% dari harga tiket, tidak termasuk diskon atau biaya layanan.
  2. Harap membawa e-tiket dan kartu identitas asli Anda (KTP, paspor, atau SIM atau Kartu Pelajar/Mahasiswa untuk penumpang di bawah 17 tahun).
  3. Isi formulir di konter. Staf PT KAI siap membantu jika Anda membutuhkan bantuan.
  4. Refund dapat dilakukan melalui transfer bank atau secara tunai. Untuk refund melalui transfer bank, PT KAI akan mengirimkan SMS yang memberitahukan bahwa dana refund akan dikirim. Untuk refund secara tunai, Anda wajib datang kembali ke stasiun yang Anda kunjungi ketika mengajukan refund.
  5. Pengembalian biaya oleh PT KAI dapat memakan waktu lebih dari 30 hari setelah pengajuan refund.
  6. Jika Anda mewakilkan penumpang untuk melakukan pembatalan dan pengajuan refund, Anda perlu membawa surat kuasa bermaterai Rp10.000 yang ditandatangani penumpang, kartu identitas asli penumpang dan fotokopinya, serta kartu identitas asli Anda beserta fotokopinya.

Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi PT. KAI melalui telepon di 021-121 (24 jam).

Baca juga: Travel Insurance untuk Visa Schengen, Ini Daftar Terbaiknya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE