26.3 C
Jakarta
Jumat, 1 Maret, 2024

Cara Trading Crypto di INDODAX lewat Aplikasi, Ikuti Panduan Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Cara trading crypto di INDODAX untuk pemula penting dipelajari oleh para calon trader di dunia aset kripto.

Terkait hal itu, memperhatikan exchange perdagangan aset kripto pun menjadi hal yang sangat penting.

Di samping trading, aktivitas lainnya yang juga bisa dan sering kali dilakukan dalam blockchain adalah staking crypto, salah satunya matic staking.

Staking pada dasarnya adalah salah satu bentuk aktivitas ketika seseorang mempertahankan/menahan sejumlah koin crypto dalam sebuah jaringan blockchain untuk mendukung operasi jaringan dan sebagai imbalannya.

Nantinya, orang tersebut akan menerima hadiah dalam bentuk koin crypto tamahan yang dibuat oleh jaringan tersebut.

Anda pun bisa melakukan staking di platform crypto, salah satunya di INDODAX.

Nah, buat Anda para pemula yang baru terjun ke dunia cryptocurrency, simak ulasan terkait cara trading crypto di INDODAX berikut ini.

Baca juga: Keuntungan Trading Bitcoin: Persiapan Jika Kehilangan Investasi

ISFF 2023 INDODAX

Fitur INDODAX — Cara Trading Crypto di INDODAX

Mengutip laman resmi INDODAX, berikut ini fitur pada aplikasi INDODAX yang perlu diketahui.

  1. Mode Akun

Anda dapat dengan mudah berganti mode akun INDODAX Pro atau Indodax Lite hanya dengan tab toogle switch.

INDODAX Pro diperuntukkan bagi expert trader dengan chart yang lebih kompleks, dapat menggunakan indikator yang dapat diatur oleh user. Market yang ada di INDODAX Pro merupakan market pair IDR dan USDT dengan menggunakan metode transaksi market order dan limit order.

INDODAX Lite diperuntukkan bagi beginner user dengan chart yang lebih sederhana. Market yang tersedia hanya market dengan pair IDR dan untuk metode transaksi hanya akan menggunakan instant order.

  1. Penyetoran

Klik menu ini untuk melakukan penyetoran rupiah Anda. Pada menu ini terdapat berbagai macam pilihan metode pembayaran yang tersedia untuk melakukan deposit rupiah ke akun Indodax Anda.

Indodax menyediakan metode pembayaran untuk deposit rupiah dengan Virtual Account (VA), bank transfer, e-wallet, dan juga metode pembayaran ritel. Mohon pastikan cara yang Anda gunakan untuk deposit tersebut sudah sesuai agar deposit rupiah Anda berhasil.

  1. Riwayat

Anda dapat melihat riwayat transaksi jual-beli aset digital Anda di sini. Menu Riwayat ini sebagai catatan keseluruhan transaksi jual dan juga transaksi beli aset digital yang pernah Anda lakukan sebelumnya dengan status transaksi yang sudah berhasil.

  1. Chatroom

Indodax menyediakan ruang gerak para traders untuk saling berkomunikasi dengan adanya Fitur Chatroom. Anda dapat bertukar informasi seputar aset digital. Di dalamnya, Anda dapat menyapa, mengobrol dan berbagi informasi dengan sesama member melalui chatroom Indodax. Fitur ini hanya tersedia di Aplikasi INDODAX Pro.

  1. Market

Anda dapat melihat seluruh daftar aset digital yang ada. Sampai dengan saat ini Indodax memiliki lebih dari 200 market aset digital yang dapat diakses melalui smartphone Anda kapanpun dan dimanapun.

Anda dapat melihat volume perdagangan, harga tertinggi, harga terendah, serta harga saat ini dari Bitcoin dan aset digital lainnya yang tersedia di Aplikasi INDODAX Mobile.

  1. Beranda

Beranda adalah tampilan awal yang akan Anda lihat ketika membuka aplikasi Indodax. Pada tampilan ini, Anda dapat melihat beberapa informasi penting mengenai akun Anda, seperti pengaturan akun, riwayat transaksi, dan pergerakan harga beberapa aset digital yang tersedia di platform Indodax.

  1. Cari Koin

Fitur ini Anda dapat gunakan untuk mencari koin yang diinginkan. Fitur ini memungkinkan user untuk mencari koin yang diinginkan dengan mudah dan cepat. Dalam fitur ini, user dapat memasukkan nama koin atau kode koin yang ingin dicari, lalu sistem Indodax akan menampilkan daftar koin yang sesuai dengan pencarian tersebut.

  1. Lonceng Notifikasi

Anda  akan menerima informasi terkait aktivitas yang Anda lakukan di sini. Dengan fitur lonceng notifikasi di Indodax, user dapat menerima informasi terkait aktivitas mereka di platform ini.

Ketika terdapat transaksi yang dilakukan, lonceng notifikasi akan memberikan pemberitahuan pada pengguna mengenai status transaksi tersebut. User juga akan menerima pemberitahuan jika terdapat perubahan pada akun mereka, seperti perubahan data pribadi atau keamanan akun. 

  1. Pengaturan Akun

Di dalam menu Pengaturan Akun ini, Anda dapat melihat informasi terkait dengan akun Indodax Anda. Dalam menu ini, Anda dapat melihat informasi pribadi Anda seperti nama lengkap, username akun Anda, alamat email yang terdatar di akun Indodax Anda, dan juga nomor telepon yang terdaftar pada akun Indodax.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur fitur keamanan akun seperti pengaturan kata sandi, pengaturan PIN aplikasi, atau juga Anda dapat menambahkan Autentikasi Dua Faktor (2FA) pada akun Indodax Anda.

  1. Akademi (INDODAX Academy)

Apabila Anda klik fitur ini, Anda akan menuju ke Platform Edukasi Blockchain milik  Indodax. Indodax Academy adalah platform edukasi blockchain yang ditujukan bagi user yang ingin meningkatkan pemahaman mereka mengenai teknologi blockchain dan cryptocurrency. Platform ini menyediakan berbagai kursus dan tutorial online yang dirancang oleh para ahli di bidang blockchain dan cryptocurrency. Fitur ini hanya tersedia di Aplikasi INDODAX Pro.

  1. Trade

Anda dapat membeli dan menjual aset digital seperti Bitcoin, Ethereum, dan Ripple di dalam menu Trade ini. Dalam menu ini, Anda juga dapat melihat harga terkini dari aset digital yang tersedia dan memilih aset digital yang ingin Anda beli atau jual.

Indodax menyediakan 2 (dua) jenis pesanan (order type) diantaranya limit order dan market/instant order untuk memberikan fleksibilitas dalam melakukan transaksi aset digital Anda di Aplikasi INDODAX Mobile.

  1. Wallet

Indodax menyediakan menu Wallet yang berfungsi sebagai dompet pribadi bagi Anda untuk mengelola aset digital di akun Indodax. Di sini, Anda dapat dengan mudah melihat saldo akun serta melakukan transaksi pengiriman (withdrawal) aset digital dan juga transaksi penerimaan (deposit) aset digital.

Indodax menyediakan dompet pribadi yang aman dan terenkripsi untuk memastikan keamanan aset digital Anda. Pastikan untuk selalu menjaga keamanan akun dan wallet Anda di Indodax agar aset digital Anda tetap aman dan terlindungi.

  1. Staking

Fitur staking ini adalah fitur yang dinanti nanti oleh mayoritas investor kripto yang bertransaksi di INDODAX selama ini, khususnya bagi investor jangka panjang. Fitur staking memungkinkan investor INDODAX untuk mendapatkan reward dengan nominal yang menarik dengan mengunci aset kripto di akun INDODAX.

Jika investor ingin melakukan Staking di INDODAX maka ia dapat langsung menuju tab Earn yang dapat diakses di website INDODAX. Untuk saat ini, investor INDODAX baru bisa melakukan staking aset Polkadot (DOT) dengan minimal staking sebanyak 10 DOT.  Terkait Jumlah rewards, investor akan menerima rewards yang bergantung pada APY Staking Rewards dan juga jumlah DOT yang dikunci. 

Sebelum memutuskan untuk staking, investor bisa menggunakan fitur kalkulator untuk melakukan simulasi staking agar mengetahui berapa rewards yang akan didapatkan. Fitur kalkulator ini sudah dikondisikan dengan biaya pajak yang berlaku. Jadi, investor bisa melihat estimasi pendapatannya secara bersih dan real.

Baca juga: Aplikasi Trading Bitcoin OJK Terbaik 2023, Inilah Rekomendasinya

Cara Trading Crypto di INDODAX

Panduan Cara Trading Crypto di INDODAX

Melakukan trading kripto di INDODAX melibatkan beberapa langkah penting yang perlu Anda pahami:

1. Pendaftaran

Mendaftar di INDODAX dengan membuat akun menggunakan alamat email dan kata sandi yang kuat.

2. Verifikasi Akun

Setelah mendaftar, verifikasi akun Anda dengan mengunggah dokumen identifikasi seperti KTP, SIM, atau paspor. Proses ini diperlukan untuk menjaga keamanan platform dan melindungi Anda dari aktivitas ilegal.

  1. Deposito

Anda perlu mendepositokan dana ke akun INDODAX Anda melalui transfer bank lokal atau metode pembayaran lain yang disediakan oleh platform.

  1. Pemilihan Kripto

Setelah mendapatkan dana di akun Anda, pilih mata uang kripto yang ingin Anda perdagangkan, seperti Bitcoin (BTC) atau Ethereum (ETH), yang tersedia di INDODAX.

  1. Analisis Pasar

Sebelum melakukan trading, lakukan analisis pasar dengan memantau grafik harga, membaca berita kripto, dan memahami tren pasar untuk membuat keputusan yang lebih informasional.

  1. Pesan Beli atau Jual

Ketika Anda siap, tempatkan pesanan beli jika Anda yakin harga akan naik, atau pesanan jual jika Anda berharap harga akan turun.

  1. Pemantauan dan Pengelolaan

Pantau perkembangan harga kripto Anda dan putuskan kapan waktu yang tepat untuk membeli lebih banyak atau menjual. Gunakan analisis dan pengetahuan pasar Anda untuk membuat keputusan yang bijaksana.

  1. Keamanan

Lindungi akun Anda dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA) dan waspada terhadap tautan atau pesan phishing yang mencoba mencuri informasi Anda.

  1. Pendidikan Lanjutan

Teruslah belajar tentang pasar kripto, strategi trading, analisis teknis, dan berita terkini untuk meningkatkan pemahaman Anda.

  1. Manajemen Risiko

Jangan melebihi batas investasi Anda dan pertimbangkan untuk menggunakan fitur batasan kerugian (stop loss) dan target keuntungan (take profit) untuk mengelola risiko Anda. Pasar kripto sangat fluktuatif, oleh itu penting untuk mengelola investasi Anda dengan bijaksana.

Baca juga: Platform Trading Crypto Terbaik, Simak Rekomendasinya Ya

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE