27.9 C
Jakarta
Minggu, 23 Juni, 2024

Cara Trading Crypto di INDODAX hingga Tips Trading yang Wajib Diketahui

JAKARTA, duniafintech.com – Cara trading crypto di INDODAX tentunya sangat penting dipelajari oleh para calon trader di dunia aset crypto.

Terkait hal itu, memperhatikan exchange perdagangan aset kripto pun menjadi hal yang sangat penting.

Adapun selain trading, salah satu aktivitas yang bisa dan sering kali dilakukan dalam blockchain adalah staking crypto.

Staking pada dasarnya adalah salah satu bentuk aktivitas ketika seseorang mempertahankan/menahan sejumlah koin crypto dalam sebuah jaringan blockchain untuk mendukung operasi jaringan dan sebagai imbalannya.

Nantinya, orang tersebut akan menerima hadiah dalam bentuk koin crypto tambahan yang dibuat oleh jaringan tersebut.

Anda pun bisa melakukan staking di platform crypto, salah satunya di INDODAX.

Nah, buat Anda para pemula yang baru terjun ke dunia cryptocurrency, simak ulasan terkait cara trading crypto di INDODAX berikut ini.

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin-Ethereum Melejit, Intip Harganya di Sini

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran menggunakan kriptografi yang kuat dalam mengamankan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Menukil laman YouTube Kementerian Komunikasi dan Informatika, nama cryptocurrency sendiri berasal dari cryptography yang punya arti kode rahasia dan currency yang berarti mata uang.

Cryptocurrency juga dilindungi jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain.

Adapun blockchain adalah teknologi serupa dengan buku besar terdistribusi yang ditegakkan oleh jaringan komputer yang berbeda.

Fitur yang utama dari cryptocurrency adalah mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun, menjadikannya secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah.

Hal itu berbeda dengan mata uang suatu negara yang dikontrol oleh pemerintah suatu negara.

Macam-macam cryptocurrency yang beredar saat ini di antaranya adalah Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Ripple, Stellar, Dogecoin, Cardano, Eos, dan yang lainnya.

Sekilas tentang INDODAX — Cara Trading Crypto di INDODAX

INDODAX adalah platform perdagangan aset digital terbesar di Indonesia.

Platform ini didirikan pada tahun 2013 dengan nama awal Bitcoin.co.id dan kemudian berganti nama menjadi INDODAX pada tahun 2018.

INDODAX memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan menyimpan berbagai jenis aset digital seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan lain-lain.

INDODAX telah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa INDODAX mematuhi peraturan dan aturan perdagangan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Selain itu, INDODAX juga menyediakan layanan keamanan yang kuat untuk melindungi aset digital pengguna dari serangan dan ancaman keamanan lainnya.

Platform ini juga menyediakan dukungan pelanggan yang responsif dan ramah melalui berbagai saluran, termasuk chat online dan email.

INDODAX juga memiliki visi untuk memperluas akses dan penggunaan aset digital di Indonesia.

Maka dari itu, INDODAX terus mengembangkan produk dan layanan baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna aset digital di Indonesia.

Tips Terkait Cara Trading Crypto di INDODAX

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam trading crypto:

  1. Pendidikan dan Penelitian

Lakukan pendidikan dan penelitian yang cukup tentang cryptocurrency, teknologi blockchain, dan faktor-faktor yang mempengaruhi harga.

Pahami proyek-proyek yang ada di pasar, berita terkini, dan tren pasar. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin baik Anda dapat membuat keputusan yang informasional.

  1. Rencana dan Strategi

Tentukan rencana trading yang jelas sebelum memulai. Tentukan tujuan Anda, risiko yang dapat Anda tanggung, dan strategi yang akan Anda gunakan.

Apakah Anda ingin menjadi seorang day trader yang aktif atau seorang investor jangka panjang? Buatlah rencana dan tetap patuhi aturan yang Anda buat.

  1. Diversifikasi

Jangan menempatkan semua telur dalam satu keranjang. Diversifikasi portofolio crypto Anda dengan memilih beberapa aset yang berbeda.

Dengan cara ini, jika ada pergerakan harga yang tidak menguntungkan pada satu aset, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari yang lainnya.

  1. Kelola Risiko

Sebagai trader, penting untuk memahami dan mengelola risiko. Tentukan besaran risiko yang dapat Anda tanggung dalam setiap trading dan atur stop-loss order untuk membatasi kerugian Anda jika harga bergerak melawan Anda.

Jangan tergoda untuk melakukan trading berlebihan atau berinvestasi lebih dari yang Anda mampu kehilangan.

  1. Gunakan Analisis Teknis dan Fundamental

Analisis teknis melibatkan mempelajari pola grafik, indikator, dan alat lainnya untuk membantu memprediksi pergerakan harga.

Analisis fundamental melibatkan memeriksa faktor-faktor ekonomi, berita, dan pengembangan proyek yang mendasari aset crypto.

Menggabungkan kedua jenis analisis ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pasar.

  1. Gunakan Aplikasi dan Tools

Gunakan aplikasi dan tools yang tersedia untuk membantu Anda dalam trading crypto. 

Beberapa aplikasi menyediakan grafik real-time, notifikasi harga, serta fitur analisis teknis yang dapat membantu Anda mengambil keputusan yang lebih baik.

  1. Emosi dan Psikologi

Jaga emosi Anda tetap terkendali saat trading. Jangan biarkan emosi mempengaruhi keputusan investasi Anda.

Penting untuk tetap tenang dan objektif dalam menghadapi pergerakan pasar yang fluktuatif.

Baca juga: Cara Trading Crypto di INDODAX via Aplikasi Mobile, Simak Yuk!

  1. Manajemen Keuangan

Atur anggaran trading yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan mempertaruhkan semua uang Anda dalam trading crypto

 Tetapkan batas kerugian yang dapat Anda toleransi dan patuhi prinsip manajemen keuangan yang baik.

  1. Belajar dari Pengalaman

Setiap trading adalah pelajaran. Analisis hasil trading Anda, pelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil. 

Terus belajar dan mengembangkan strategi Anda berdasarkan pengalaman yang Anda dapatkan.

  1. Kesabaran dan Disiplin

Trading crypto membutuhkan kesabaran dan disiplin. Tunggu momen yang tepat, ikuti rencana trading Anda, dan jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Jaga emosi tetap terkendali dan patuhi aturan yang Anda tetapkan.

Cara Trading Crypto di INDODAX

Cara Trading Crypto di INDODAX

Untuk trading crypto di INDODAX, berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti:

1. Registrasi

Buka situs INDODAX dan daftar untuk membuat akun. Anda perlu menyediakan informasi pribadi Anda dan menyelesaikan proses verifikasi.

2. Verifikasi Akun

Setelah mendaftar, Anda perlu mengunggah dokumen identitas (KTP, SIM, atau paspor) dan melakukan verifikasi agar akun Anda diverifikasi oleh INDODAX.

3. Deposit

Setelah akun Anda di-verifikasi, Anda perlu melakukan deposit ke akun INDODAX Anda. INDODAX mendukung deposit melalui transfer bank, mata uang digital, atau metode pembayaran tertentu yang disediakan.

  1. Melakukan Trading

Setelah memiliki dana di akun INDODAX, Anda dapat mulai melakukan trading. 

INDODAX menyediakan berbagai pasangan trading crypto, seperti Bitcoin (BTC)/Rupiah (IDR), Ethereum (ETH)/Rupiah (IDR), dan lain-lain. 

Anda dapat memilih pasangan trading yang diinginkan dan memulai proses trading.

  1. Pemahaman Order

INDODAX menyediakan beberapa tipe order, termasuk market order dan limit order. 

Market order dieksekusi dengan harga pasar saat ini, sedangkan limit order memungkinkan Anda menentukan harga sendiri dan akan dieksekusi saat harga mencapai level tersebut.

  1. Menempatkan Order

Setelah memilih pasangan trading dan jenis order yang diinginkan, masukkan jumlah yang ingin Anda beli atau jual, dan konfirmasikan order Anda.

  1. Keamanan

Pastikan Anda mengaktifkan lapisan keamanan tambahan, seperti autentikasi dua faktor (2FA) untuk melindungi akun Anda dari akses yang tidak sah.

  1. Mengikuti Harga

Selama trading, perhatikan pergerakan harga dan grafik di platform INDODAX agar Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik.

  1. Menutup Order

Ketika Anda ingin menutup posisi trading, Anda dapat menjual aset crypto yang telah Anda beli atau membeli aset crypto yang ingin Anda jual.

  1. Penarikan Dana

Jika Anda ingin menarik dana dari akun INDODAX maka Anda dapat meminta penarikan dan mengikuti prosedur yang disediakan oleh INDODAX.

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin Cs Kembali ke Zona Hijau, Intip Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU