26 C
Jakarta
Selasa, 5 Juli, 2022

Keunggulan Cat Oven Mobil hingga Kisaran Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Istilah cat oven mobil barangkali masih asing buat kamu yang memang pemula di dunia otomotif.

Pada dasarnya, istilah ini didefinisikan sebagai teknik pengecatan yang memanfaatkan ruangan tertutup seperti oven (disebut “paint booth”) dalam mengecat body mobil.

Ruangan khusus ini diperlukan supaya hasil pengecatan lebih maksimal dan tidak terkena kotoran atau debu yang dapat membuat cat tidak mulus. Penggunaannya pun lebih hemat waktu dan efisien sebab waktu pengeringannya cukup cepat sekitar 30 menit.

Sebagai informasi, pengeringan catnya disesuaikan dengan suhu yang sudah diatur sehingga tidak lagi memanfaatkan cuaca yang adakalanya tidak menentu.

Di samping itu, penggunaan cat oven pun memiliki sirkulasi udara yang bersih sehingga uap bekas dari cat dapat langsung dibuang dan membuat pengerjaan semakin cepat.

Nah, jika kamu tertarik untuk melakukan cat oven buat mobil kesayangan kamu, pada artikel ini ada beberapa informasi penting yang perlu kamu tahu. Yuk, simak ulasannya di bawah.

Baca juga4 Risiko Kerugian Membeli Mobil Cash yang Wajib Dipahami

Keunggulan dan Kekurangan

Berikut ini rangkuman soal kelebihan dan kelemahan cat oven yang perlu kamu pahami sebelum melakukannya.

1. Hasil cat maksimal

Lantaran dicat dengan teknik oven di paint booth, otomatis hasil pengecatannya juga akan menjadi lebih maksimal dan berkualitas. Hal itu karena pengecatan dilakukan di ruangan tertutup sehingga tidak ada debu atau kototan yang menempel dan hasilnya juga jauh lebih halus dan seperti baru.

Adapun cat mobil biasa umumnya dilakukan di pinggir jalan sehingga ada risiko terpapar debu atau kotoran yang membuat hasilnya tidak maksimal.

2. Suhu paint booth bisa diatur

Teknik cat oven menggunakan suhu yang sudah diatur sehingga pengerjaannya cukup efisien, stabil, dan cepat kering. Dengan suhu yang telah ditentukan, cat akan mampu menempel dengan sempurna dan mencegah risiko cat belang atau tidak rata. Hasilnya juga akan lebih halus dan kinclong.

3. Pengeringan cepat

Selain itu, proses pengeringan pada cat oven pun terbilang cepat, hanya sekitar 30—60 menit, sedangkan pengeringan pada cat mobil biasa bergantung pada kondisi cuaca. Kalau cuaca mendung atau saat musim hujan maka prosesnya pun akan menjadi lebih lama.

4. Harga mahal

Ini adalah kekurangan cat oven, yakni harganya mahal. Kisaran biaya untuk cat oven mobil biasanya mulai dari Rp7 juta—Rp12 jutaan. Harga ini jauh lebih mahal ketimbang cat biasa yang harganya bisa Rp300 ribuan.

5. Bengkel cat oven masih jarang

Selain itu, bengkel cat oven pun masih cukup sulit ditemukan dan biasanya hanya ada di kota-kota besar. Untuk mendapatkan layanan ini, kamu harus pergi ke kota besar sebab bengkelnya rata-rata belum menjangkau daerah-daerah kecil.

6. Banyak bengkel cat oven palsu

Kelemahan lainnya adalah bahwa juga ada beberapa bengkel abal-abal yang membuka layanan cat oven, padahal kenyataannya mereka justru menggunakan oven palsu yang menyebabkan hasilnya menjadi tak maksimal.

Baca jugaTanpa Ngutang, Begini Cara Beli Mobil Cash dengan Mudah

cat oven mobil

Biaya Cat Oven Mobil

Buat kamu yang memiliki masalah dengan warna cat mobil yang sudah memudar, kamu bisa mencoba cat oven supaya mobil tampak seperti baru. Hal penting lainnya yang wajib diketahui saat akan melakukan cat oven pada mobil, yakni kisaran atau estimasi biayanya. 

Dengan mengetahuinya, kamu bisa memperkirakan bahwa budget yang dimiliki sudah sesuai atau belum. Ketimbang cat mobil biasa, biaya cat oven memang sedikit lebih mahal, yaitu mulai dari harga Rp7 juta—Rp12 juta, bergantung pada besaran mobilnya.

Adapun untuk mobil dengan ukuran kecil, misalnya Brio atau Ayla, harganya sekitar Rp7 jutaan, sedangkan untuk mobil besar, misalnya Alphard, mungkin bisa mencapai Rp12 jutaan.

Di samping itu, kondisi cat mobil pun memengaruhi biaya cat oven. Jika kondisi cat sudah mengelupas dan tidak bagus maka biayanya juga bakal semakin mahal. 

Rekomendasi Bengkel

1. Bengkel cat oven mobil Jakarta

a. Bengkel Autobless, Komplek Ruko Sunter Mas, Blok H1, Nomor 17 L, Jakarta Utara, 085776388818

b. Bengkel Auto2000 Body Paint Sunter, Jalan Gaya Motor III Nomor 3, Tanjung Priok, Jakarta Utara, (021) 6502000

c. Bengkel Cat Oven Jakarta Selatan, Jalan Warung Buncit Raya Nomor 22, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, (021) 79187797

d. Bengkel ASTON Body Repair, Jalan Danau Elok IX Nomor 38, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, (021) 22651462

e. Bengkel Mekanika Motor Tendean, Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, (021) 7991079

2. Bengkel di Bandung

a. Otto Cemerlang Cat Oven & Body Repair, Jalan Komodor Udara Supadio Nomor 30, Cicendo, Kota Bandung, (022) 6075838

b. Bengkel Cat Mobil MAXpro Auto Car, Jalan Raya Dayeuhkolot Nomor 98, Kota Bandung, 08977533661

c. Bedelapan Motor Bengkel Cat Oven, Jalan Parakan Seat Nomor 8, Arcamanik, Bandung, 08122168796

d. Garuda Motor Cat Oven, Jalan Garuda Nomor 2, Kota Bandung,  (022) 6016744

e. Gamo Oven Paint & Body Repair, Jalan Cihampelas Nomor 92, Tamansari, Bandung, (022) 2032066

f. GLOSS PERFECT, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 689, Bandung, 082124364848

g. Rama Shinta Cat Oven, Jalan Mekar Asih, Cijerah, Bandung, 087722118205

Karena cat oven masih cukup baru di Indonesia, memang tidak semua daerah tersedia layanan bengkel cat oven.  Meski demikian, kamu pun bisa bertanya kepada kenalan atau montir bengkel tempat kamu membeli mobil terkait bengkel cat oven mobil yang berkualitas.

Baca juga7 Warna Mobil Keren dan Perkiraan Biaya Catnya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Gampang Banget! Begini Cara Mencairkan Bitcoin jadi Rupiah

JAKARTA, duniafintech.com - Cara mencairkan bitcoin ke rupiah amatlah mudah. Ini dapat menjadi informasi yang sangat bermanfaat buat kamu para trader kripto.  Meskipun tidak bisa...

Pengertian Mata Uang Kripto, Definisi hingga Cara Membelinya 

JAKARTA, duniafintech.com - Pengertian mata uang kripto atau cryptocurrency adalah mata uang yang tengah populer dalam beberapa tahun terakhir. Di dunia, ada banyak sekali...

Cara Menonaktifkan Lazada Paylater Lengkap, Ini Tutorialnya

JAKARTA, duniafintech.com – Tutorial cara menonaktifkan Lazada Paylater penting diketahui oleh banyak orang, terutama para pengguna aplikasi Lazada. Cara ini bisa ditempuh jika pengguna lama...

Cara Aman Trading Bitcoin, Dijamin Cuan Ngalir Terus! 

JAKARTA, duniafintech.com - Cara Aman trading bitcoin perlu diketahui seorang trader kripto. Terutama bagi para investor-investor kripto pemula. Cryptocurrency atau aset kripto akhir-akhir ini sangat...

Daftar Asuransi untuk Mobil Mitsubishi & Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi untuk mobil Mitsubishi akan menyediakan perlindungan secara menyeluruh bagi berbagai tipe mobil Mitsubishi. Mulai dari Pajero Sport, Outlander, hingga Xpander, mobil...
LANGUAGE