23.9 C
Jakarta
Sabtu, 13 Agustus, 2022

Citron Academy Cetak Generasi Muda Ahli ICT

duniafintech.com – Kemajuan teknologi tak berarti tanpa sumber daya manusia yang andal di bidangnya. Sumber daya manusia yang mumpuni pun harus diiringi dengan kecakapan budi pekerti dan sosial agar teknologi dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat luas. Citron Academy berupaya mewujudkannya.

Hal inilah yang mendasari Citron Academy untuk memfasilitasi peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui bidang pendidikan IT, agama, dan sosial. Berdiri pada tanggal 14 Oktober 2015, terbentuknya Citron Academy diawali dari sebuah gagasan dan keinginan sederhana, yaitu mencetak generasi muda ahli information communication and technology (ICT). Dimana berfokus pada bidang software engineer atau graphic designer di era teknologi yang sudah semakin berkembang pesat dan kebutuhan komunikasi semakin tinggi seperti saat ini.

Citron Academy menawarkan pendaftaran bagi donatur dan akademika (peserta didik) di website mereka. Perusahaan ini menargetkan untuk merekrut akademika yang berusia 17–23 tahun. Para akademika ini akan diberikan materi pembelajaran berbasis ICT selama dua tahun. Mereka dilatih agar dapat mengaplikasikan pembelajaran ICT di dunia kerja atau wirausaha. Tidak hanya pembelajaran secara teoretis yang diberikan, melainkan juga praktik mengerjakan proyek-proyek dari klien. Selain itu, akademika diberikan kesempatan untuk praktik industri pada perusahaan.

Selain materi pembelajaran, akademika mendapatkan fasilitas asrama, makan tiga kali sehari, dan fasilitas laptop/PC selama masa pembelajaran. Mereka juga mendapatkan pemasukkan biaya dari proyek-proyek yang mereka kerjakan. Di akhir periode, akademika diwajibkan mengikuti ujian akhir sebelum mendapat predikat lulus bersertifikat.

Tak hanya kemampuan di bidang ICT, para akademika juga ditargetkan dapat menyelesaikan hafalan Al Quran selama dua tahun. Bagi perusahaan ini, pendidikan agama juga penting sebagai pijakan seseorang dalam meniti karier di dunia kerja atau wirausaha.

Hal ini sesuai dengan visi dan misi yang diusung oleh perusahaan. Visinya adalah membentuk generasi berkarakter yang mempunyai keahlian dalam bidang teknik informasi dan komunikasi sehingga siap bersaing secara profesional dalam ruang lingkup nasional maupun internasional.

Sementara itu, misinya ada tiga. Pertama, menebarkan pelatihan intensif bebas biaya dalam bidang ICT dan menghafal Al Quran. Kedua, menghasilkan produk-produk ICT, baik software ataupun desain komunikasi visual yang berkualitas. Misi terakhir ialah menciptakan program-program yang inovatif dan kreatif dalam bidang ICT.

Sampai saat ini, sudah tercatat 303 donatur untuk 20 kegiatan yang diadakan oleh perusahaan ini. Jumlah akademika tercatat enam orang, sedangkan pengajar berjumlah lima orang.

Di samping bebas biaya pendidikan, para akademika juga mendapat fasilitas bebas biaya asrama, internet 24 jam, pelatihan intensif, dan program penunjang lainnya. Para akademika juga akan dibekali dengan pengajaran bahasa Inggris dan Arab.

Source : citronacademy.org

Written by: Sebastian Atmodjo

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Menteri Bahlil: Siap-Siap Untuk Kenaikan Harga BBM Subsidi

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memberikan sinyal akan terjadi kenaikan harga BBM subsidi, lantaran harga minyak dunia sudah melampaui harga minyak di APBN sekitar US$63...

Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

JAKARTA, duniafintech.com - Dampak positif Metaverse dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Teknologi ini bisa mendukung aktivitas manusia.  Saat ini dunia digital atau metaverse ini tengah...

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...
LANGUAGE