30.9 C
Jakarta
Minggu, 25 Februari, 2024

Contoh Rencana Anggaran Biaya, Manfaat, dan Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Contoh rencana anggaran biaya (RAB) beserta manfaat dan cara membuatnya sangatlah penting untuk diketahui.

Pastinya, dalam melakukan suatu kegiatan, diperlukan rencana sebelum kamu melaksanakannya.

Rencana ini akan membantu kamu dalam membuat segala keputusan yang kita buat menjadi lebih baik. 

Hampir semua hal yang dilakukan tentu saja membutuhkan rencana, mulai dari ingin berpergian hingga saat hendak membeli sesuatu.

Biasanya, saat ingin membeli sesuatu, kamu akan membutuhkan contoh rencana anggaran biaya atau RAB.

Adapun RAB ini sangat berguna agar kita tidak menghabiskan yang lebih dari kemampuan kita.

Menerapkan rencana anggaran biaya ini akan membuat keuangan kamu menjadi lebih sehat. 

Di samping itu juga, kamu akan bisa menggunakan anggaran biaya kamu secara lebih efektif. 

Kamu akan membuat daftar terlebih dahulu mengenai apa saja yang akan kamu beli sesuai dana yang kamu miliki.

Inilah penjelasan selengkapnya, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Perencanaan Keuangan Pribadi, Inilah Manfaat dan Cara Membuatnya

Pengertian Contoh Rencana Anggaran Biaya

Rencana anggaran biaya adalah estimasi biaya yang akan digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan, baik dalam bentuk bisnis maupun proyek.

Rencana anggaran ini merupakan dokumen yang wajib untuk dimiliki supaya bisa melihat besaran biaya yang akan digunakan pada suatu bisnis, proyek, atau event.

Kegiatan rencana ini mesti dilakukan agar kita bisa mengetahui biaya apa saja yang akan kita keluarkan dan keuangan akan menjadi lebih terarah. 

Misalnya, ketika kita melakukan sebuah proyek rencana anggaran biaya ini akan menjadi pedoman apakah seorang kontraktor bisa memberikan penawarannya atau tidak.

Jika rencana yang dibuat semakin menjanjikan maka kontraktor akan lebih tertarik terhadap rencana tersebut dan bisa menerima penawaran dengan lebih baik.

Rencana anggaran ini terdiri dari tahap perencanaan, pemilihan material, dan juga biaya lainnya seperti upah kerja dan juga biaya pengerjaan.

Jika suatu proyek bisnis atau event dijalankan tanpa dilakukan perencanaan anggaran biaya yang rinci terlebih dahulu maka akan terjadi pembengkakan biaya. 

Pasalnya, pembelian alat dan bahan serta kegiatan operasionalnya bisa tidak terkontrol dengan baik sehingga pengeluarannya menjadi membengkak.

Biasanya, hal itu menyebabkan kegagalan pada proyek atau bisnis karena perencanaan anggarannya tidak baik. 

Maka dari itu, contoh rencana anggaran biaya merupakan tahap yang sangat penting sebelum kita melakukan sebuah proyek. 

Pastikan untuk membuat RAB secara rinci sehingga semua pengeluaran bisa dikontrol dengan baik.

Manfaat Rencana Anggaran Biaya

Dalam melakukan penyusunan rencana anggaran biaya pada suatu perusahaan, jika kita melakukan beberapa kebijaksanaan yang sudah terarah dan dibantu oleh perencanaan budgeting yang matang maka penyusunan rencana tersebut akan menjadi lebih mungkin untuk berhasil.

Perusahaan memiliki kecenderungan untuk melihat sesuatu yang ada di masa depan dan selalu memikirkan apa yang mungkin bisa dilakukan dalam memperbaiki budgeting nya di masa yang akan mendatang. 

Pasalnya, setelah melakukannya, perusahaan hanya perlu mengikuti budget yang sudah dibuat nya itu.

Perusahaan selalu mengembangkan beberapa pertanyaan dalam kegiatannya seperti bagaimana, di mana, kapan, dan mengapa. 

Jika kamu bertanya kepada seorang manajer yang sukses, apa yang sering mereka lakukan maka mereka pasti menjawab mereka sering mempertanyakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut saat mereka merencanakan kegiatan yang ada pada waktu mendatang.

Kegiatan ini akan menjadi lebih efisien dan menguntungkan pada perusahaan manufaktur jika pengelolaannya terus memastikan rencana aktivitas budgeting-nya di masa depan.

Manfaat paling besar yang bisa dirasakan dari rencana anggaran ini adalah kita bisa mengetahui kegiatan apa yang bisa memberikan keuntungan paling besar.

Manfaat dari menyusun anggaran biaya perusahaan adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan akan berjalan lebih baik dan lebih mudah berhasil karena memiliki kebijakan yang relevan dan juga rencana keuangan yang lebih matang.

Hal tersebut juga akan membantu dan membuat manajer mengelola serta melaksanakan semua kegiatan di perusahaan dengan lebih mudah.

Cara Membuat

Biasanya rencana anggaran biaya memiliki struktur yang terbilang unik dan juga cara untuk membangun rancangan ini berbeda pada setiap sistem dan industri bisnis. 

Misalnya saja cara untuk membuat rencana anggaran biaya pada industri konstruksi.

Adapun RAB akan sangat membantu supaya kontraktor bisa mengetahui jumlah biaya yang diperlukan dari awal sampai akhir kegiatan pembangunan dilakukan. 

Melalui RAB ini pula kontraktor bisa melihat dengan rinci dan jelas tentang anggaran apa saja yang dibutuhkan.

Terdapat sekitar 5 titik yang harus diperhatikan saat membuat RAB untuk memulai proses konstruksi.

Akan tetapi, sebelum melakukannya, kamu bisa memilih perhitungan anggaran untuk biaya bangunan yang bisa ditentukan dengan menentukan luas bangunan dan harga satuan bangunan. 

Hal ini dilakukan agar kita bisa mengetahui besar anggaran dan juga waktu perhitungan anggaran dari proyek ini.

  • Kita perlu membuat gambaran kerja untuk rumah yang akan kita kerjakan. Hal ini harus menunjukkan spesifikasi bangunan serta ukuran dari bangunan tersebut juga jenis pekerjaan yang akan kita lakukan. Gambar ini nantinya akan memudahkan arsitek dalam menghitung volume pekerjaan untuk membangun bangunan tersebut.
  • Lalu kita harus menghitung volume pekerjaan dari gambar yang sudah kita buat tadi dengan membuat daftar harga item pekerjaan yang akan dilakukan, baik dalam bentuk meter ataupun unit.
  • Kita juga harus menentukan harga satuan kerja untuk bahan dan material yang kita gunakan dalam proyek ini. Pastikan untuk mengecek harga bahan di lokasi tersebut dan mengkomunikasikannya kepada konsumen supaya bisa mengurangi pembengkakan biaya.
  • Kita bisa menghitung besaran biaya pengerjaan lewat pekerjaan di kali harga satuan.
  • Lalu yang terakhir adalah membuat rekapitulasi kepada semua pekerjaan dan biaya yang dikeluarkan. Kita harus melakukan rekapitulasi kepada semua poin supaya penjumlahannya di akhir akan lebih mudah. Total biaya dari semua pekerjaan kita bisa jumlahkan supaya bisa mendapatkan hasil akhir yang diperlukan untuk melakukan konstruksi.

Contoh Rencana Anggaran Biaya Sederhana

  1. RAB jalanan

Proyek dalam membuat jalan merupakan salah satu jenis kegiatan yang membutuhkan rencana anggaran biaya yang baik sejak awal proyek.

Rencana anggaran biaya ini juga akan digunakan sebagai rencana awal proyek.

Dokumen ini dibuat supaya ya mungkin adanya hambatan dalam pembiayaan pada saat pekerjaan proyek sedang dijalankan akan bisa diminimalisir.

Rancangan anggaran biaya untuk jalan ini juga bisa membuat jalan yang dibangun memiliki kualitas yang memenuhi standar kualitas.

Dalam membangun sebuah rencana anggaran biaya untuk jalan, di dalam pembuatannya harus mempertimbangkan beberapa hal seperti bahan material yang digunakan supaya kualitas jalan ini memenuhi standar.

Terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan juga saat membangun rencana anggaran biaya jalanan seperti alat dan tenaga kerja, serta ketersediaan bahan. 

Kamu bisa menggunakan tabel supaya catatan kamu lebih rapi dan terorganisir.

  • Pertama-tama kamu harus membuat daftar untuk bahan dan material yang dibutuhkan untuk membuat jalan. Lalu kamu bisa memasukkannya ke dalam harga produk per unit. Perhitungan ini juga termasuk ke biaya angkut bahan tersebut.
  • Rincikan semua alat berat yang digunakan untuk membuat jalan seperti sewa operator dan juga sewa alat.
  • Terakhir kamu harus menghitung biaya tenaga kerja yang digunakan selama membuat jalan. Caranya adalah dengan menjumlahkan banyaknya tenaga kerja yang digunakan. Dalam menentukan upah gaji, kamu bisa mencari besaran upah untuk pekerja jalanan yang berlaku di daerah tersebut.
  1. RAB kegiatan/acara

Jika kamu merasa proyek membuat jalanan terlalu sulit maka kamu bisa membuat rencana anggaran biaya untuk event.

Hal ini dikarenakan event merupakan kegiatan yang memiliki rencana paling sederhana.

Hampir semua orang pernah melakukan acara dalam skala kecil maupun besar dan membuat rencana biaya sebagai syarat pembuatannya. 

Hal ini biasa dikenal juga sebagai proposal kegiatan yang isinya biasanya memuat rencana pembiayaan acara.

Biasanya, terdapat 5 titik yang harus kamu jadikan panduan untuk membuat rencana anggaran biaya pada event yang sering dilakukan. 

Titik-titik ini sudah mewakili semua hal yang perlu dimasukkan dan membutuhkan pembiayaan dalam pengadaannya.

  • Pertama kamu harus menghitung biaya peralatan yang akan kamu gunakan dengan membuat daftar khusus. Kamu juga harus mengisi biaya sewa peralatan tersebut.
  • Kamu harus memasukkan biaya sewa gedung yang menjadi tempat kegiatan event tersebut dilakukan ke pencatatan pembiayaan. Jangan lupa untuk memasukkan pengadaan panggung dan dekorasi.
  • Bentuklah daftar panitia serta tugas dari setiap panitia tersebut. Kamu juga harus menentukan besaran biaya panitia seperti uang transportasi dan uang santai.
  • Dalam pencatatan perencanaan anggaran kamu harus memasukkan tamu undangan atau tamu penting yang akan hadir di acara tersebut. Buatlah daftar tamu yang akan hadir serta tentukan biaya tarif untuk setiap tamu yang akan datang.
  • Terakhir, pastikan biaya konsumsi kamu hitung dengan baik. Biaya konsumsi ini bisa kamu hitung dengan melihat jenis konsumsi, intensitas pemberian konsumsi, dan juga banyaknya tamu yang datang.

Baca juga: Rencana Bisnis: Fungsi, Komponen, hingga Cara Membuatnya

  1. RAB organisasi

Rencana anggaran biaya organisasi merupakan rencana anggaran yang dibuat saat dilakukannya kegiatan organisasi.

Contoh organisasi yang membutuhkan rencana anggaran biaya adalah OSIS, organisasi kampus, organisasi masyarakat, dan sebagainya.

Kamu harus melakukan perencanaan anggaran sebelum menjalankan suatu kegiatan karena semua kegiatan membutuhkan rencana anggaran. 

Kamu pun harus memperhatikan beberapa poin saat mengadakan acara ini, seperti sewa alat, sewa gedung, konsumsi tarif bintang tamu, dan sumber pendapatan organisasi.

Contohnya dalam kegiatan konsumsi, kamu harus menentukan jenis konsumsi yang akan kamu sajikan terlebih dahulu. 

Kamu bisa menentukannya seperti konsumsi untuk tamu dan konsumsi untuk panitia, lalu apakah kamu akan memberikan air mineral secara gratis.

Berapa intensitas konsumsi yang akan kamu berikan kepada tamu dan juga kepada panitia.

Jumlah tersebut bisa kamu kalikan kepada jumlah tamu yang datang, lalu ke harga makanan per unit. 

Nanti dari semua bisa kamu jumlahkan dan hasilnya merupakan total rencana anggaran biaya konsumsi untuk mengadakan acara organisasi. 

Cara ini pun bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis anggaran lainnya supaya bisa mendapatkan rincian harga yang lebih baik.

Contoh Rencana Anggaran Biaya

  1. RAB bisnis

Bukan hanya dalam kegiatan event maupun proyek, kegiatan bisnis juga memerlukan rencana anggaran yang baik dan juga terinci.

Kegiatan bisnis menjadi kegiatan yang memerlukan rencana anggaran biaya dikarenakan dalam beberapa hal bisnis rencana anggaran biaya diperlukan supaya tidak terjadi pembengkakan biaya dalam beberapa hal.

Rencana anggaran bisnis ini juga termasuk perhitungan anggaran bahan baku yang akan digunakan dalam melakukan proses produksi.

Contohnya seperti pengadaan bahan, perawatan peralatan, dan biaya angkut bahan. 

Bukan hanya itu, kita juga harus menghitung rencana anggaran biaya supaya semua biaya yang kita keluarkan untuk melakukan proses produksi diperhitungkan dengan baik.

Contohnya adalah seperti pembelian mesin dan juga perawatan dari mesin tersebut. 

Jika perawatan dari mesin yang sudah dibeli tidak dilakukan maka ada dua kemungkinan, yaitu mesin akan menjadi cepat rusak atau biaya yang digunakan untuk perawatan mesin jadi tidak terkontrol. 

Hal ini tentunya merupakan hal yang tidak diinginkan saat kita menjalankan suatu bisnis.

Ada juga biaya untuk kegiatan lainnya seperti pemasaran. Kegiatan pemasaran ini contohnya adalah kegiatan pemasangan iklan dalam berbagai platform.

Hal ini cukup penting supaya lebih banyak orang lagi yang sadar akan produk kita di pasaran. 

Lalu kita juga harus menghitung biaya tenaga kerja yang kita gunakan selama melakukan proses produksi. 

Kita bisa menyesuaikan biaya dari tenaga kerja ini dengan lokasi di mana kita melakukan bisnis. 

Hal ini dikarenakan supaya harga biaya tenaga kerja yang kita berikan ini lebih relevan.

  1. RAB bangunan

Rencana anggaran biaya merupakan suatu dokumen yang dibutuhkan saat kita melakukan proyek pembangunan atau konstruksi.

Dalam rencana anggaran biaya pembuatan bangunan, akan dimasukkan estimasi biaya yang kita butuhkan dari proyek ini dimulai sampai proyek tersebut selesai.

Rencana anggaran biaya ini akan memiliki biaya apa saja yang akan kita keluarkan dengan lebih rinci.

Hal ini dilakukan supaya kita memiliki pedoman harga saat bangunannya akan dijual. 

Dalam menentukan rencana laporan biaya, kita juga harus menjelaskan jelaskan spesifikasi pekerjaan, tenaga kerja yang terlibat dalam proyek ini, peralatan kerja, serta perlengkapannya.

Maka dari itu, rancangan ini sangat berguna untuk menjadikan acuan dalam menjalankan suatu proyek.

Ada beberapa komponen penting yang harus kita perhatikan rencana anggaran biaya bangunan. 

Pertama-tama, ada spesifikasi pekerjaan. Spesifikasi pekerjaan bisa kita bagi menjadi pekerjaan yang ringan dan juga berat.

Lalu, ada volume pekerjaan. Pada volume pekerjaan akan dicantumkan semua komponen pembangunan dengan ukuran yang jelas.

Satuan dalam pengukuran sebuah objek harus dituliskan yaitu dalam bentuk m2, liter, unit, atau lainnya.

Kemudian, ada juga satuan unit. Bukan hanya satuan volume pekerjaan, melainkan di dalam RAB pembangunan rumah pun diharuskan memiliki satuan unit bahan bangunan. 

Daftar material untuk bangunan juga harus dituliskan secara rinci tanpa ada detail yang terlewatkan.

Kita juga bisa memberikan rincian dengan memberikan keterangan harga atau total biaya material yang akan digunakan.

Bukan hanya total biaya material, tetapi kita juga harus menentukan biaya untuk tenaga kerja dengan baik.

Penetapan dari biaya tenaga kerja ini biasanya akan ditentukan oleh kondisi dan situasi dari kegiatan pembangunan tersebut dilakukan.

Hal ini dilakukan supaya penentuan ini bisa dilakukan secara lebih relevan. Lalu yang terakhir adalah harga total.

Kamu harus menjumlahkan semua total biaya dari proses pembangunan.

Gunakan semua komponen yang sudah disebutkan sebelumnya untuk melakukan penjumlahan total biaya ini.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk menghitung rencana anggaran biaya bangunan secara lebih lengkap.

Yang pertama, menghitungnya dengan sistem meter persegi. Kamu harus memastikan kalau semua data yang dibutuhkan sudah ada.

Data-data yang akan kamu butuhkan, misalnya, adalah harga material dan luas bangunan dalam bentuk meter persegi. 

Kemudian, kamu bisa menyesuaikan waktu pembangunan dengan lokasi pengerjaan rumah dengan harga yang sudah tersedia.

Cara yang kedua adalah dengan sistem analisa harga satuan. Pertama-tama, kamu harus memastikan kalau kamu sudah memiliki gambar rumah yang akan dibangun nanti. 

Jika sudah maka kamu bisa membuat daftar rincian material yang dilengkapi dengan harga.

Kamu bisa mengisinya dengan jenis pekerjaan, volume pekerjaan, dan daftar biaya tenaga kerja. 

Lalu, dari setiap item pekerjaan tersebut kamu bisa menghitung volumenya, dengan menggunakan ukuran dan gambar bangunan acuan. 

Kalikan volume dan harga satuan untuk melakukan perhitungan tersebut.

Baca juga: Contoh Rencana Bisnis Pakaian, Calon Pengusaha Wajib Tahu!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE