31.2 C
Jakarta
Minggu, 7 Juni, 2020

Wabah Corona Batasi Aktivitasmu? Fintech Ini Punya Solusinya

duniafintech.com – Merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19) di berbagai belahan dunia membuat aktivitas manusia menjadi terbatas. Tidak sedikit tempat umum seperti stasiun hingga kantor menerapkan pembatasan aktivitas, atau bahkan sampai ditiadakan.

Hal tersebut ditujukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 ke seluruh area di Indonesia. Namun, tahukah Anda? Beberapa jasa keuangan berbasis teknologi (fintech) ini mampu menjadi solusi dari keterbatasan aktivitas Anda.

  • E-Wallet dan Payment Gateway

Seperti diketahui, menurut organisasi kesehatan dunia, penyebaran Virus Corona terjadi melalui sentuhan dan percikan batuk/flu. Selain itu, disebutkan juga bahwa telapak tangan merupakan bagian yang berpotensi menyebarkan virus tersebut.

Hal tersebut membuat aktivitas transaksimu beresiko jika dilakukan dengan mekanisme konvensional, seperti tatap muka, bersentuhan tangan hingga memegang benda umum seperti tombol mesin ATM.

Namun, hadirnya Payment Gateway dan E-Wallet membuat resiko untuk tertular Covid-19 dapat diminimalisir. Salah satu contohnya, penggunaan metode top up yang mengharuskan Anda pergi ke Anjungan Tunai Mandiri (ATM) serta berpapasan langsung dengan pengunjung lainnya.

Situasi tersebut dinilai beresiko, lantaran banyaknya sentuhan dan penyebaran melalui udara. Dalam situasi ini, fitur card binding DANA membuat Anda tidak perlu repot-repot melakukan top-up jika saldo Anda kurang, sebab nomor kartu kredit dan debit Anda sudah terkoneksi.

Tempat beresiko untuk tertular Covid-19 lainnya ialah transportasi umum seperti kereta dan bis. Bahkan, pemerintah pun resmi membatasi jam operasional transportasi publik hingga waktu yang tidak ditentukan.

Baca juga:

Di tempat keramaian seperti transportasi publik, potensi penyebaran virus asal Wuhan tersebut juga meningkat, lantaran social distancing tidak dapat dilakukan. Dalam situasi seperti ini, alangkah baiknya untuk memilih jenis transportasi penumpang tunggal dan non-pribadi lainnya.

Anda bisa menggunakan transportasi ojek dan taksi berbasis daring. Pilihan ini dinilai mampu meminimalisir sentuhan dan percikan yang berpotensi menularkan Covid-19  melalui udara. Pasalnya, jika Anda menggunakan ojek daring, potensi untuk tertular melalui udara dapat dicegah, dengan memastikan driver selalu memberikan maskernya. Selain itu, untuk menghindari terjadinya kontak tangan, lakukan metode pembayaran yang ditawarkan oleh payment gateway yang ditawarkan transportasi daring tersebut (GoPay/OVO).

Fintech Bantu Aktivitasmu Cegah Wabah Corona

  • Insurtech 

Melihat penyebaran Covid-19 sebagai wabah besar yang tak terduga, maka perlu untuk Anda memikirkan program asuransi yang tepat dalam menghadapi ketidak-pastian. Insurtech, program asuransi berbasis teknologi mampu memudahkan Anda untuk mengurus transaksi premi, memilih asuransi beserta polis dan tentunya motivasi untuk hidup lebih sehat dan bebas dari rasa khawatir.

Jika Anda masih ragu dalam urusan memilih program asuransi, fintech klaster Aggregator menjadi solusinya. Teknologi yang terdapat pada fintech ini mampu memudahkan Anda memahami jenis asuransi serta menjadi jembatan transaksi antara Anda dan jenis insurtech yang dikehendaki.

(DuniaFintech/FauzanPerdana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Jenis Aset Kripto yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Investasi

DuniaFintech.com - Istilah cryptocurrency dan aset kripto sering digunakan secara bersamaan. Faktanya, cryptocurrency hanyalah salah satu dari beberapa jenis aset kripto. Oleh karena itu, ada...

Cari Pinjaman Cepat Tanpa Jaminan? 3 Aplikasi ini Siap Bantu

DuniaFintech.com - Seringkali ketika kita tengah membutuhkan dana secara cepat selalu disulitkan oleh berbagai macam persyaratan terutama adanya jaminan. Namun kini banyak...

Aset Digital Ini Buat Uang Anda ‘Bekerja’ di Akhir Pekan!

DuniaFintech.com – Laju pergerakan aset digital pada akhir pekan ini (6/6) layak dicermati. Peningkatan tren positif di hari sebelumnya berpotensi untuk menghadirkan...

Hadapi Era New Normal, Koinworks Fokus Dampingi UMKM Digital

DuniaFintech.com - Seluruh masyarakat Indonesia tengah mempersiapkan diri dalam memasuki era new normal. Begitu pun dengan kondisi perekonomian Indonesia yang perlahan memasuki...

Prediksi Bitcoin Tahun 2020, Ini Analisa Bloomberg

DuniaFintech.com - Setelah Bitcoin Halving Day pada 12 Mei 2020 terjadi, kabar terkait prediksi bitcoin semakin banyak dicari. Prediksi bitcoin di tahun 2020...
LANGUAGE