29.9 C
Jakarta
Kamis, 26 Mei, 2022

Hindari Corona, Kriptografer Sarankan Remote Working! Maksudnya?

duniafintech.com – Salah satu engineer pengembang layanan mata uang kripto, Ripple, Nik Bougalis menganjurkan untuk melakukan manajemen remote working. Hal ini diungkapkan oleh sang kriptografer melalui cuitannya di Twitter beberapa waktu lalu.

Hal ini ia ungkapkan dalam rangka menghindari pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) yang menyebar ke seluruh dunia. Nik bahkan memberi bantuan kepada pimpinan perusahaan untuk mempekerjakan timnya dengan sistem remote working.

“Jika Anda baru dalam remote working, khususnya Anda seorang manajer dan memiliki pertanyaan, maka jangan ragu untuk bertanya,”

“Saya akan mencoba memberi jawaban dan wawasan untuk membantu Anda dan tim Anda,”

Mengenai prinsip remote working, istilah ini mungkin cukup terdengar asing untuk beberapa orang. Oleh karena itu, DuniaFintech mencoba memberi artian dasar soal bekerja secara remote tersebut.

Pada dasarnya, remote working merupakan prinsip bekerja jarak jauh, tanpa harus datang ke kantor. Sistem ini juga diterapkan melalui perpaduan dengan sistem lainnya. Dalam suatu contoh, suatu perusahaan menerapkan sistem kerja di kantor secara reguler dipadukan dengan kerja remot, misalnya dalam jangka 5 hari kerja dalam satu pekan, biasanya suatu perusahaan memberikan jatah 2 hari kerja remot.

Sistem kerja remot saat ini mulai diminati berbagai kalangan, mulai dari startup, pengusaha hingga beberapa pekerja paruh waktu (freelance). Sistem ini juga memiliki skala yang berbeda dalam penerapannya, mulai dari berbasis kantor dengan opsi remot, sistem remot dalam satu zona waktu, bahkan sistem kerja tanpa tempat dan tersebar di seluruh penjuru dunia.

Baca juga:

Saran Remote Working ala Kriptografer Ripple

Sebagai pengembang layanan mata uang kripto, Nik mengaku melakukan remote working selama 20 tahun. Saat memimpin divisi engineer di Ripple, ia memiliki tim terbesar dan tersebar di seluruh dunia, atas dasar itu, dirinya ingin membagikan pengalaman tersebut kepada pimpinan perusahaan.

Cuitan Nik mendapat balasan dari pengguna Twitter lainnya soal kekhawatiran atas produktivitas yang berkurang jika kerja remot diterapkan. Ia pun menjawab, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan meletakkan kepercayaan sebagai dasar kerja tim.

“Yang harus diingat, Anda mempekerjakan untuk suatu alasan, karena mereka piawai dan Anda mempercayai mereka. Jangan mendikte mereka secara detil dan berasumsi jika mereka tidak di kantor maka mereka tidak bekerja,”

Lebih lanjut, Nik menyarankan beberapa piranti lunak di bidang komunikasi berbasis teks seperti Slack dan IRC untuk melakukan remote working. Hal ini didasari oleh fitur pembuatan pesan lebih singkat serta memungkinkan informasi diserap di lain waktu.

DuniaFintech/FauzanPerdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Apa Itu Additional Insured? Simak di Sini Beserta Contohnya

JAKARTA, duniafintech.com – Secara umum, additional insured merupakan istilah dalam asuransi yang secara harfiah berarti “tertanggung tambahan”. Istilah yang satu ini terkait dengan polis asuransi...

Mengulik BNI eForm, dari Cara Buka Rekening hingga Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Layanan BNI eForm pada dasarnya hadir untuk memberikan jaminan kemudahan akses bagi calon nasabah BNI dalam rangka melakukan pembukaan rekening simpanan...

Review Panin Dai-ichi Life: Polis, Manfaat, dan Kelebihannya

JAKARTA, duniafintech.com – Panin Dai-ichi Life merupakan sebuah perusahaan asuransi patungan (joint venture) antara Panin Life Financial dan Dai-ichi Life. Oleh sebab itu, tidak...

Cara Menyiapkan Dana Haji yang Tepat supaya Lekas Berangkat

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menyiapkan dana haji adalah hal penting yang harus dimengerti oleh umat Islam yang ingin menunaikan haji suatu hari nanti. Seperti...

Mengenal Marketplace Asuransi Indonesia dan Tahapan Membelinya

JAKARTA, duniafintech.com – Ada berapa marketplace asuransi Indonesia saat ini? Sebelum mengetahuinya, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu bahwa saat ini membeli asuransi online itu...
LANGUAGE