29.3 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Securities Crowdfunding adalah: Alternatif Pendanaan UMKM

JAKARTA, duniafintech.com – Securities crowdfunding adalah salah satu alternatif pendanaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Seperti diketahui, saat mendirikan suatu proyek, tentunya seorang calon pebisnis memerlukan dana.

Nah, dana tersebut dapat diperoleh dari dana pribadi atau juga bisa dilakukan dengan metode pendanaan.

Baca juga: Crowdfunding adalah: Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Adapun pendanaan sebagai investasi yang menguntungkan bagi calon investor itu, salah satunya, berupa securities crowdfunding.

Lantas, apa sih maksud dari istilah itu? Untuk mengetahui lebih jauh tentang hal itu, simak yuk ulasan selengkapnya berikut ini!

crowdfunding adalah

Securities Crowdfunding adalah

Sejatinya, securities crowdfunding adalah sebuah skema pendanaan yang didasari atas pembelian surat berharga, dengan tujuan untuk membiayai sebuah proyek bisnis bersama investor lainnya.

Jenis crowdfunding yang satu ini nantinya akan diperjualbelikan di pasar modal dan bisa dengan mudah juga untuk ditemukan. Metode ini juga sering diistilah sebagai “penggalangan dana”.

Penggalangan dana berbasis sekuritas ini pun sangat cocok untuk digunakan pada proyek bisnis besar. Pasalnya, dalam metode pengumpulan dana yang dilakukan oleh para pemilik modal dengan cara patungan ini, tujuan utamanya, yaitu untuk memberikan pembiayaan modal bagi pemilik UMKM.

Biasanya, pembiayaan yang dilakukan secara online melalui website atau aplikasi ini pun memungkinkan para pemilik modal untuk memperoleh kepemilikan lewat saham, surat bukti kepemilikan utang atau obligasi, dan surat tanda kepemilikan bersama (sukuk). 

Lewat skema atau sistem tersebut, investor dan pihak yang membutuhkan dana akan dipertemukan dengan sangat mudah sebab keduanya akan bertemu di sebuah platform secara online.

Adapun keuntungan yang diperoleh investor dalam hal ini adalah berupa dividen/bagi hasil dari keuntungan usaha yang nantinya akan dibagikan secara periodik. Sementara itu, para pelaku UMKM akan memperoleh sumber dana untuk ekspansi bisnis/untuk biaya operasional selama pandemi agar bisnisnya tetap berjalan hanya dengan kewajiban yang sangat ringan, yakni dengan bagi hasil laba usaha.

Penting juga untuk diketahui, di layanan yang satu ini, jangka waktu penawarannya bisa mencapai jangka waktu 12 bulan untuk sekali penawaran atau juga dalam beberapa kali.

Cara Mendanai UMKM melalui Securities Crowdfunding

Di bawah ini adalah beberapa cara yang wajib diketahui oleh para investor yang tertarik untuk mendanai UMKM lewat securities crowdfunding. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Securities Crowdfunding adalah: Jenis dan Kelebihannya

1. Dengan Membeli Saham UMKM Tersebut

Pertama, investor bisa ikut mendanai dengan cara membeli saham dari UMKM itu. Hal ini tentunya bisa membuat investor akan memperoleh keuntungan dari dividen dan nilai lebih penjualan saham. Akan tetapi, hal itu hanya berlaku kalau UMKM tersebut punya saham.

2. Dengan Membeli Obligasi dari UMKM Tersebut

Selanjutnya, kamu sebagai investor juga bisa melakukan pendanaan dengan cara membeli obligasi dari UMKM itu. Tentunya, hal itu bisa membuat kamu memperoleh keuntungan dari suku bunga yang ditawarkan oleh obligasi tersebut.

Meski demikian, obligasi UMKM sendiri memang cukup jarang ditemukan karena UMKM biasanya dikhususkan untuk usaha modal rendah.

3. Perjanjian Crowdfunding UMKM

Nah, kalau sebuah UMKM tidak menyediakan surat perjanjian atau surat kepemilikan bernama saham maupun surat utang yang dinamakan obligasi maka UMKM itu tetap bisa membuat surat perjanjian crowdfunding UMKM-nya sendiri.

Dalam hal ini, crowdfunding itu akan terdiri atas berbagai investor dan bisa merincikan apa saja keuntungannya.

Kelebihan dari Securities Crowdfunding adalah

Kelebihan dari penggalangan dana berbasis sekuritas ini, yakni skema ini lebih mudah untuk ditemukan karena produknya akan diperjualbelikan di pasar modal. Adapun kelebihan lainnya adalah karena harganya yang cenderung lebih murah ketimbang permodalan pada umumnya.

Sebagaimana diulas tadi, securities crowdfunding adalah skema pendanaan sebuah proyek oleh beberapa investor yang dilakukan lewat pasar modal. Metode patungan dana ini pun bisa menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan yang layak dipertimbangkan untuk dipilih sebagai cara pengelolaan keuangan kamu ya.

Baca juga: Crowdfunding adalah: Begini Alur Kerja dan Kelebihannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE