32.4 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Securities Crowdfunding Adalah: Caranya Mendanai Bisnis 

JAKARTA, duniafintech.com – Securities crowdfunding adalah jenis investasi yang menguntungkan dan bisa dijadikan andalan untuk berinvestasi dengan modal minim.

Bagi anda yang belum mengetahui pengertian dari securities crowdfunding. Dimana, pengertian ini adalah pembelian surat berharga dengan tujuan investasi yang menguntungkan dan dilakukan oleh beberapa investor untuk membiayai suatu proyek bisnis.

Baca juga: Securities Crowdfunding adalah: Jenis dan Kelebihannya

Securities Crowdfunding Adalah.. 

Lebih lengkapnya, securities crowdfunding adalah skema pendanaan dengan sistem penggalangan dana (raising fund) atau yang biasa kita kenal dengan istilah patungan, melalui pasar modal. Sistem ini mengumpulkan para investor yang ingin berinvestasi secara bersama-sama..

Dalam skema urun dana lewat pasar modal ini, dana yang dihimpun juga memperoleh lindung nilai (hedge) dalam jangka waktu tertentu. Securities menjadi versi baru dari equity crowdfunding untuk memudahkan UMKM yang masih kesulitan untuk masuk ke pasar modal karena badan usahanya yang belum memenuhi kriteria pendanaan.

Lalu, pendanaan sebuah bisnis seperti yang kita ketahui tidak hanya berlandaskan dari modal pribadi, melainkan juga dari modal investor. Salah satu investasi yang menguntungkan untuk melakukan pendanaan bagi bisnis adalah urun dana lewat pasar modal ini.

crowdfunding adalah

Apa itu Securities Crowdfunding untuk Pendanaan Bisnis?

Sebelum menuju kelebihan tentang penggunaannya tersebut, tentu saja anda wajib mengetahui apa itu urun dana lewat pasar modal ini. Dimana, investasi ini merupakan investasi yang dilakukan di pasar modal dan dilakukan secara raising fund, atau didanai oleh berbagai investor. Skema ini bisa dilakukan untuk pendanaan Bisnis. 

Bagaimana Cara Securities Crowdfunding Dalam Mendanai Bisnis?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa urun dana lewat pasar modal ini mendanai bisnis dengan metode raising fund atau penggalangan dana dari berbagai investor. 

Lantas, bagaimana hal tersebut dilakukan di pasar modal? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Melalui Penjualan Saham

Cara urun dana lewat pasar modal ini dalam mendanai sebuah bisnis adalah melalui penjualan saham. Dimana, saham tersebut tentu saja didasari dengan berapa banyak lot yang dimiliki oleh seseorang. Keuntungannya juga berdasarkan dengan dividen dan keuntungan nilai lebih penjualan saham tersebut.

Baca juga: Crowdfunding Adalah: Cara Kerjanya Simpel dan Menguntungkan 

2. Melalui Penjualan Obligasi

Cara kerja selanjutnya dari urun dana lewat pasar modal ini adalah melalui penjualan obligasi. Dimana, penjualan obligasi tersebut didasari dengan keuntungan suku bunga dan penjualan dari obligasi tersebut. 

Umumnya, bagi pendanaan crowdfunding syariah akan digunakan sukuk sebagai pengganti obligasi.

3. Melalui Penjualan Reksa Dana

Cara kerja ketiga dari urun dana lewat pasar modal adalah reksa dana. Dimana, anda hanya perlu menyediakan dana yang dimiliki selanjutnya membeli unit reksa dana yang akan dikelola oke manajerial investasi baik ke dalam bentuk saham maupun obligasi. Keuntungannya berdasarkan keuntungan bunga harian.

Kesimpulan 

Sistem ini merupakan upaya pendanaan kolektif untuk mengembangkan suatu bisnis maupun usaha dan sebuah kegiatan acara. Caranya bisa melalui equity, donasi, reward, hingga debt crowdfunding.

Urun dana ini layak dicoba oleh startup atau pebisnis pemula karena memiliki beberapa kelebihan, seperti jangkauannya yang lebih luas, dapat memikat investor potensial, dan memiliki proses pengajuan yang mudah. Kita pun dapat menentukan sistem atau jenis crowdfunding yang dibutuhkan, mengurangi kompetisi dengan startup besar, serta mendapat momentum untuk membangun basis konsumen yang kuat.

Namun, di balik kesuksesan crowdfunding juga berawal dari kredibilitas bisnis yang kuat, serta proposal usaha yang unik, menarik, dan informatif, sehingga para investor akan sangat tertarik dengan perkembangan bisnismu di masa yang akan datang.

Namun di samping itu, anda perlu memahami jenis kebutuhan anda, apakah anda ingin membeli urun dana lewat pasar modal dalam bentuk saham, obligasi, atau bahkan reksa dana? Pastikan yang sesuai dengan keinginan anda ya. 

Baca juga: Crowdfunding adalah: Daftar Equity Crowdfunding Berizin OJK

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE