29.2 C
Jakarta
Rabu, 29 Mei, 2024

Cryptocurrency Hari Ini: Harga Bitcoin Cs Semringah, Cek di Sini Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cryptocurrency hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Senin (13/3/2023).

Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mengalami pergerakan yang seragam dan berhasil kembali ke zona hijau.

Berikut ini ulasan terkait cryptocurrency hari ini, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Tutorial Investasi Crypto yang Wajib Diketahui Para Investor Pemula

Cryptocurrency Hari Ini: BTC Menguat 7,15 Persen

Mengacu pada data Coinmarketcap, Senin, 13 Maret 2023 pagi, Bitcoin (BTC) menguat 7,15 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 1,81 persen sepekan.

Kini, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu berada di level USD 22.022 per koin atau setara Rp 341,3 juta (asumsi kurs Rp 15.502 per dolar AS). 

Sementara itu, Ethereum (ETH) pun ikut menguat. ETH naik 7,84 persen dalam sehari terakhir dan 1,57 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 24,61 juta per koin. 

Selanjutnya ada Binance coin (BNB) yang juga masih melanjutkan penguatan. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 4,35 persen dan 0,11 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,47 juta per koin. 

Cardano pun kembali berada di zona hijau. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 7,86 persen, tetapi masih melemah 2,23 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.115 per koin.

Solana (SOL) juga turut menguat pada pagi ini. SOL terbang 1,73 persen dalam sehari terakhir, tetapi masih melemah 4,05 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 317.771 per koin.

Harga Kripto Lainnya

Di sisi lain, ada XRP yang kembali menguat setelah sempat melemah. XRP tumbuh 1,76 persen dalam 24 jam dan 0,95 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 5.765 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) berhasil menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 7,50 persen, tetapi masih melemah 6,16 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.102 per token.

Harga kripto hari ini antara lain stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00.

Baca juga: Apa Itu Crypto Winter? Ketahui Kondisi dan Dampaknya di Sini

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1.008 miliar atau setara Rp 15.626 triliun. 

Cryptocurrency Hari Ini

Cryptocurrency Hari Ini: Dampak Penutupan Bank Silicon Valley, Stablecoin USDC Anjlok

Sebelumnya dilaporkan, stablecoin USD Coin (USDC) kehilangan pasak dolarnya dan merosot ke level terendah sepanjang masa pada Sabtu, 11 Maret 2023.

Hal itu terjadi usai Circle, perusahaan Amerika Serikat di belakang koin tersebut, mengungkapkan beberapa cadangan yang mendukung USDC disimpan di Silicon Valley Bank.

Melangsir CNBC, Circle memiliki USD 3,3 miliar atau setara Rp 50,9 triliun (asumsi kurs Rp 15.450 per dolar AS) dari USD 40 miliar atau setara Rp 608 triliun cadangan USDC-nya di bank Silicon Valley.

Stablecoin USDC seharusnya memiliki nilai 1:1 dengan dolar AS. Namun pada Sabtu harga koin tersebut turun ke USD 0,88 atau setara Rp 13.596, tak lama koin pulih ke harga USD 0,90 atau setara Rp 13.905. 

Silicon Valley Bank runtuh pada Jumat dalam kegagalan bank AS terbesar sejak krisis keuangan 2008, mengguncang pasar global dan membuat miliaran dolar milik perusahaan dan investor terlantar.

Circle mengatakan dalam sebuah cuitan di Twitter perusahaan dan USDC terus beroperasi secara normal. Sementara ini perusahaan menunggu kejelasan tentang apa yang akan terjadi pada deposan Silicon Valley Bank.

Sementara itu, pertukaran kripto AS Coinbase mengatakan dalam sebuah tweet tidak mengizinkan USDC ditukar dengan dolar AS selama akhir pekan sementara bank tutup. 

Stablecoin adalah cryptocurrency yang dirancang untuk mempertahankan nilai tukar konstan dengan mata uang fiat seperti dolar AS, misalnya melalui patokan dolar AS 1:1. 

Stablecoin digunakan dalam perdagangan cryptocurrency, nilainya melonjak dalam beberapa tahun terakhir. USDC adalah stablecoin terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasarnya. 

Baca juga: Cara Trading Crypto Harian dengan Benar untuk Pemula, Simak Ya!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU