34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak positif Metaverse dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Teknologi ini bisa mendukung aktivitas manusia. 

Saat ini dunia digital atau metaverse ini tengah viral menjadi perbincangan masyarakat luas. Metaverse juga kerap menjadi topik hangat di berbagai forum diskusi online. 

Pada ulasan kali ini, kita akan membahas soal dampak positif Metaverse dalam kehidupan. Namun sebelum itu, mari kita pahami dulu apa itu Metaverse.

Baca juga: Asyik dan Seru! Inilah Aplikasi Untuk Main Metaverse

Apa Itu Metaverse? 

Apa Itu Metaverse? Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun untuk saling terhubung antara satu dengan lain. Dalam komunitas virtual ini, orang dapat bertemu, bermain, bekerja bahkan bertransaksi jual beli seperti pada dunia nyata dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). 

Transaksi dalam komunitas virtual ini biasanya menggunakan mata uang kripto sehingga banyak diartikan sebagai pengertian metaverse kripto.

– Menurut Bahasa

Secara bahasa metaverse berasal dari kata ‘meta’ dan ‘verse’. Meta berarti ‘melampaui’ dan verse yang bermakna ‘alam semesta’. Secara bahasa ini, metaverse juga bisa diartikan sebagai ruang yang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat pada dunia nyata. 

Sebenarnya, konsep Metaverse sendiri pertama kali dikenalkan pada novel Snow Crash tahun 1992 yang merupakan karya Neal Stephenson. 

– Menurut para ahli

Sementara itu pengertian Metaverse menurut para ahli, seperti dari penulis esai Matthew Ball memprediksi bahwa Metaverse merupakan gerbang yang membawa manusia untuk bisa merasakan berbagai pengalaman digital dan bahkan akan menjadi platform yang bisa menyerap tenaga kerja baru.

CEO sekaligus pendiri Epic Games, Tim Sweeney juga mengemukakan pendapat mengenai pengertian Metaverse menurut para ahli yaitu sebagai media sosial 3D yang dapat diakses secara realtime. Melalui teknologi tersebut, orang-orang akan dapat membuat konten di dunia virtual dan saling berbagi konten tersebut.

Selain itu Victoria Petrock, seorang analis yang mengikuti teknologi baru berpendapat mengenai bahwa Metaverse ialah evolusi konektivitas di mana semua hal bisa mulai menyatu dalam alam semesta doppelganger yang sangat real. Hal ini akan membuat manusia bisa menjalani kehidupan virtual dengan cara yang sama seperti menjalani kehidupan fisik di dunia nyata. 

Baca juga: Keren! Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya dalam Bentuk Metaverse

Untuk bisa masuk ke dunia Metaverse, pengguna harus menggunakan teknologi yang khusus. Teknologi tersebut juga mencakup headset virtual reality, kacamata augmented reality, serta aplikasi dari smartphone atau dari perangkat lainnya yang bisa digunakan untuk menjangkau dunia metaverse tersebut.

dampak positif metaverse

Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan Sehari-hari 

Berikut ini dampak positif Metaverse yang perlu Anda ketahui. 

1. Dampak positif Metaverse: Media promosi dan menghasilkan uang

Metaverse bisa menjadi wadah yang tepat untuk bisnis dan menghasilkan uang. Di platform ini kamu bisa membeli atau menyewa tanah hingga membangun mall yang pasti akan menghasilkan komisi. Tidak hanya itu, dengan metaverse kamu juga bisa membuat billboard sendiri sebagai media promosi usaha.

2. Dampak positif Metaverse: Sebagai tempat hiburan

Metaverse menyediakan berbagai jenis permainan dan kegiatan seru yang bisa kamu mainkan saat merasa jenuh. Metaverse juga menyediakan konser virtual, kegiatan olahraga hingga berbelanja dengan metaverse crypto yang pastinya bisa menjadi sarana hiburan praktis tanpa perlu keluar rumah.

3. Menambah relasi

Metaverse merupakan dunia virtual yang tidak terbatas. Di sini kamu bisa berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia manapun. Jika dimanfaatkan dengan benar, metaverse bisa digunakan untuk membangun relasi sebanyak mungkin.

Saat ini, metaverse semakin diminati oleh masyarakat. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat batasan dan jarak menjadi semakin kabur. 

Metaverse mewujudkan impian banyak orang dimana bisa berinteraksi dengan siapapun dan dimanapun tanpa adanya jarak. Metaverse juga menawarkan banyak kemudahan dan pengalaman merasakan dunia tanpa batas secara virtual. Meskipun begitu, pengguna platform ini tetap harus bijak agar terhindar dari dampak negatif Metaverse.

Itulah informasi mengenai dampak positif Metaverse. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda. 

Baca juga: Dari OJK, Perhatikan 5 Hal Ini Terkait Metaverse Sektor Keuangan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Isi Saldo DANA via ATM BCA hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi saldo DANA via ATM BCA ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan keuangan tersebut. Seperti diketahui bersama, dompet digital...

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...
LANGUAGE