34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki.

Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan biaya terkait melahirkan atau persalinan. Pertanggungannya pun mencakup konsultasi sebelum melahirkan hingga perawatan selepas melahirkan.

Asuransi ini di Indonesia bisa diperoleh dari beberapa jenis asuransi, baik program pemerintah, yakni BPJS Kesehatan, maupun asuransi kesehatan swasta.

Baca juga: Daftar Produk Asuransi Kehamilan Terbaik untuk Ibu Hamil

Tertarik untuk membeli produk asuransinya? Nah, supaya lebih paham, cari tahu yuk selengkapnya di sini!

Apa Itu Asuransi Persalinan dan Manfaatnya

Pada dasarnya, asuransi yang satu ini adalah jenis asuransi kesehatan yang menanggung biaya konsultasi selama kehamilan hingga persalinan dan perawatannya. Dengan demikian, manfaat yang diberikannya berupa pertanggungan biaya pra dan pasca melahirkan, mulai dari konsultasi kehamilan, biaya USG, biaya persalinan, hingga risiko keguguran maupun komplikasi saat kehamilan dan melahirkan. 

Namun, juga ada beberapa asuransi kelahiran yang tidak mengcover kehamilan atau pra persalinan. Terkait hal itu, mereka diketahui hanya menanggung biaya persalinan dan juga perawatan setelah melahirkan. Manfaat pertanggungan yang bisa kamu dapatkan dari asuransi kelahiran terbaik adalah sebagai berikut:

– Santunan jika janin meninggal dunia selama masa kehamilan.

– Santunan jika Ibu meninggal dunia selama masa kehamilan.

– Risiko komplikasi kehamilan atau persalinan.

– Pertanggungan biaya persalinan.

– Pertanggungan biaya konsultasi dokter (rider).

– Santunan jika bayi mengalami kelainan bawaan.

– Pertanggungan biaya nutrisi dan vitamin Ibu hamil (rider).

– Pertanggungan biaya USG dan cek laboratorium (rider).

asuransi persalinan

Jenis Asuransi Persalinan

1. BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan program askes wajib untuk seluruh masyarakat Indonesia dan dapat menjadi pilihan asuransi persalinan dengan premi yang cukup terjangkau. Ada banyak manfaat pertanggungan yang diberikan, termasuk biaya operasi persalinan normal maupun yang berisiko.

Umumnya, prosedur melahirkan dengan BPJS Kesehatan pun tidak memerlukan masa tunggu. Akan tetapi, BPJS sendiri tidak mengcover beberapa jenis manfaat, di antaranya biaya jika terjadi kelainan pada bayi. Manfaat yang diberikan oleh BPJS secara umum adalah:

Biaya USG

– Ongkos konsultasi dokter

– Biaya melahirkan normal atau caesar

– Biaya postnatal care (maksimal 3 kali)

2. Asuransi Kesehatan Swasta

Adapun asuransi kesehatan yang mengcover biaya melahirkan dapat ditemukan baik pada jenis asuransi kesehatan individu maupun kumpulan atau karyawan. Lazimnya, asuransi kesehatan melahirkan berbentuk asuransi tambahan atau rider.

Dengan demikian, kamu hanya dapat memperoleh manfaatnya jika membeli asuransi kesehatan swasta terlebih dahulu. Rider dalam asuransi berarti tambahan manfaat perlindungan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi guna melengkapi manfaat tambahan dalam polis asuransi dasar.

Sebagai informasi, manfaat tersebut memang lebih banyak ditemukan pada jenis asuransi kesehatan karyawan yang diperuntukkan bagi karyawan wanita atau istri karyawan perusahaan tersebut.

3. Asuransi Persalinan Perorangan

Bukan hanya sebagai asuransi tambahan atau rider, asuransi persalinan pun dapat ditemukan sebagai asuransi stand-alone atau asuransi persalinan untuk perorangan. Dengan demikian, kamu tidak perlu membeli polis kesehatan dasar terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi kelahiran.

Adapun salah satu perusahaan yang menghadirkan produk ini, yaitu Prudential, dengan polis bernama PRUMy Child.

4. Asuransi Jiwa Cover Melahirkan

Selain menawarkan asuransi kesehatan, asuransi jiwa pun nyatanya mampu mengcover biaya persalinan. Akan tetapi, biasanya, asuransi ibu melahirkan ini memberikan pertanggungan yang berfokus pada risiko meninggal dunia yang dapat dialami oleh ibu maupun bayi saat proses kelahiran.

Adapun manfaat tersebut bisa didapat dari asuransi jiwa atau di dalam asuransi kesehatan swasta. Misalnya adalah asuransi melahirkan BCA Life Health Protection yang memberikan santunan duka.

Baca juga: Covid-19, Berapa Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa yang Dibutuhkan?

Syarat dan Premi Asuransi Melahirkan

Syarat yang harus dipenuhi untuk memiliki asuransi ini adalah usia minimal 20 tahun hingga 46 tahun bagi ibu hamil. 

Sementara itu, terkait preminya, untuk setiap polis, premi ini tentunya akan berbeda-beda, yang biasanya disesuaikan dengan plafon/limit asuransi serta juga profil nasabah. 

Di lain sisi, frekuensi pembayaran asuransinya disesuaikan dengan isi polis yang disepakati, baik per bulan maupun per tahun. Untuk metode pembayarannya juga beragam, bisa cara transfer bank, autodebet, virtual account, dan cara lainnya.

Cara Klaim Asuransi Melahirkan

Tentunya, cara klaim asuransi ini tentu tidak jauh berbeda dengan asuransi kesehatan pada umumnya, yaitu melalui metode cashless dan reimbursement.

Adapun klaim cashless adalah metode klaim yang terbilang mudah untuk dilakukan karena kamu tidak perlu membayar biaya dengan uang pribadi terlebih dahulu maupun menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan.

Di lain sisi, klaim reimbursement merupakan metode klaim di mana kamu sebagai peserta asuransi harus membayar biaya perawatan terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa mengajukan klaim untuk memperoleh penggantian dari perusahaan asuransi.

Rekomendasi Asuransi Persalinan dan Kehamilan Swasta

Tersedia cukup banyak asuransi kesehatan untuk melahirkan swasta yang tersedia. Nah, untuk membantumu memilih, inilah rekomendasi asuransi persalinan terbaik, seperti disadur dari Lifepal.

1. Asuransi persalinan Prudential

Prudential diketahui menghadirkan polis asuransi melahirkan untuk perorangan, yaitu PRUMy Child. Asuransi ini memberikan perlindungan kepada ibu dan bayi sebelum dan sesudah proses melahirkan. Di samping itu, masa pertanggungannya sejak usia kehamilan 20—30 minggu yang ditetapkan usia sebenarnya.

2. Asuransi persalinan BCA Life

Asuransi berikutnya berasal dari BCA Life, yang terdapat pada polis asuransi kesehatan karyawan dengan nama BCA Life Health Protection. Asuransi melahirkan ini menanggung biaya persalinan normal dan caesar hingga risiko keguguran. Ada pula santunan duka/ meninggal dunia yang salah satu risikonya disebabkan oleh persalinan.

3. Asuransi melahirkan AXA Mandiri

International Exclusive dari Mandiri AXA General Insurance (MAGI) adalah polis asuransi kesehatan yang juga mengcover biaya melahirkan. Polis utamanya memberikan pilihan manfaat tambahan, termasuk asuransi kehamilan dan melahirkan. Pertanggungannya mencakup komplikasi sebelum dan sesudah melahirkan, biaya perawatan bayi di bawah 16 minggu, dan juga biaya vaksinasi anak.

4. Asuransi melahirkan Manulife

Adapun polis MiUltimate Healthcare dari Manulife akan memberikan manfaat asuransi kehamilan dan melahirkan sebagai rider. Polis ini cocok buat kamu yang ingin mencari asuransi melahirkan caesar sebab pertanggungannya  bisa mencapai Rp50 juta. Di samping itu, asuransi ini pun memberikan manfaat pertanggungan biaya perawatan komplikasi kehamilan.

5. Asuransi melahirkan BNI Life

Polis BNI Life Optima Cash Plan ini menghadirkan manfaat melahirkan pada pemegang polis. Pada polis ini, masa tunggunya selama 9 bulan/paling maksimal 280 hari.

Pentingnya Memiliki Asuransi Persalinan

Memiliki asuransi persalinan tentu saja sangat penting, utamanya buat kamu yang sudah berkeluarga dan berencana memiliki momongan. Pasalnya, jenis asuransi ini dapat menjadi proteksi terbaik bagi ibu dan bayi.

Sejumlah asuransi persalinan pun akan memberikan pertanggungan yang cukup menyeluruh, misalnya saja risiko komplikasi atau kelainan bawaan pada bayi. Bukan itu saja, kamu pun bisa mendapatkan proteksi dari sisi finansial.

Hal itu karena asuransi ini akan mengcover sejumlah biaya, dari konsultasi dokter, cek USG, hingga vitamin untuk ibu hamil. Terlebih, jika kamu memilih operasi caesar ketika melahirkan sebab biayanya bisa mencapai Rp45 jutaan di Indonesia.

Sekian ulasan tentang asuransi melahirkan, dari pengertian hingga cara klaimnya, yang perlu kamu ketahui. Beli yuk produk asuransinya sekarang juga!

Baca juga: Paket Asuransi Kesehatan Keluarga, Begini Cara Memilihnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Isi Saldo DANA via ATM BCA hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi saldo DANA via ATM BCA ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan keuangan tersebut. Seperti diketahui bersama, dompet digital...

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...
LANGUAGE