33.9 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Daftar Produk Asuransi Kehamilan Terbaik untuk Ibu Hamil

Secara umum, asuransi kehamilan adalah pertanggungan yang memberikan manfaat berupa pertanggungan biaya perawatan pra melahirkan, mulai dari perawatan apabila nasabah mengalami risiko keguguran atau komplikasi saat masa kehamilan, hingga pertanggungan biaya USG dan konsultasi dokter, yang biasanya bersifat sebagai manfaat tambahan. 

Terkait perbedaannya dengan pilihan produk pertanggungan melahirkan adalah pertanggungan untuk kehamilan adalah bagian dari asuransi melahirkan, tetapi tidak semua jenis pertanggungan ini menanggung biaya perawatan selama masa kehamilan sehingga pilihannya juga lebih terbatas.

Manfaat Asuransi Kehamilan

  • Santunan jika janin meninggal dunia selama masa kehamilan
  • Santunan jika Ibu meninggal dunia selama masa kehamilan
  • Jika Ibu mengalami komplikasi kehamilan atau kelahiran
  • Santunan jika anak mengalami kelainan bawaan
  • Pertanggungan biaya persalinan
  • Pertanggungan biaya konsultasi dokter (rider)
  • Pertanggungan biaya nutrisi dan vitamin Ibu hamil (rider)
  • Pertanggungan biaya USG dan cek laboratorium (rider)

Produk Asuransi Kehamilan Terbaik 2021

Jenis pertanggungan kehamilan dan melahirkan sangat penting dimiliki, terutama bagi Anda yang sudah merencanakan memiliki keturunan dalam waktu dekat.  Melalui kepemilikan pertanggungan, Ibu bisa fokus pada kesehatan janin dan menikmati masa kehamilannya tanpa perlu khawatir akan risiko finansial selama hamil.

Pilihan pertanggungan kehamilan dan kelahiran terbaik yang dapat dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

  1. BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah pilihan pertanggungan kehamilan dan melahirkan dengan premi paling terjangkau. Meski menawarkan premi murah, BPJS Kesehatan tetap memberikan manfaat pemeriksaan kesehatan, perlindungan biaya persalinan normal, sampai persalinan yang berisiko.

Asuransi kesehatan pemerintah ini bahkan juga memberikan layanan postnatal care yang bakal ditanggung untuk tiga kali pemeriksaan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa apabila terjadi kelainan pada bayi, BPJS tidak bisa meng-cover biaya yang ditimbulkan.

Karena itu, Anda mesti mendaftarkan si kecil mendapatkan manfaat BPJS untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Di sisi lain, pendaftaran bayi tidak harus pada saat dilahirkan saja sebab bisa juga didaftarkan sejak sudah di dalam kandungan dan dibuktikan dengan pemeriksaan dokter bahwa sudah ada bukti denyut jantung si bayi.   

Manfaat yang diberikan, yakni:

  • Pertanggungan biaya pemeriksaan USG
  • Pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar
  • Pertanggungan biaya postnatal care maksimal 3 kali
  1. Mandiri AXA General Insurance (MAGI)—International Exclusive

International Exclusive adalah polis asuransi kesehatan yang dihadirkan oleh MAGI. Kendati fungsi utamanya adalah asuransi kesehatan, polis ini pun memberikan pilihan manfaat tambahan atau rider asuransi kehamilan dan melahirkan. 

Manfaat yang diberikan mencakup komplikasi sebelum dan sesudah melahirkan, perawatan bayi baru lahir atau di bawah enam belas minggu, dan biaya melahirkan. Keunggulan polisi ini adalah karena juga menanggung biaya vaksinasi, padahal masih sangat jarang polis asuransi yang menawarkan manfaat serupa. 

Akan tetapi, lantaran manfaat pertanggungan kehamilan dan melahirkan bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider maka calon nasabah bakal dikenakan biaya tambahan di luar premi dasar. 

Manfaat yang diberikan, yaitu:

  • Pertanggungan komplikasi sebelum dan sesudah melahirkan
  • Pertanggungan biaya perawatan bayi di bawah 16 minggu
  • Pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar
  • Pertanggungan biaya vaksinasi anak
  1. Allianz—SmartHealth Maxi Violet

Seperti MAGI, SmartHealth Maxi Violet punya fungsi utama sebagai asuransi kesehatan Allianz. Akan tetapi, ada pilihan manfaat tambahan atau rider untuk pertanggungan kehamilan dan melahirkan. 

Kelebihan produk ini, salah satunya, ada perlindungan lengkap untuk ibu melahirkan. Pasalnya, perlindungan yang diberikan mencakup melahirkan normal, pembedahan, dan persalinan abnormal, biaya pra dan pasca melahirkan, serta keguguran. Namun, ada masa tunggu selama sembilan bulan. Itu berarti, klaim baru bisa diajukan 9 bulan setelah polis aktif. 

Manfaat yang diberikan, yakni:

  • Pengembalian premi 20% jika tidak ada klaim
  • Pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar
  • Pertanggungan biaya keguguran
  • Pertanggungan biaya pra dan pasca melahirkan
  1. Prudential—PRUMy Child

Apabila pilihan-pilihan sebelumnya bersifat sebagai manfaat tambahan maka pertanggungan melahirkan dari Prudential ini, PRUMy Child, berdiri sendiri atau stand alone. Itu berarti, Anda dapat memperoleh produk ini tanpa harus membeli asuransi atau polis dasar terlebih dahulu. 

Keunggulan lainnya adalah memberikan manfaat pertanggungan melahirkan tanpa masa tunggu. Dalam arti, ketika polis sudah aktif, Anda dapat langsung mengajukan klaim.

Untuk diketahui, masih sangat jarang polis yang memberikan manfaat asuransi tanpa masa tunggu. Karena itu, PRUMy Child menjadi salah satu pilihan pertanggungan kehamilan dan melahirkan yang paling banyak dicari saat ini. 

Manfaat yang diberikan, yaitu:

  • Pertanggungan risiko meninggalnya janin dan Ibu
  • Santunan jika anak meninggal atau cacat total tetap
  • Manfaat asuransi kesehatan dapat diperpanjang hingga anak berusia 99 tahun
  1. Mandiri Inhealth—Indemnity

Adapun pilihan pertanggungan Inhealth untuk melahirkan diperuntukkan khusus bagi tertanggung karyawan perusahaan dan bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider. Oleh sebab itu, Indemnity sangat cocok bagi nasabah yang punya perusahaan dan mencari manfaat asuransi kesehatan lengkap untuk karyawannya. 

Keunggulan dari pertanggungan Mandiri Inhealth ini adalah pertanggungan biaya perawatan selama masa kehamilan, melahirkan, dan pra melahirkan mengikuti tagihan rumah sakit (as charged), dengan limit hingga Rp30 juta. 

Manfaat yang diberikan, yakni:

  • Pertanggungan biaya perawatan kehamilan
  • Pertanggungan biaya perawatan melahirkan
  • Pertanggungan biaya perawatan setelah melahirkan
  • Pertanggungan biaya atas risiko keguguran
  1. Manulife—MiUltimate HealthCare

Untuk diketahui, manfaat pertanggungan kehamilan dan melahirkan dari Manulife menjadi polis tambahan atau rider dari asuransi kesehatan MiUltimate HealthCare. Adapun manfaat yang diberikan mencakup pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar dan perawatan biaya komplikasi kehamilan. 

Polis yang satu ini juga cukup banyak dicari karena dihadirkan oleh perusahaan asuransi terkemuka Manulife. Namun, untuk manfaat perawatan kehamilan Manulife terbilang cukup terbatas ketimbang pilihan-pilihan polis asuransi sebelumnya.

Kendati demikian, asuransi melahirkan Manulife sangat pas buat Anda yang ingin berfokus pada manfaat pertanggungan biaya persalinan saja, terutama caesar, karena limitnya tinggi, yakni hingga Rp50 juta. 

Manfaat yang diberikan, yaitu:

  • Pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar
  • Pertanggungan biaya perawatan komplikasi kehamilan

Tips Memilih Pertanggungan Kehamilan yang Sesuai 

  1. Estimasi biaya kehamilan dan persalinan

Adapun faktor-faktor yang harus masuk dalam estimasi anggaran biaya kehamilan dan melahirkan, yaitu:

  • Biaya perawatan selama masa kehamilan: Tes TORCH, konsultasi dokter, USG 2 dimensi, USG 3 dimensi.
  • Biaya perawatan selama masa persalinan: apakah melahirkan normal atau caesar? 
  • Biaya perawatan selama masa pra persalinan: rawat inap, postnatal care, vaksinasi. 
  • Risiko tidak terduga: keguguran, melahirkan normal menggunakan alat bantu, dan komplikasi.

Usai mengetahui estimasi biaya saat hamil dan persalinan yang dibutuhkan, barulah Anda dapat memilih polis asuransi dengan limit sesuai anggaran estimasi itu. 

  1. Bandingkan polis asuransi kehamilan
  2. Pilih yang menanggung perawatan pra dan pasca melahirkan

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luncurkan Fitur Baru, Aplikasi Anak Bangsa Ini Mudahkan Bikin NFT Kurang dari Satu Menit

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi Media Sosial karya anak bangsa, Woilo meluncurkan fitur 'NFT Woilo'. Dengan fitur baru tersebut, Aplikasi asal Surabaya, Jawa Timur itu...

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...
LANGUAGE