32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

DanaBagus: Fintech P2P Lending Pembiayaan Khusus Mahasiswa

PT Dana Bagus Indonesia (DanaBagus) adalah financial technology (fintech) peer-to-peer lending (P2P lending) yang berfokus terhadap pembiayaan kebutuhan pendidikan dan penunjang mahasiswa. DanaBagus akan memberikan pembiayaan untuk mahasiswa yang membutuhkan uang kuliah, buku, gadget, tempat tinggal, bahkan kendaraan.

Platform pinjaman online (pinjol) ini terdaftar dan menjadi satu dari 148 pinjol legal yang telah terverifikasi pada Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dengan nomor registrasi S-1115/NB.213/2018.

Selain itu, Danabagus telah tergabung ke dalam anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Berdasarkan laman resminya, tingkat keberhasilan bayar pada hari ke-90 (TKB90) di DanaBagus mencapai 100% per 18 Juni 2021.

Fintech untuk Mahasiswa

Untuk pengajuan pinjaman pertama, peminjam atau borrower dapat mengajukan pinjaman hingga Rp 300.000. Sedangkan, hingga saat ini, pendanaan yang telah tersedia bagi para peminjam yang telah pernah meminjam pada platform ini mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 2 juta.

Bagi para mahasiswa yang membutuhkan pendanaan secara cepat, maka DanaBagus ini bisa kamu gunakan. Syaratnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu melampirkan identitas peminjam seperti KTP dan KTM, nomor induk mahasiswa dan nomor rekening bank pribadi.

Mahasiswa yang ingin meminjam dapat mendapatkan akses peminjaman atas tiga produk unggulan dari DanaBagus. Pertama, ada pinjaman reguler dengan plafon pinjaman hingga Rp 2 juta. Untuk produk ini, proses pencairannya paling lambat 30 hari.

Kemudian, ada produk pinjaman siaga, yaitu produk pinjaman tunjangan kuliah dengan plafon pinjaman sebesar Rp 2 juta. Proses persetujuan dan pencairan dana terjadi secara langsung alias realtime dan akan diproses maksimal 2×24 jam.

Lalu yang terakhir adalah produk pinjaman UKT. Produk ini menawarkan plafon pinjaman hingga mencapai Rp 15 juta. Untuk program satu ini akan terjadi setelah pengajuan disetujui oleh pemberi dana (lender) maksimal 30 hari.

Pendanaan yang DanaBagus mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 15 juta yang mencakup biaya kuliah, kebutuhan alat pendukung kuliah, termasuk kendaraan dan tempat tinggal, dengan tenor yang ditawarkan mulai dari 71 hari sampai 181 hari.

Cara Meminjam di DanaBagus Fintech

Cara untuk melakukan peminjaman di DanaBagus ini juga tergolong gampang. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi DanaBagus di GooglePlay atau AppleStore. Setelah itu, lakukan pendaftaran dan login lewat aplikasi tersebut.

Kemudian, kamu akan memilih jenis dan besaran pinjaman. Pihak DanaBagus pun akan melakukan verifikasi terhadap identitas diri yang kamu lampirkan. Apabila tidak ada kendala, maka dana yang kamu inginkan pun akan cair dalam waktu 24 jam kerja.

Bagaimana Risiko Gagal Bayar

DanaBagus melalui situs website resminya menyebutkan layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi ini adalah kesepakatan perdata antara pemberi pinjaman (lender) dengan penerima pinjaman (borrower). Sehingga, segala risiko yang timbul akan menjadi tanggung jawab masing-masing pihak.

Risiko kredit atau gagal bayar pun sepenuhnya oleh pemberi pinjaman (lender). Artinya, tidak ada satu pun lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar tersebut. DanaBagus selaku penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing pihak, yaitu lender dan borrower, mendapatkan izin untuk mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola, dan/atau menggunakan data pribadi pihak terkait.

DanaBagus juga mengingatkan, calon lender yang belum memiliki wawasan dan pengalaman dalam pinjam meminjam, lebih baik tidak menggunakan layanan ini. Kemudian, borrower yang ingin menggunakan layanan DanaBagus juga harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya.

Jangan sampai, fasilitas yang bersifat untuk membantu ini malah menjerat para borrower. Pasalnya, setiap kecurangan akan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas melalui media sosial.

Pembiayaan yang Tidak Disetujui DanaBagus

Meski mendaftar dan mengajukan pembiayaan di DanaBagus sangat mudah, akan tetapi tidak semua pengajuan pembiayaan akan diproses dan berhasil cair. Berikut penjelasannya.

1. Pinjaman tidak akan disetujui apabila performa pinjaman sebelumnya tidak baik. Hal ini biasanya dilihat dari Credit Checking dan analisis data yang mendalam oleh tim kredit analis.

2. Telah masuk kategori blacklist atau daftar hitam, yaitu peminjam yang melanggar syarat dan ketentuan di DanaBagus dan tidak dapat melanjutkan proses registrasi/pengajuannya.

3. Validasi data input, yaitu data yang kamu isi tidak sesuai saat tim kredit analis melakukan verifikasi langsung.

4. Peminjam sedang memiliki pinjaman aktif.

(Kontributor)

Cek daftar fintech berizin di sini

Cek daftar fintech P2P berizin di Indonesia di sini

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU