26.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Di Tengah Daya Beli NFT Lesu, Ukraina Berhasil Raup Rp1,4 M dari Penjualan NFT Cryptopunk

JAKARTA, duniafintech.com – Pemerintah Ukraina berhasil mengumpulkan USD 100 ribu atau sekitar Rp1,4 miliar dari hasil penjualan NFT Cryptopunk.

Menteri Transformasi Digital Rusia, Mykhailo Fedorov dan wakilnya, Alexander Bornyakov, mengumumkan di media sosial. Koleksi unik diakuisisi oleh investor yang tidak dikenal untuk 90 Ethereum (ETH).

Baca juga: Produk Dalam Negeri, Seniman dan Musisi Bisa Jual NFT di Artpedia

NFT, Cryptopunk 5364, disumbangkan ke kampanye penggalangan dana kripto Aid for Ukraina pada awal Maret. Pada saat itu, Bornyakov mentweet nilainya 56 ETH tetapi harga ethereum dan cryptocurrency lainnya secara signifikan lebih tinggi sebelum kemerosotan pasar kripto terbaru.

Sampai saat ini, komunitas kripto global terus mendukung Ukraina, Alex Bornyakov mencatat dalam sebuah tweet pada Senin, mengumumkan penjualan token dari koleksi Cryptopunk.

“Hanya ingin berterima kasih kepada komunitas kripto atas donasi yang begitu murah hati,” cuitan Bornyakov, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (25/6).

Cryptopunk adalah koleksi NFT di blockchain Ethereum. Diluncurkan pada 2017, proyek ini menawarkan beberapa koleksi kripto pertama. Cryptopunk #5364 bukanlah NFT pertama yang digunakan untuk mengumpulkan dana untuk Ukraina.

Pada Maret lalu, penjualan NFT dari bendera Ukraina menghasilkan lebih dari USD 6,7 juta di ethereum.

Negara Eropa Timur, bekas republik Soviet itu telah berkonflik dengan Rusia, sejak 24 Februari 2022. Pemerintah di Kyiv dan sejumlah organisasi sukarelawan semakin mengandalkan sumbangan kripto, termasuk NFT. Negara ini telah mengumpulkan jutaan dolar untuk mendanai upaya pertahanan dan kemanusiaannya.

Baca juga: Gegara Jual Properti NFT, Harga Gedung di Manhattan Anjlok Rp 181 Miliar

Penjualan NFT Bulanan Turun 65,43 Persen

Di sisi lain, melansir dari Bitcoin.com melalui Liputan6.com, belakangan ini minat dan penjualan NFT telah menurun secara signifikan, dan metrik penjualan NFT bulanan menunjukkan penurunan bertahap selama beberapa bulan terakhir.

Statistik penjualan NFT selama 30 hari dari portal web analitik cryptoslam.io mengungkapkan penjualan NFT telah turun 65,43 persen sejak bulan lalu.

Bulan sebelumnya, USD 4,6 miliar atau sekitar Rp66,4 triliun dalam penjualan NFT tercatat di 17 blockchain yang berbeda, tetapi selama 30 hari terakhir, hanya USD 1,59 miliar dalam penjualan NFT yang diselesaikan.

Penjualan NFT yang berasal dari blockchain ethereum adalah yang paling dominan, meraih USD 1,31 miliar dari USD 1,59 miliar yang diselesaikan. Namun, penjualan NFT berbasis ETH turun 67,99 persen di antara 250.925 pembeli dan 1.047.363 transaksi.

Baca juga: Kabar Baik, OpenSea Rilis Fitur Keamanan Baru Buat Proteksi NFT dari Ancaman Penipuan

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Makin Dilirik, Sandiaga Uno Ajak Jelajahi Keindahan Indonesia Lewat Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Teknologi Metaverse kini semakin dilirik, Sandiaga Uno mengajak untuk menjelajahi keindahan Indonesia melalui Metaverse.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf ini...

OneAset, Aplikasi Investasi One Stop Solution Favorit Masa Kini

JAKARTA, duniafintech.com - Saat ini investasi sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat, salah satunya karena munculnya berbagai aplikasi yang mendukung, yakni OneAset adalah suatu...

Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan syariah untuk keluarga penting dimiliki sebagai upaya pertanggungan atas segala risiko yang akan terjadi. Tentu saja, setiap orang ingin memiliki...

10 Game NFT Terbaik, Seru dan Bisa Hasilkan Cuan Lho!

JAKARTA, duniafintech.com - Game NFT atau non-fungible token terbaik sepertinya penting untuk anda ketahui. Selain asyik dan seru, ternyata game non-fungible token terbaik juga...

Ada Sinyal dari Menteri ESDM, Harga Pertalite Bakal Naik?

JAKARTA, duniafintech.com - Harga BBM jenis pertalite diisukan bakal naik. Rencana kenaikan harga ini dilakukan di tengah keputusan Badan Anggaran (Banggar) DPR yang menolak...
LANGUAGE