32.1 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Didanai Raffi Ahmad, Seperti Apa Profil Startup NOICE Milik Erick Thohir?

JAKARTA, duniafintech.com – Platform konten audio karya anak bangsa NOICE resmi mendapatkan pendanaan alias kucuran dana segar dari RANS Entertainment milik Raffi Ahmad. Terkait pendanaan ini, diharapkan bisa tercipta ekosistem konten audio yang berkualitas di tanah air.

Namun, seperti apa sebenarnya profil NOICE milik Menteri BUMN Erick Thohir tersebut?

Profil NOICE

Dirangkum dari Detik.com, Rabu (9/2/2022), NOICE adalah perusahaan rintisan teknologi asal Indonesia yang berfokus untuk menghadirkan platform konten audio terlengkap. Perusahaan ini berdiri di bawah bendera PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang investasi, jasa konsultan, media digital dengan anak perusahaan yang bergerak di bidang radio.

Menurut laporan keuangan perusahaan, MARI didirikan pada tahun 2006 silam dengan nama PT Genta Sabda Nusantara, lalu berganti nama menjadi PT Mahaka Radio Integra. Kini, perusahaan tersebut punya delapan entitas anak yang bergerak di bidang usaha jasa penyiaran radio.

Kedelapan entitas itu adalah PT Suara Irama Indah (JAK 101 fm), PT Radio Attahiriyah (GEN 98,7 fm), PT Radio Merpati Darmawangsa (HOT 93,2 fm), PT Radio Kirana Insan Suara (KIS 95,1 fm), PT Radio Mustang Utama (MUSTANG 88,0 fm), PT Radio Ramako Djaja Raya (MOST RADIO 105,8 fm), PT Radio Camar (GEN 103.1 fm Surabaya), dan PT Mahaka Radio Digital (NOICE).

Adapun PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) tercatat sebagai grup radio pertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 29 Januari 2016. Mahaka Radio Integra adalah emiten media yang didirikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Diketahui, MARI membangun NOICE dengan visi menjadi wadah dan pemacu ekosistem kreator konten lokal di tanah air, yang menghadirkan fitur streaming podcast, radio, audiobook, dan live audio.

Saat ini, NOICE sudah memiliki jaringan podcast terbesar di tanah air dengan lebih dari 100 konten original dan eksklusif dalam berbagai genre. Dengan berbagai konten yang menarik dan berkualitas, perusahaan ini berupaya untuk menghadirkan screenless moment yang menyenangkan bagi semua pendengar. Aplikasi NOICE pun telah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Baca Juga:

Didanai Raffi Ahmad

Baru-baru ini, NOICE memperoleh pendanaan dari Raffi Ahmad meski tidak diungkap jumlah pendanaan itu. Menurut CEO NOICE, Rado Ardian, suntikan dana dari RANS Entertainment itu menjadi suatu kepercayaan bagi pihaknya.

Pasalnya, hal itu kian mengukuhkan posisi NOICE sebagai platform konten audio lokal terbesar di tanah air.

“Pendanaan ini akan kami gunakan untuk terus mengembangkan konten-konten berkualitas yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Investasi ini hanyalah langkah awal kolaborasi NOICE dan RANS Entertainment,” katanya.

Untuk diketahui, NOICE menjadi platform konten audio lokal terbesar di Indonesia dengan lebih dari 1,5 juta pengguna dan lebih dari 300 konten kreator yang tersebar di berbagai daerah di tanah air.

Di sisi lain, RANS Entertainment adalah salah satu perusahaan terkemuka di industri konten entertainment Indonesia yang didirikan oleh pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Raffi, Nagita, dan RANS Entertainment total memiliki lebih dari 100 juta followers dan subscribers di jejaring media sosial mereka. Hal itu menjadikan Raffi dan Nagita sebagai influencer nomor 1 di Indonesia.

Adapun konten yang dihadirkan oleh RANS Entertainment biasanya membahas soal keseharian keluarga Raffi dan Nagita yang bisa diakses secara visual. Di sisi lain, RANS Entertainment pun punya bisnis di industri gaya hidup lainnya, misalnya RANS Music, RANS Sportainment, RANS FC, RANS Basket, RANS e-sports, dan RANS Beauty.

 

 

 

Penulis: Kontributor / Boy Riza Utama

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU