25.2 C
Jakarta
Jumat, 14 Agustus, 2020

Digitalisasi Surat Izin Mengemudi dengan Blockchain

duniafintech.com – Salah satu manfaat Blockchain adalah bisa melakukan sertifikasi digital, yang memberikan rasa lebih aman ketimbang cara-cara lainnya. Sertifikasi digital itu bisa berupa kepemilikan emas, properti, dll. Seiring perkembangannya Blockchain juga dimanfaatkan untuk digitalisasi Surat Izin Mengemudi. 

Fokus teknologi Blockchain kini merambah pada sektor digitalisasi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Pemerintah New South Wales, Australia, sudah merencanakan atau menjadwalkan akan memanfaatkan Blockchain untuk program uji coba digitalisasi Surat Izin Mengemudi (SIM) pada bulan November tahun ini.

Hal ini diungkapkan oleh pemerintah New South Wales, Australia pada 20 Agustus 2018 akan melakukan uji coba kepada 140.000 pemegang lisensi mengemudi di Negara bagian sebelum peluncuran resmi pada 2019.

Dalam proyek ini, pemerintah New South Wales, Australia bermitra dengan Secure Logic, perusahaan IT asal Australia, di mana Blockchain akan mendukung platform inisiatif untuk mengamankan data secara terdistribusi.

Baca juga: Brad Garlinghouse dan Rahasia di Balik Suksesnya Ripple

Dilansir ZDNet, Platform tersebut diberi nama “TrustGrid”, jaringan Blockchain yang telah diujicoba di Kota Dubbo tahun lalu.

Tujuan program baru ini ditunjukkan untuk menggunakan jaringan terdistribusi guna mengotentikasi dan menyimpan data lisensi driver dan mengevaluasi data digital yang mereka miliki, sehingga mereka tidak perlu membawa surat izin berbentuk fisik, hal ini dikarenakan surai izin mengemudi mereka sudah dalam bentuk digital yakni dapat diakses melalui aplikasi di smartphone masing-masing pemegang lisensi mengemudi.

Selain itu digitalisasi lisensi mengemudi di New South Wales, Australia juga akan memudahkan tugas polisi saat melakukan pemeriksaan lisensi mengemudi terkait usia dan identitas mereka, tak terkecuali ketika mereka masuk ke bar atau lain sebagainya.

Pemanfaatan Blockchain ini sejalan dengan apa yang saat ini sedang diusahakan oleh pemerintah Australia yaitu mengadopsi teknolgi Blockchain hingga ke penjuru negara-negara bagian di Australia.

Yang mana, perencanaan penggunaan Blockchain di Australia mengikuti rancangan undang-undang pada bulan Mei lalu yang isinya membahas mengenai legalitas proyek pemerintah Australia dalam upaya membiarkan penduduk memberikan data lisensi secara digital melalui jaringan Blockchain.

Baca juga: Korea Selatan Buka Pelatihan Profesional Blockchain

Kepercayaan bahwa penggunaan Blockchain akan meningkatkan inkluisi ekonomi digital benar-benar diyakini benar oleh pemerintah Australia dengan terus melakukan pengembangan dan penelitian dalam berbagai bisnis apa saja yang bisa menjalankan bisnis berbasis Blockchain dengan mengandalkan transaksi bisnis berdasarkan smart contract seperti program uji coba digitalisasi pemegang lisensi mengemudi.

Written by : Febrian Surya

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

4 Kebijakan Pinjaman Karyawan Jika Hendak Ajukan Kredit di P2P Lending? Simak Disini

DuniaFintech.com - Meningkatnya kebutuhan sehari-hari ini tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan bulanan alias gaji di kantor. Maka dari itu, mau tak mau...

IBM Rencana Kenalkan Manfaat DeFi Kepada Bank

DuniaFintech.com - Salah satu korporasi teknologi dan piranti lunak terbesar di dunia, International Business Machines (IBM) berencana untuk mengenalkan sistem desentralisasi keuangan,...

Ini Dia Industri yang Berpotensi Tumbuh Lewat Digitalisasi

DuniaFintech.com - Hantaman pandemi COVID-19 membuat setiap pelaku industri harus melakukan perubahan dalam mengelolanya. Terbatasnya aktivitas di masa pandemi, mau tidak mau...

Fintech Ilegal 2020, Berikut Daftar Perusahaannya

DuniaFintech.com - Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan kembali fintech ilegal dari segmen peer to peer (P2P) lending sebanyak 105...

Peluang Usaha dengan Bisnis Untung 200 Ribu per Hari, Ini Pilihannya

DuniaFintech.com - bisnis untung 200 ribu per hari kini bisa didapatkan dengan mudah. Kebanyakan orang saat akan memulai bisnis langsung memiliki keinginan...
LANGUAGE