32.3 C
Jakarta
Senin, 27 Mei, 2024

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini, Simak sebelum Tukar Valas

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, mengacu pada kurs yang ada, tercatat menguat ke level Rp 15.096 pada Rabu (8/2).

Diketahui, rupiah ditutup menguat 0,34% dari perdagangan pasar spot Selasa (Rp 15.148). Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia (BI) rupiah menguat 0,11% pada level Rp 15.122 dibanding Selasa (Rp 15.139).

Nah, buat kamu yang ingin melakukan penukaran valuta asing (valas) dollar Amerika Serikat, referensi kurs dari perbankan ini penting untuk diikuti, seperti dinukil dari Kontan.co.id.

Baca juga: Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan Bank Lainnya, Cek Kurs-nya

Dollar ke Rupiah Hari Ini

1. Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA

Melalui situs resmi BCA, beberapa kurs yang berlaku adalah TT counter, e-rate, dan bank notes. Inilah kurs yang dicatat dari laman BCA (Diperbarui pada pukul 08.35 WIB per 9 Februari 2023)

Kurs e-rate:

Kurs beli Rp 15.114 per dollar AS

Kurs jual Rp 15.134 per dollar AS

Kurs TT counter:

Kurs beli Rp 14.964 per dollar AS

Kurs jual Rp 15.264 per dollar AS

Kurs bank notes:

Kurs beli Rp 14.964 per dollar AS

Kurs jual Rp 15.264 per dollar AS

2. Kurs di Bank Mandiri

Adapun referensi kurs hari ini di Bank Mandiri bisa diikuti oleh nasabah yang ingin menukarkan valas. Melalui situs resmi Bank Mandiri, jenis kurs seperti TT counter, special rate, dan bank notes bisa didapatkan oleh nasabah.

Berikut ini kurs di Bank Mandiri, Kamis, 9 Februari 2023 (Diperbarui 09.45 WIB).

Kurs special rate:

Kurs beli Rp 15.115 per dollar AS

Kurs jual Rp 15.135 per dollar AS

Kurs TT counter:

Kurs beli Rp 14.900 per dollar AS

Kurs jual Rp 15.250 per dollar AS

Kurs bank notes:

Kurs beli Rp 14.900 per dollar AS

Kurs jual Rp 15.250 per dollar AS

3. Kurs di BRI

Pada hari ini, Kamis, 9 Februari 2023, situs resmi Bank Rakyat Indonesia (BRI) menampilkan beberapa kurs, baik di TT counter maupun e-rate. Berikut ini detail kurs yang dikutip dari situs resmi BRI (Diperbarui pada pukul 10.50 WIB):

Kurs e-rate:

Kurs beli Rp 15.120 per dollar AS

Kurs jual Rp 15.140 per dollar AS

Kurs TT counter:

Kurs beli Rp 15.045 per dollar AS

Kurs jual Rp 15.245 per dollar AS

Dollar ke Rupiah Hari Ini – Perbedaan Tingkat Dollar Rupiah 

Perlu diketahui, ada perbedaan tingkat pertukaran dua mata uang ini yang pada kurs TT counter, e-rate, dan bank notes. Penggunaan kurs dua mata uang ini, TT counter hanya berlaku di kala nasabah melakukan setoran atau transfer via counter bank.

Kurs e-rate adalah kurs yang berlaku ketika nasabah melakukan transaksi dengan nilai nominal ekuivalen di atas 25.000 dollar AS. Baik BCA, Mandiri, maupun BRI mengimbau nasabahnya untuk menghubungi cabang terdekat terlebih dahulu.

Baca juga: Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA hingga BRI, Simak sebelum Tukar Valas

Kurs bank notes berlaku ketika nasabah menukarkan uangnya via kantor bank secara langsung. Kurs dua mata uang ini hanya berlaku pada sudut pandang bank. Kurs beli digunakan saat bank membeli dollar dari nasabah dan kurs jual dipakai saat bank menjual dollar ke nasabah.

dollar ke rupiah hari ini

Berita Terkait Dollar ke Rupiah Hari Ini

Melangsir Bisnis.com, nilai tukar rupiah dibuka kembali melemah ke Rp15.123 per dolar AS meskipun indeks dolar AS bergerak sideways.

Menukil data Bloomberg, Kamis (9/2/2023) pukul 09.05 WIB, nilai tukar rupiah melemah 0,19 persen atau 28 poin ke Rp15.123 per dolar AS.

Diketahui, rupiah melemah seiring dengan indeks dolar yang naik tipis 0,02 persen ke 103,39.

Beberapa mata uang kawasan Asia turut melemah hari ini seperti dolar Taiwan melemah 0,05 persen, won Korea Selatan melemah 0,25 persen, ringgit Malaysia melemah 0,21 persen, dan baht Thailand melemah 0,18 persen.

Sebelumnya, Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan pelemahan dolar terjadi usai Ketua Federal Reserve Jerome Powell gagal memberi sinyal baru dari dorongan hawkish terhadap pasar tenaga kerja yang tangguh di AS.

Hal itu membuat investor bertaruh bahwa suku bunga kemungkinan tidak akan naik lebih jauh.

“Dalam sesi tanya jawab di hadapan Economic Club of Washington pada hari Selasa, Powell mengakui bahwa suku bunga mungkin perlu bergerak lebih tinggi dari yang diharapkan jika kondisi ekonomi tetap kuat tetapi menegaskan kembali bahwa dia merasa proses disinflasi sedang berlangsung,” kata Ibrahim dalam riset.

Adanya reli singkat pada greenback setelah laporan pekerjaan blockbuster menunjukkan bahwa nonfarm payrolls telah naik 517.000 pekerjaan pada Januari 2023.

Hal itu membuat indeks dolar AS ke level tertinggi 103,96 pada Selasa (7/2/2023).

Penetapan harga berjangka menunjukkan pelaku pasar berharap kenaikan suku bunga the Fed berada di puncaknya 5,1 persen pada Juni 2023.

Sementara pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk mengajukan calon gubernur dan dua wakil gubernur Bank Jepang kepada parlemen Jepang.

Dari dalam negeri, Indonesia mengalami pertumbuhan perekonomian 5,31 persen pada 2022.

Angka tersebut naik dari 2,61 persen secara year-on-year (YoY). Meski demikian, dia menyebut ada risiko perlambatan perekonomian di Indonesia.

Hal itu sejalan dengan menurunnya harga komoditas dan energi sehingga pasar ekspor diperkirakan melambat dalam beberapa bulan kedepan.

“Tak terkecuali pertumbuhan investasi juga ikut melambat. Melambatnya investasi di Indonesia akibat kenaikan suku bunga,” jelasnya.

Hal ini membuat munculnya risiko perlambatan perekonomian indonesia di 2023. Adapun perekonomian Indonesia diperkirakan tidak seburuk yang diprediksi.

Hal ini terlihat dari kontribusi ekspor Indonesia terhadap PDB hanya 25 persen, sedangkan perekonomian akan tumbuh 4,5 persen sampai 5 persen.

Meski demikian, Ibrahim menyatakan bahwa dampak perekonomian global terhadap Indonesia akan terbatas. Probabilitas Indonesia mengalami resesi pun masih relatif kecil.

Kata Ibrahim lagi, untuk perdagangan hari ini rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif. Namun, berpeluang ditutup menguat pada rentang Rp15.080—Rp15.150.

Baca juga: Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan Bank Lainnya, Cek Kurs di Sini

Sekian ulasan tentang dollar ke rupiah hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU