26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Edukasi Literasi Keuangan Digital Sejak Dini Banyak Manfaat

JAKARTA, duniafintech.com – Edukasi literasi keuangan digital bisa dimulai dari generasi muda, mengingat perkembangan teknologi finansial yang semakin pesat.

Bahkan layanan keuangan digital yang disediakan oleh perusahaan financial technology (fintech) kini sudah bisa diakses dan digunakan dengan mudah, sehingga diperlukan edukasi literasi keuangan digital.

Hal itu disampaikan, Head of Marketing Indodana, Budi Ulia, dalam edukasi literasi keuangan digital, “Muda Paham Fintech” dengan tema Kupas Tuntas Masa Depan Teknologi Finansial di Era Generasi 4.0 di Universitas Tanjungpura (UNTAN), Pontianak, Kalimantan Barat.

Acara edukasi literasi keuangan digital ini juga menyambut Bulan Inklusi Keuangan (BIK), dimana menjadi kesempatan bagi perusahaan fintech untuk menggencarkan sosialisasi dan edukasi keuangan kepada masyarakat luas.

Baca juga: Indodax Trading Fest Oktober 2022 Berhadiah Ratusan Juta, Komitmen Indodax Demi Literasi Keuangan Digital

Dalam kegiatan ini, Indodana hadir memberikan edukasi terkait fintech lending atau peer to peer (P2P) lending bekerja di tengah perkembangan produk layanan keuangan di Indonesia.

“Kami bersama perusahaan fintech lainnya senang bisa berbagi edukasi tentang fintech dan ini juga membantu OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk mengedukasi masyarakat luas. Kami pun senang dengan sambutan dan antusias mahasiswa Universitas Tanjungpura dan komunitas dalam kegiatan ini. Di sini Indodana hadir memberikan edukasi tentang fintech lending yang kini menjadi layanan keuangan populer, dengan kemudahan akses dan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kami pun memastikan kalau Indodana sebagai fintech lending telah aman dan mendapatkan izin dari OJK,” kata Budi.

Baca juga: Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Timpang, Timbulkan Korban

edukasi literasi keuangan digital

Edukasi Literasi Keuangan Digital jadi Faktor Penting Memajukan Ekonomi Digital

Indodana sebagai platform fintech lending telah mendapatkan izin dari OJK pada Mei 2020, dengan memberikan akses lebih luas kepada masyarakat underbanked dalam mengakses produk keuangan. Adapun produk keuangan di Indodana yaitu PayLater dan Installment yang menyediakan limit hingga Rp25 juta.

Layanan keuangan Indodana telah memiliki rekanan lebih dari 10.000 merchant offline dan online. Diantaranya adalah marketplace, fashion & lifestyle, electronic & gadget, digital & travel, dan bahan pokok, serta perabotan.

Edukasi literasi keuangan digital sangat penting dan Indodana telah dipercaya masyarakat lebih dari 8 juta pengguna yang mengunduh aplikasi Indodana dan 95 persen permohonan disetujui kurang dari 5 menit. Pengguna Indodana sendiri masyarakat usia 18-50 tahun lebih, dan mayoritas pengguna berusia 25-30 tahun.

“Berdasarkan data pengguna Indodana, 70 persen diantaranya adalah kelompok milenial dan Gen-Z. Hasil data ini menjadi suatu hal yang tepat bagi kami untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa dan komunitas keuangan usia muda agar bisa lebih mengenal tentang fintech lending, agar mereka aman, nyaman dan tepat guna dalam penggunaannya,” tambah Budi.

Baca jugaBerita Fintech Hari ini: Literasi Keuangan Generasi Muda itu Penting

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE