27.2 C
Jakarta
Rabu, 27 Mei, 2020

Erik Voorhees, Tokoh Kunci Dibalik Pergerakan ShapeShift

DuniaFintech.com – Erik Tristan Voorhees adalah pendiri startup berdarah Amerika-Panama. Dia adalah salah satu pendiri perusahaan bitcoin Coinapult, bekerja sebagai Direktur Pemasaran di BitInstant, dan merupakan pendiri dan pemilik parsial situs judi bitcoin Satoshi Dice (kemudian dijual pada Juli 2013 ke pembeli yang tidak disebutkan namanya)

Dia didenda oleh AS Komisi Sekuritas dan Bursa untuk penawaran saham tidak terdaftar yang terkait dengan SatoshiDice. Dia juga pencipta dan CEO dari bitcoin instan dan pertukaran altcoin ShapeShift.io, setelah mendirikan dan mengoperasikannya di bawah nama alias Beorn Gonthier. Ia kemudian mengungkapkan keterlibatannya yang sebenarnya dengan perusahaan sebagai bagian dari pengumuman pendanaan awal, pada bulan Maret 2015 silam.

Latar Belakang

Berasal dari Colorado, Voorhees kemudian pindah ke Dubai, New York City dan New Hampshire, menjadi peserta dalam Proyek Free State. Voorhees sekarang tinggal di Panama City, Panama. Menurut perintah pengadilan AS dalam kasus SEC, Voorhees adalah warga negara AS pada 3 Juni 2014. Ia bersekolah di Vail Mountain School, dan lulus pada 2007 dari University of Puget Sound.

Voorhees percaya sistem moneter saat ini memiliki masalah sistemik yang serius dengan risiko pihak lawan, bahwa Sistem Federal Reserve “curang” dan menganjurkan pemisahan antara uang dan negara.  Dia menyimpan aset dan keuangannya dalam Bitcoin, dan merupakan penentang perpajakan yang blak-blakan meskipun dia mengajukan ke IRS sebagai warga negara Amerika.

Baca Juga:

Perjalanan Karir

Voorhees adalah pendiri dan mantan CEO Coinapult, sebuah perusahaan yang mentransfer Bitcoin melalui SMS dan email. Dia sebelumnya mendirikan Satoshi Dice. SatoshiDice kemudian dikritik karena tingkat lalu lintas perjudiannya yang tinggi, dan menyebabkan peningkatan jumlah data yang disimpan dalam “rantai blok” Bitcoin.

Pada 8 Maret 2013, ia diwawancarai di podcast komentator keuangan terkenal Peter Schiff oleh Tom Woods tentang Bitcoin sebagai mata uang alternatif. Pada 30 Januari 2015 dia diwawancarai di Podcast Pengetahuan Bitcoin dan membahas karier Bitcoin-nya.

Pada Agustus 2012, sebagai Direktur Pemasaran Voorhees dan BitInstant (salah satu layanan pertukaran kripto pertama yang didirikan oleh Charlie Shrem)  berencana untuk meluncurkan kartu debit yang didanai Bitcoin, yang akan memungkinkan pembelian yang didanai Bitcoin ditransaksikan melalui jaringan bank standar.

Sejak 2014, ia telah menjadi CEO dari platform pertukaran aset kripto yang berbasis di Swiss Shapeshift. Sebelum ke Shapeshift, Voorhees memimpin upaya pemasaran di BitInstant. Voorhees juga ikut mendirikan dompet Bitcoin, prosesor pembayaran dan broker Coinapult.

Pada Januari 2019, Shapeshift memberhentikan sepertiga dari timnya dengan alasan kurangnya fokus pada produk mereka. Pada bulan Mei, Voorhees mengatakan bahwa Bitcoin tidak akan mencapai penilaian triliun dolar tanpa lebih banyak hype orang-orang tentang efek bubble-nya.

Pada bulan Juli, perusahaan miliknya meluncurkan platform pertukaran kripto noncustodial baru yang dirancang untuk mengakomodasi berbagai cold storage wallet, termasuk KeepKey milik Shapeshift. Pada bulan November, Shapeshift mengumumkan peluncuran token FOX untuk memungkinkan perdagangan tanpa biaya di dalam platform mereka.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

Berita sebelumyaBIIDO
Berita berikutnyaSnapEx

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Taralite

Tentang Taralite Taralite hadir untuk memberikan dana pinjaman untuk keperluan bisnismu, karena kami yakin setiap bisnis memiliki kesempatan...

Awan Tunai

Tentang Awan Tunai AwanTunai membantu pemerintah "nambahin” modal warung kelontong yang ada di Indonesia. Kita percaya, setiap orang...

Rupiah Cepat

Tentang Rupiah Cepat Rupiah Cepat dibawah nauangan PT.Kredit Utama Fintech Indonesia (KUFI) adalah salah satu perusahaan penyedia jasa...

1000 Sembako dari PinjamDuit Untuk Masyarakat Terdampak Covid

DuniaFintech.com - Sebanyak 1000 paket sembako berisikan antara lain beras, minyak goreng, sarden kaleng dan mie instan diserahkan PinjamDuit kepada masyarakat terdampak...

Aino

Tentang Aino Aino merupakan solusi pembayaran berbasis teknologi yang membidangi sistem integrator untuk transportasi publik, layanan umum pemerintah,...
Translate