28.3 C
Jakarta
Minggu, 14 Juli, 2024

Fakarich Guru Trading Indra Kenz Kembali Mangkir, Polisi Ancam Jemput Paksa

JAKARTA, duniafintech.com – Fakarich atau yang dikenal guru Indra Kenz terancam dijemput paksa. Pasalnya Fakarich atau dengan nama asli Fakar Suhartami Pratama, yang diduga sebagai mentor Indra Kenz ini, kembali mangkir dari pemanggilan polisi.

Adapun Fakarich diketahui sudah dua kali mangkir dalam pemeriksaan pada kasus dugaan penipuan lewat aplikasi opsi biner (binary option) Binomo yang menyeret Indra Kenz sebagai tersangka.

Menurut Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan Februanto, Fakarich kembali mangkir dari pemanggilan kedua yang sudah dilayangkan tim penyidik untuk diperiksa pada Kamis (31/3/2022) kemarin.

Maka dari itu, sambung Whisnu, tim penyidik bakal menerbitkan surat perintah membawa Fakarich untuk diperiksa sebagai saksi. Hal itu pun dikatakannya sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Artinya, ada ancaman dari kepolisian untuk menjemput paksa sang guru trading Indra Kenz tersebut.

“Mangkir dia. Dipanggil tidak datang, berarti ada upaya membawa (jemput paksa, red) kami nanti,” ucap Whisnu, dikutip dari Tempo.co.

Namun, kata Whisnu lagi, tim penyidik sendiri belum menentukan kapan surat perintah membawa ini bakal diterbitkan. Menurut Whisnu, saat ini, tim penyidik masih menyusun surat perintah membawa itu.

“Sesuai dengan KUHAP, sesuai dengan KUHAP aja, nanti membawa, tapi belum tahu. Nanti, kami susun dulu,” jelasnya.

Fakarich pun sebelumnya diketahui sudah mangkir dari panggilan pertama penyidik Bareskrim Polri pada Senin pekan lalu. Kala itu, tidak ada keterangan apa pun terkait mangkirnya Fakarich.

Lantas, penyidik pun melayangkan panggilan kedua pada Senin lalu, yang meminta Fakarich agar hadir pada Kamis kemarin. Sebagai informasi, penyidik memanggil Fakarich sebagai saksi untuk dimintai keterangannya terkait keterangan Indra bahwa dirinya direkrut seseorang melalui media sosial.

Hal itu pun menegaskan bahwa ada jaringan besar di belakang Indra. Polisi sebelumnya sudah menetapkan Indra Kenz sebagai tersangka kasus penipuan berkedok investasi lewat aplikasi binary option (opsi biner) pada platform Binomo.

Indra sendiri dilaporkan oleh sejumlah korbannya ke Bareskrim Mabes Polri pada Februari 2022 lalu.

Ini Peran Fakarich Yang Dikenal Sebagai Guru Indra Kenz

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Masyarakat (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, menyatakan bahwa peran Fakarich dalam kasus ini adalah yang bersangkutan sering merekrut afiliator Binomo via media sosial.

“Peran Fakarich merupakan perekrut afiliator Binomo di media sosial,” ucapnya di Mabes Polri, Senin (28/3/2022) lalu.

Kala itu, penyidik pun melayangkan surat panggilan kedua kepada Fakarich untuk menghadiri pemeriksaan kasus Indra Kenz. Namun, pada hari itu, Fakarich tidak hadir.

“Hari ini sudah dilayangkan panggilan kedua,” sebut Gatot.

Jika Fakarich kembali mangkir dari panggilan kedua, sambung Gatot, pihaknya akan melakukan upaya jemput paksa. Meski demikian, Gatot belum mengungkap jadwal pasti pemeriksaan terhadap Fakarich di Bareskrim Polri.

“Kalau tidak datang, dilakukan upaya jemput paksa,” tandasnya.

 

Penulis: Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU