26.6 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Cara Gadai Laptop di Pegadaian, Apa Saja Syaratnya?

JAKARTA, duniafintech.com – Sedang mencari gadai laptop terdekat untuk mendapatkan pinjaman tunai? Gadai laptop di Pegadaian bisa menjadi solusinya.

Gadai tunai sendiri merupakan alternatif untuk memperoleh dana segar bagi masyarakat yang belum bisa mengakses layanan perbankan. Selain aman dan terdaftar di OJK, gadai laptop melalui Pegadaian pun terbilang mudah.

Laptop sendiri termasuk salah satu barang yang bisa digadaikan di Pegadaian. Lantas, apakah bisa gadai laptop di Pegadaian syariah? Tentu saja bisa. Untuk menggadaikan laptop di Pegadaian, nasabah dapat memanfaatkan layanan Gadai Elektronik dari KCA (Kredit Cepat Aman).

KCA adalah kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. KCA menjadi solusi terpercaya untuk memperoleh pinjaman yang mudah, cepat, dan tentu saja aman.

Keuntungan Gadai Laptop melalui Pegadaian

Mengutip laman resmi Pegadaian, inilah sejumlah keuntungan jika menggadaikan laptop di Pegadaian.

Mudah dan cepat

Pertama, tentu saja lebih mudah dan cepat untuk mencairkan dana jika gadai laptop melalui Pegadaian. Pasalnya, kamu hanya perlu menyerahkan KTP dan barang jaminan.

Untuk barang jaminan berupa laptop, sertakan juga bukti pembelian asli dari toko. Setelah lengkap, kamu harus membubuhkan tanda tangan di formulir khusus.

Semua proses ini berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Kalau lembaga menyetujui pengajuan kredit maka selanjutnya kamu bisa menerima dana secara tunai atau nontunai.

Tenor dan sistem pembayaran fleksibel

Biasanya, lembaga formal peminjaman uang akan memberlakukan tenor gadai laptop maksimal 120 hari. Kalau kamu belum bisa melunasi sampai batas tenor maka lembaga itu akan memberikan perpanjangan berulang kali. Syaratnya adalah kamu harus mencicil barang agunan sesuai dengan nilai penyusutan.

Pelunasan mudah

Lembaga gadai laptop yang formal akan memberikan kemudahan dalam pelunasan meski belum jatuh tempo. Kamu bisa membayarnya tanpa mesti khawatir terkena denda atau syarat yang memberatkan.

Cicilan ringan

Selain itu, lembaga formal peminjaman uang pun akan menetapkan nominal cicilan per hari sesuai kemampuan kreditur. Bunga yang dibebankan juga ringan dan flat.

Kalau kamu tidak ingin dikenai bunga maka sebaiknya pilih pinjaman tenor 60 hari. Akan tetapi, untuk jenis pinjaman ini, kreditur mesti membayar lunas ketika jatuh tempo.

Syarat Gadai Laptop melalui Pegadaian

Ada sejumlah syarat bagi kamu yang hendak menggadaikan laptop di Pegadaian. Selain laptop yang menjadi agunan, syarat lainnya adalah kuitansi asli dari laptop yang kamu beli untuk menunjukkan kisaran harga barang tersebut.

Di samping itu, siapkan juga data diri berupa KTP dan dokumen lain yang diperlukan agar proses gadai yang Anda lakukan tidak menemui kendala. Selanjutnya, petugas akan membantumu untuk menaksir harga pinjaman yang bisa diperoleh dari kondisi laptop yang akan digadaikan.

Berikut syarat gadai laptop melalui Pegadaian secara rinci:

1. Fotokopi KTP atau identitas resmi lainnya.

2. Menyerahkan barang jaminan yaitu laptop beserta kuitansi aslinya.

3. Nasabah menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK).

Baca juga: 3 Cara Kredit HP di Akulaku, Mudah Kok!

Gadai Laptop di Pegadaian

Cara Gadai Laptop di Pegadaian

Kala semua persyaratan tadi sudah lengkap maka kamu bisa menggadaikan laptop di Pegadaian, dengan panduan berikut ini:

1. Datang ke kantor cabang Pegadaian terdekat dengan membawa persyaratan lengkap.

2. Isi formulir pengajuan pinjaman cepat di kantor cabang Pegadaian terdekat.

3. Kamu juga bisa mendaftar online lewat Pegadaian Digital Service.

4. Kemudian, petugas dari Pegadaian akan menaksir dan menilai barang jaminan laptop kamu.

5. Apabila disetujui maka uang akan ditransfer ke rekening kamu atau diserahkan dalam bentuk tunai.

Gadai Laptop di Pegadaian tanpa Kwitansi

Sebagai informasi, kwitansi adalah salah satu komponen penting saat ingin menggadaikan suatu barang, tidak terkecuali di Pegadaian. Akan tetapi, kalau memang kamu tidak memilikinya maka ada cara yang bisa diterapkan sebagai solusi dari permasalahan itu.

Penting dipahami, cara gadainya sendiri juga sama dengan prosedur untuk barang lain. Namun, risikonya adalah harga barang akan menjadi rendah. Bahkan, juga ada sejumlah Pegadaian yang tidak akan memproses pengajuan tanpa kwitansi. Berikut ini panduannya.

Membaca syarat & ketentuan

Sebelum menggadaikan barang, kamu tentunya perlu mengetahui syarat yang diberlakukan oleh Pegadaian. Kamu pun hanya perlu membawa fotokopi KTP dan laptop yang ingin digadai lalu mengisi formulir di Pegadaian sebagai syarat tambahan.

Menyiapkan dokumen

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti pada syarat dan ketentuan. Tidak sulit untuk menyiapkan dokumen ini sebab kamu tinggal membawa fotokopi KTP/SIM dan formulir yang dapat diperoleh saat melakukan pengajuan di Pegadaian.

Secara umum, persyaratan seputar dokumen ini berlaku di Pegadaian di Indonesia. Syarat yang tersirat, yakni peminjam harus berada di usia legal (18 tahun).

Membawa laptop dan komponennya

Kalau kamu tidak punya kuitansi pembelian barang tersebut maka kamu masih bisa melakukan gadai melalui Pegadaian. Inilah cara gadai laptop lewat Pegadaian tanpa kwitansi:

1. Datang ke gerai tempat kamu membeli laptop sebelumnya dan minta kwitansi baru.

2. Kemudian, datangi kantor Pegadaian terdekat dan sampaikan tujuan kamu.

3. Isi formulir dan sertakan KTP beserta laptop. Proses pun selesai.

Gadai Laptop di Pegadaian Dapat Berapa?

Berapa besaran pinjaman yang diperoleh dari gadai laptop lewat kantor cabang Pegadaian? Sebenarnya, besaran pinjamannya akan ditentukan oleh nilai harga taksiran laptop tersebut.

Kalau kamu gadai macbook di Pegadaian atau juga laptop, taksiran pinjamannya pada angka Rp1—10 juta rupiah, bahkan juga bisa lebih.

Baca juga: Cara Mencairkan Blibli Paylater serta Syaratnya

Gadai Laptop Online

PT Pegadaian saa ini juga telah menyediakan layanan offline untuk proses gadai barang. Adapun gadai online ini bisa dilakukan via aplikasi Pegadaian Digital.

Terkait barang-barang yang bisa digunakan sebagai transaksi gadai, di antaranya perhiasan, logam mulia, ponsel, elektronik, kendaraan, dan juga laptop. Panduan melakukan transaksi gadai online adalah sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi Pegadaian Digital di AppStore atau Play Store.

2. Daftarkan diri di akun Pegadaian Digital.

3. Pilih menu Gadai.

4. Pilih barang jaminan yang ingin digadai.

5. Masukkan detail barang, seperti merek, tipe, tahun pembelian, harga jual sekarang (untuk ponsel), dan lain sebagainya. Masing-masing barang jaminan memiliki punya detail yang berbeda.

6. Aplikasi akan menunjukkan besaran kredit yang bisa diberikan dari gadai barang jaminan Anda, berikut juga jangka waktu pelunasan.

7. Pilih layanan pickup & delivery service.

8. Pinjaman dari transaksi gadai akan dikirimkan ke rekening yang terdaftar di aplikasi Pegadaian Digital kamu.

Itulah informasi seputar cara gadai laptop di Pegadaian yang bisa kamu coba. Namun, sebelum melakukan gadai laptop melalui Pegadaian, pastikan ya bahwa kamu sudah melakukan survei terlebih dahulu dan memahami sistem gadai laptop lewat Pegadaian supaya tidak terjadi kesalahpahaman nantinya.

Baca juga: Ammana PayLater Syariah: Tempat Kredit Barang tanpa Bunga

Simak informasi lengkap seputar dunia Kripto dan Fintech hanya di Duniafintech.com

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Mubazir!

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan...
LANGUAGE