26 C
Jakarta
Kamis, 8 Desember, 2022

Gagal Ginjal Akut Pada Anak Viral, Begini Tips Mencegahnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kasus gagal ginjal akut misterius yang menyerang ratusan anak usia 6 bulan-18 tahun dalam dua bulan terakhir kini tengah menyita perhatian.

Berkaca dari temuan kasus ini, apa sebenarnya yang menyebabkan gagal ginjal akut misterius pada anak?

Gagal ginjal akut pada anak seperti diketahui memiliki gejala diare, mual muntah, demam selama 3-5 hari, batuk, pilek, sering mengantuk serta jumlah air seni/air kecil semakin sedikit bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali, menjadi gejala yang mengarah kepada gagal ginjal akut.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta Ngabila Salama mengungkapkan, sampai saat ini penyebab pasti gagal ginjal akut misterius pada anak tersebut masih belum diketahui. Meski begitu, ada beberapa dugaan penyebab, yaitu infeksi virus, bakteri, dan sebagainya.

Melansir dari Duitpintar.com memberikan tips langkah yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya gagal ginjal.

Baca jugaMelindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan, Antisipasi Penyakit Musim Hujan

gagal ginjal akut pada anak

Langkah Mencegah Gagal Ginjal Akut pada Anak maupun Dewasa

1. Kelola Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah dalam Tubuh 

Mengelola kadar gula darah dan tekanan darah dalam level normal menjadi hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit gagal ginjal.

Seperti diketahui, salah satu penyebab risiko seseorang terkena penyakit jantung dan gagal ginjal adalah penyakit diabetes. Itu hanya salah satu alasan mengapa penting untuk kita dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, tekanan darah tinggi juga telah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung serta gagal ginjal.

2. Makan Diet Jantung Sehat

Diet jantung sehat, yaitu rendah gula, rendah kolesterol, tinggi serat, tinggi biji-bijian, tinggi  buah-buahan dan sayuran juga diyakini dapat membantu mencegah penambahan berat badan yang bisa berkontribusi terhadap gagal ginjal.

3. Cukup Minum Air Putih

Dehidrasi dapat mengurangi aliran darah ke ginjal sehingga dapat merusak organ tubuh satu ini. Untuk mencegah dehidrasi, coba perbanyak minum air putih.

Untuk mengetahui seberapa banyak harus minum air putih per hari, Anda bisa menanyakan kepada dokter.

4. Kurangi Asupan Garam 

Makan terlalu banyak garam kerap kali dikaitkan dengan tekanan darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan gagal ginjal.

5. Berikan Perlindungan Maksimal dengan Proteksi Terbaik Atasi Gagal Ginjal Akut pada Anak

Langkah lainnya yang tak kalah penting dilakukan untuk pencegahan adalah memiliki asuransi kesehatan untuk melindungi keuangan dari risiko kesehatan yang mungkin terjadi selama masa berlakunya polis. Dengan kata lain, saat jatuh sakit, Anda mengalihkan risiko keuangan kepada pihak asuransi.

Seperti diketahui, asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang memberikan jaminan biaya ketika kita sebagai nasabah mengalami gangguan kesehatan baik sakit atau kecelakaan.

Asuransi kesehatan akan menanggung biaya rumah sakit, seperti biaya rawat inap, dokter, obat, dan tindakan, hingga biaya operasi berdasarkan syarat yang tertera dalam polis asuransi.

Baca juga: Ulasan Lengkap Asuransi Kesehatan Anak hingga Cara Belinya

Itulah langkah-langkah yang penting dilakukan untuk menjaga diri agar tidak mengalami gagal ginjal akut baik dewasa maupun anak. Semoga bermanfaat!

Baca jugaAsuransi Kesehatan Anak: Rekomendasi Produk & Cara Memilihnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE