26 C
Jakarta
Kamis, 8 Desember, 2022

Melindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan, Antisipasi Penyakit Musim Hujan

JAKARTA, duniafintech.com – Melindungi diri dengan asuransi kesehatan nampak menjadi salah satu faktor penting dalam mengarungi musim hujan akhir-akhir ini.

Musim hujan tahun ini diprediksi oleh BMKG maju lebih awal dibanding normalnya, yakni pada September 2022. Curah hujan yang tinggi dan turun hampir setiap hari dengan durasi bisa lebih dari sekali dalam sehari telah menyebabkan meluapnya kali dan sungai sehingga beberapa titik pemukiman dan ruas jalan menjadi tergenang dan banjir.

Dampaknya, banyak yang mengalami kerugian finansial akibat rusaknya kendaraan, bangunan, dan ada potensi ancaman penyakit. Karena itu melindungi diri dengan asuransi kesehatan merupakan salah satu pilihan bijak.

Saat musim hujan terjadi perubahan cuaca yang cukup ekstrim dan menyebabkan suhu udara relatif lebih dingin. Medical Underwriter Sequis dr Debora Aloina Ita Tarigan mengatakan bahwa tubuh manusia sangat sensitif pada perubahan suhu sehingga tubuh akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur, sehingga perlu menjalankan pola hidup sehat serta melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Hal ini dapat memengaruhi daya tahan tubuh. Itu sebabnya, saat musim pancaroba seringkali orang menjadi sakit karena imunitasnya terganggu.

“Beberapa penyakit yang rentan menyerang saat musim hujan adalah Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), yakni batuk, pilek, influenza, dan bronkitis, ada juga penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dari nyamuk Aedes Aegypti, yakni penyakit Zika (Zika disease), Demam Berdarah Dengue (DBD), dan demam Chikungunya. Selain itu, gangguan penyakit pada musim hujan dapat juga disebabkan oleh patogen (bakteri, parasit, jamur). Terutama menyerang daerah yang terdapat banyak sampah dan terkena banjir. Jika sampah mengkontaminasi bahan makanan, makanan siap saji, atau air maka ketika dikonsumsi dapat menghancurkan sel-sel tertentu pada tubuh dan menyebabkan penyakit demam tifoid, kolera, dan disentri juga hepatitis,” sebut  dr Debora.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Anak: Rekomendasi Produk & Cara Memilihnya

Melindungi diri dengan asuransi kesehatan juga berupaya mengantisipasi penyakit lainnya yang patut diwaspadai saat musim hujan adalah ancaman penyakit paru-paru basah. Jika udara terlalu dingin, ruangan kurang mendapatkan cahaya matahari, dan sirkulasi/pertukaran udara kurang maka ruangan dapat menjadi lembab.

Tempat yang lembab dapat meningkatkan perkembangbiakan virus, bakteri, jamur, dan tungau. Apalagi, jika ruangan kotor, banyak debu, dan sering digunakan untuk merokok.

Alhasil, mereka yang rutin menggunakan ruangan tersebut mudah terkena penyakit paru-paru basah. Sehingga nampaknya dinilai penting untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

“Mengetahui apakah seseorang terkena penyakit paru-paru basah, dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis paru. Nanti, dokter akan melakukan wawancara medis, melakukan pemeriksaan fisik, dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan dahak, darah, x-ray paru, atau CT (Computer Tomography) Pemeriksaan ini untuk mendeteksi beberapa masalah paru. Jika ditemukan cairan menumpuk, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah terjadi peradangan sel kanker atau infeksi melalui USG dada Ultrasound,” sebut dr. Debora.

Pada beberapa kondisi paru-paru basah kemungkinan tidak berat dan bisa sembuh dengan cepat. Sebaliknya, jika sudah terinfeksi paru-paru basah tapi dibiarkan atau tidak disembuhkan secara medis maka penyakit dapat berkembang lebih berat dan serius.

Pasien kerap membutuhkan bantuan ventilator pada perawatan Intensive Care Unit (ICU). Pemasangan alat bantu pernapasan dilakukan karena salah satu gejala paru-paru basah adalah kesulitan bernapas atau sesak napas. Pada beberapa orang kondisi tersebut bisa membahayakan jiwa.

“Jika mengalami gejala batuk kering dan demam, sulit bernafas saat berbaring, dan terasa nyeri di dada hingga terasa sesak nafas dalam jangka waktu yang panjang atau berulang, jangan sampai kita abai, menebak-nebak, atau berusaha menyembuhkan sendiri. Semakin cepat dikenali maka semakin cepat ditangani dokter dan mengurangi risiko penyakit semakin parah,” imbuh dr. Debora.

Dr. Debora menyarankan agar rumah tangga Indonesia memperhatikan kebersihan dalam rumah dan memastikan kamar tidur memiliki ventilasi udara yang baik. Ia juga menyarankan agar senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air bersih serta gunakan masker di lingkungan berpolusi atau bila dekat dengan orang yang tampak sedang flu dan batuk.

Ada baiknya juga jika anggota keluarga dibentengi dengan vaksin influenza dan vaksin pneumonia (vaksin PCV) karena virus ini bekerja dengan cara menginfeksi saluran pernapasan bagian atas dan menyebabkan pneumonia.

Baca juga: Asuransi Kesehatan BCA — Daftar Produk, Polis, dan Manfaatnya

melindungi diri dengan asuransi kesehatan

Melindungi Diri dan Niat Hidup Sehat Perlu Dibarengi dengan Memiliki Asuransi Kesehatan

Semua orang ingin selalu sehat. Itu sebabnya, kesadaran mengubah gaya hidup semakin meningkat. Sangat baik jika kita rutin berolahraga, cukup istirahat, dan memperbaiki pola makan agar imunitas tetap terjaga.

Sayangnya, beberapa hal tidak bisa kita ubah, seperti cuaca ekstrim dan paparan polusi serta virus dari orang sekitar. Akibatnya, gangguan kesehatan tetap rentan terjadi. Maka asuransi kesehata bisa menjadi jawaban dalam melindungi diri.

Jika semua penyakit mudah atau cepat disembuhkan tentu kita tidak perlu khawatir. Sayangnya, banyak penyakit yang bisa menular dan sebagian cepat berkembang. Saat penyakit berkembang lebih serius, tentu pasien perlu mendapat penanganan lebih serius.

Masalahnya, biaya pengobatan untuk beberapa penyakit bahkan jika divonis sudah masuk kategori penyakit kritis akan membutuhkan biaya pengobatan yang tinggi dan nilainya tidak dapat diprediksi saat awal pengobatan. Alternatif yang dapat dimanfaatkan adalah menggunakan BPJS kesehatan.

Fasilitas BPJS kesehatan telah memberikan kemudahan bagi masyarakat terutama untuk sejumlah penyakit kritis. Tetapi, sebetulnya telah membuat biaya pelayanan kesehatan terus bertambah.

Itu sebabnya pemerintah mendorong masyarakat melakukan pemeriksaan dini agar lebih cepat penanganannya sehingga dapat mencegah kenaikan biaya pelayanan kesehatan. Disisi lain tidak semua penyakit dapat menjadi tanggungan BPJS kesehatan dan untuk mendapatkan pengobatan, pasien harus memenuhi rujukan medis berjenjang.

Solusi terbaik adalah tidak hanya mengandalkan BPJS kesehatan semata tapi memiliki jaring pengaman finansial, yakni melindungi diri dengan asuransi kesehatan tambahan agar saat memerlukan rawat inap dan rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap bisa segera mendapatkan pengobatan. Hal ini disampaikan oleh Head of Digital Channel Sequis, Antonius Tan.

“Asuransi kesehatan sangat besar manfaatnya untuk melindungi diri membantu pasien agar segera mendapatkan pengobatan dan menjaga keberlangsungan finansial keluarga. Sayangnya, besar manfaat melindungi diri yang bisa didapatkan dari asuransi belum sejalan dengan kesadaran memiliki asuransi kesehatan. Untuk mendorong minat dan kesadaran memiliki asuransi kesehatan ini, Sequis menyediakan kanal asuransi online, yaitu Super You by Sequis Online agar masyarakat dapat membeli asuransi kesehatan yang memiliki manfaat yang mumpuni dengan mudah. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong semakin banyak masyarakat berasuransi. Kanal asuransi online memberikan kemudahan sehingga dapat menjangkau semua lapisan masyarakat dari sisi ekonomi, usia hingga geografis,” sebut Anton.

Hingga saat ini untuk melindungi diri, penetrasi asuransi jiwa terhadap jumlah populasi penduduk Indonesia masih rendah, yaitu baru mencapai angka 8% (Sumber: AAJI 6 September 2022).

“Menjadi harapan kita bersama agar industri asuransi dapat berkontribusi meningkatkan perekonomian domestik. Kesadaran masyarakat untuk melindungi diri serta keluarganya dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan akan membantu menjaga kesejahteraan keluarga dan mendorong kontribusi aset industri terhadap PDB demi menjadikan Indonesia sebagai negara maju. Untuk itu, kami menghadirkan sejumlah asuransi kesehatan, jiwa,dan kecelakaan yang dapat dibeli secara cepat, mudah, dan premi terjangkau melalui kanal online,” sebut Antonius.

Salah satu produk asuransi kesehatan untuk melindungi diri yang disediakan oleh Sequis melalui kanal asuransi online Super You by Sequis Online adalah Super Easy Health Protection. Premi yang ditawarkan mulai dari Rp135 ribu dengan manfaat perlindungan kesehatan menyeluruh untuk perawatan medis mulai dari rawat inap serta rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap.

Manfaat yang diberikan pun cukup mumpuni, yakni manfaat rawat jalan untuk kemoterapi, radioterapi, fisioterapi, terapi okupasi, hemodialisa, dan biaya rawat jalan darurat (termasuk perawatan gigi) akibat kecelakaan dengan pertanggungan hingga Rp1 miliar.  Sistem klaimnya  juga dilengkapi dengan fasilitas cashless sehingga nasabah bisa mendapatkan manfaat rawat inap di Indonesia yang biaya perawatannya akan ditanggung oleh Sequis sesuai tagihan (as charged).

Baca juga: Ini Tips Mendapatkan Asuransi Kesehatan Murah untuk Keluarga

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE