25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Ini Tips Mendapatkan Asuransi Kesehatan Murah untuk Keluarga

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan murah untuk keluarga sangat penting untuk dimiliki. Namun, bagaimana sih cara mendapatkannya?

Hal ini memang boleh disebut gampang-gampang susah ya. Di samping itu, bahkan banyak juga orang yang beranggapan bahwa premi asuransi keluarga lebih mahal daripada asuransi individu.

Karena anggapan itu, segelintir orang pun akhirnya mengurungkan niat untuk mendaftarkan anggota keluarganya dalam asuransi kesehatan.  Padahal, anggapan tadi keliru loh!

Nah, simak terlebih dahulu yuk tips berikut ini agar kamu bisa mendapatkan asuransi kesehatan murah untuk keluarga, seperti disadur dari Lifepal.

Apa Itu Asuransi Kesehatan Keluarga?

Pada dasarnya, asuransi kesehatan untuk keluarga adalah polis yang menanggung biaya perawatan atau pengobatan di rumah sakit maupun klinik dan lain sejenisnya untuk tertanggung keluarga.

Baca jugaTips Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

Itu berarti, satu polis berlaku untuk seluruh anggota keluarga (maksimal 5 orang) sekaligus. Cara kerja polisnya juga cukup sederhana. Sekalipun hanya menggunakan satu polis, besaran premi untuk tiap anggota keluarga akan berbeda-beda.

Misalkan, besaran premi untuk ayah dan ibu lazimnya akan lebih tinggi dibandingkan anak-anak. Inilah beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan:

– Maksimum anggota adalah lima orang (ayah, ibu, dan tiga orang anak). Lebih dari lima orang akan dikenakan biaya premi tambahan.

– Polis asuransi akan berakhir begitu anggota keluarga tertua mencapai usia pertanggungan maksimum asuransi.

– Polis asuransi tidak menanggung batas usia anak yang ditentukan dalam polis asuransi.

Asuransi Kesehatan Murah untuk Keluarga

Tips Mendapatkan Asuransi Kesehatan Murah untuk Keluarga

1. Jangan Hanya Fokus pada Premi Murah

Ketika mencari asuransi kesehatan keluarga, sebaiknya kamu jangan hanya berfokus pada premi mudah, tetapi perhatikan juga limit tahunan/uang pertanggungan yang diberikan perusahaan asuransi.

Sebaiknya, kamu pilih limit tahunan atau uang pertanggungan yang sebanding dengan biaya rumah sakit saat ini. Misalkan, kamu sebaiknya mencari polis asuransi yang menanggung biaya kamar rawat inap, paling rendah Rp200 ribu.

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir akan adanya risiko biaya tambahan/excess yang disesuaikan dengan tagihan rumah sakit. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu tergiur hanya dengan premi murah sebab boleh jadi kamu malah harus mengeluarkan uang besar saat terjadi kerugian. 

2. Bandingkan dengan Polis Lain

Jika ingin mendapatkan asuransi kesehatan murah untuk keluarga dengan manfaat terbaik maka kamu perlu melakukan riset dengan membandingkan polis-polis asuransi yang ada. Polis asuransi memuat informasi hak dan kewajiban kamu dengan perusahaan asuransi, termasuk perlindungan dari penyakit apa saja yang dicover dalam polis asuransi.  

Baca jugaJenis-jenis Asuransi Perjalanan yang Harus Diketahui Traveler

Misalkan, ada asuransi seperti Axa dan Cigna yang mengcover biaya kesehatan di luar negeri atau dengan cakupan negara tertentu. Akan tetapi, juga ada polis asuransi yang hanya mengcover biaya pengobatan di dalam negeri.

Nah, sebaiknya, bandingkan minimal lima perusahaan asuransi yang menurutmu terbaik. Perhatikan juga kredibilitas perusahaan dan review nasabah di media atau rekan yang telah menggunakan produknya.

3. Pilih Asuransi Kesehatan Murni jika Ingin Mendapatkan Asuransi Kesehatan Murah untuk Keluarga

Saat memilih produk asuransi kesehatan, kemungkinan ada dua jenis yang ditawarkan, yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan plus investasi/asuransi unit link. Pada asuransi kesehatan murni, pemilik polis umumnya akan mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dengan premi yang lebih murah.

Sementara itu, pada pilihan asuransi unit link, lazimnya besaran preminya lebih mahal ketimbang asuransi murni sebab alokasi dana premi akan dibagi menjadi dua, yakni untuk manfaat asuransi dan investasi. 

Nah, sejumlah perencana keuangan menyarankan untuk tidak mencampurkan asuransi dengan investasi sekaligus sebab kedua manfaat yang diperoleh tidak akan maksimal.

4. Pelajari dan Teliti Polis dengan Baik

Usahakan pula agar kamu memahami secara cermat setiap poin yang ada di dalam polis asuransi. Umumnya, setiap polis asuransi akan menyertakan semacam glosarium yang memuat istilah-istilah teknis di asuransi.

Kamu harus memahami glosarium itu dengan baik supaya kamu lebih mudah dalam membaca berbagai ketentuan yang akan disepakati. Perhatikan juga konteks pengecualian yang termuat dalam polis.

Biasanya, asuransi kesehatan memuat pengecualian pada risiko kesehatan yang timbul akibat kesalahan pengguna, seperti melakukan tindak kriminal dan lain sebagainya. 

Di jenis asuransi kesehatan standar, sejumlah penyakit berat tidak tercover dalam tanggungan sehingga jika pengguna mengalaminya maka ia harus menanggung biayanya sendiri. Pastikan bahwa kamu telah mempelajari dan meneliti polis asuransi dengan baik.

5. Lakukan negosiasi diskon sebagai Upaya Mendapatkan Asuransi Kesehatan Murah untuk Keluarga

Supaya kamu mendapatkan asuransi murah dan terpercaya, cobalah cari perusahaan asuransi besar yang ada peluang potongan harganya. Misalkan saja asuransi kesehatan AXA yang bisa memberikan diskon hingga 50% untuk anak kedua dan seterusnya jika kamu memilih asuransi keluarga. 

6. Pilih Manfaat Asuransi yang Dibutuhkan

Ketahui juga apakah dari pihak keluarga ada riwayat penyakit berat tertentu sehingga kamu perlu mencari polis asuransi yang dapat mengcover penyakit tersebut di kemudian hari. Supaya lebih jelas, gunakan hasil medical check up untuk mengetahui risiko kesehatan apa yang kemungkinan terjadi.  

Kalau kamu tidak punya riwayat penyakit maka sebaiknya tidak perlu ambil manfaat tambahan atau rider penyakit kritis sehingga preminya pun bisa lebih murah. Akan tetapi, kalau ada riwayat penyakit kritis atau kondisi lainnya yang membutuhkan rider maka kamu bisa mengambil manfaat tambahan sesuai kebutuhan. 

7. Ambil Asuransi Sejak Usia Muda 

Lazimnya, harga asuransi akan dipengaruhi oleh usia tertanggung sehingga pemegang asuransi yang masih muda berkesempatan dapat premi yang lebih murah. Hal itu terjadi karena perusahaan asuransi memandang orang berusia muda kemungkinan terhadap risiko kesehatannya lebih rendah ketimbang orang berusia lanjut. 

Oleh sebab itu, selagi masih muda atau baru saja berkeluarga, sebaiknya kamu langsung mendaftarkan asuransi kesehatan murah untuk keluarga. Tidak perlu tunggu memiliki anak baru bisa mendaftarkan diri dalam asuransi kesehatan keluarga ya. Kamu dan pasangan pun bisa tergabung dalam polis yang sama, yakni asuransi kesehatan keluarga. 

8. Manfaatkan Broker Asuransi untuk Mendapatkan Asuransi Kesehatan Murah untuk Keluarga

Terakhir, kalau kamu masih ragu dalam memilih produk asuransi kesehatan yang bagus untuk keluarga maka kamu bisa memakai jasa broker supaya lebih yakin lagi. Broker asuransi  ini berperan dalam mengidentifikasi kebutuhan dan kondisi finansial kamu saat memilih asuransi sehingga ia bisa membantu kamu memilih polis asuransi yang tepat. 

Bukan itu saja, peranan broker ini pun bisa memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang aman dan menjembatani proses negosiasi kedua belah pihak. Penggunaan broker asuransi ini telah diatur dalam undang-undang dan sah secara hukum. 

Dalam hal ini, kamu bisa mendatangi broker asuransi untuk memperoleh placing slip, yang nantinya berguna untuk menyelesaikan urusan terkait klaim dan hal lainnya secara cepat di antara broker dengan perusahaan asuransi. 

Sekian ulasan tentang asuransi kesehatan murah untuk keluarga dan tips untuk mendapatkannya yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba ya!

Baca juga5 Kelebihan Menggunakan Asuransi Perjalanan, Tips Buat Para Traveler Nih!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE