25 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Tips Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

Apakah kamu suka bepergian ke luar kota? Jika iya, sudakah kamu memiliki asuransi perjalanan atau travel insurance? Jika belum, tentu harus tahu tips memilih asuransi perjalanan. Pasalnya, asuransi jenis ini memberikan sejumlah keuntungan dan manfaat bagi para penggunanya.

Tidak hanya melindungi penggunanya saat melakukan perjalanan, tapi travel insurance juga melindungi kerusakan bagasi dan dokumen penting yang hilang. Selain itu, untuk kamu yang mempunyai rumah dan sering kosong karena ditinggal bepergian, maka asuransi ini akan menjaganya untukmu. Bermanfaat sekali, bukan?

Tips Memilih Asuransi Perjalanan bagi Pemula

Bagi kamu yang seorang traveler, penting sekali untuk mempunyai asuransi perjalanan. Apalagi jika ingin mengunjungi negara Eropa. Karena untuk masuk ke Eropa harus menggunakan visa yang didukung oleh asuransi perjalanan agar bisa diterima. Nah, bagi kamu yang ingin mempunyai asuransi tersebut, berikut beberapa tips memilihnya.

  1. Melakukan Riset

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan riset. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang menawarkan beragam asuransi, termasuk asuransi perjalanan. Namun, tidak semua perusahaan jasa menghasilkan layanan yang berkualitas dan bisa dipercaya.

Alhasil, jika salah pilih, maka kamu akan mengalami kerugian. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan riset untuk mengetahui apa saja jenis atau perusahaan terbaik yang menawarkan asuransi perjalanan. Ada beberapa rekomendasi travel insurance terbaik, seperti AXA Travel Insurance, Zurich, Allianz, dan Traveloka Protect.

  1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Tips memilih asuransi perjalanan yang kedua adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Dengan begitu, kamu bisa tahu jenis asuransi yang bisa dipilih. Biasanya, kebutuhan perjalanan yang dimaksud adalah durasi perjalanan, jumlah individu, tujuan perjalanan, sampai frekuensi perjalanan.

Jika kamu tergolong sering atau hampir setiap hari melakukan perjalanan jarak jauh, baik domestik atau internasional, maka bisa memilih asuransi perjalanan tahunan. Hal ini karena premi asuransi yang harus dibayar relatif kecil dan terbilang ekonomis.

  1. Memilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Ada lagi tips lainnya yang bisa kamu coba untuk mencari asuransi perjalanan terbaik. Caranya adalah dengan memilih perusahaan asuransi yang kredibel. Mengingat hampir semua transaksi dan informasi bisa diakses secara online, pastinya mudah untuk menemukan perusahaan mana yang kredibel.

Caranya bisa melihat review yang ada di internet, apakah banyak ulasan positif atau negatif. Selain itu, kamu juga bisa membandingkannya dengan polis asuransi lain. Temukan asuransi yang benar-benar menguntungkan dan bermanfaat untuk kebutuhan. Alhasil, kamu tidak akan merasa rugi atau beban saat membayar premi.

  1. Memperhatikan Syarat Minimum

Dalam setiap asuransi, pastinya mempunyai syarat yang berbeda-beda, meski hampir secara keseluruhannya sama. Oleh karena itu, penting untuk melihat syarat minimum asuransi yang akan dipilih sebagai cara memilih travel insurance dengan tepat.

Biasanya syarat minimum bisa terlihat dari minimal dana pertanggungan dan sebagainya. Kamu bisa mengecek persyaratan tersebut di website asuransi yang dipilih. Namun, jika kamu tipikal orang yang ingin terima beres dan tidak mau repot, gunakan jasa pengurusan asuransi. Namun, kamu harus siap ketika diminta biaya yang sangat besar.

  1. Memahami Isi dari Polis Asuransi

Salah satu kesalahan yang membuat orang merasa rugi ketika memilih asuransi perjalanan adalah tidak membaca isi polis asuransi. Padahal ini sangat penting sebelum kamu benar-benar memutuskan menggunakan asuransi tersebut.

Dari polis asuransi, kamu bisa tahu apa saja perjanjian selama menggunakan asuransi dan berapa persentase premi yang harus dibayar. Selain itu, biasanya isi polis asuransi mencakup apa saja keuntungan atau perlindungan yang didapatkan oleh nasabahnya. Jadi, jika nasabah merasa kurang puas, bisa memilih asuransi lain.

Kesimpulan

Tips memilih asuransi perjalanan terkadang memang membuat orang bingung. Apalagi jika asuransi tersebut mempunyai banyak keunggulan yang menggiurkan. Tidak heran jika ada orang yang menggunakan jasa pengurusan asuransi karena tidak ingin rumit.

Jika kamu mempunyai banyak dana yang besar, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa. Namun, jika minim akan modal, ada baiknya untuk mengikuti tips memilih asuransi perjalanan di atas. Pastikan juga asuransi yang dipilih sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, ya agar terhindar dari penipuan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE