31.7 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

5 Keuntungan Menggunakan Asuransi Perjalanan, Traveler Wajib Tahu!

Apakah Anda sudah tahu keuntungan menggunakan asuransi perjalanan? Atau Anda baru tahu jika ada asuransi untuk perjalanan? Asuransi ini sering disebut sebagai travel insurance yang menyediakan perlindungan bagi seseorang yang berada dalam perjalanan. Lebih tepatnya, asuransi tersebut digunakan untuk seseorang yang suka bepergian jarak jauh.

Salah satunya adalah Anda yang suka menjelajahi dunia. Atau jika Anda seorang CEO atau sekretaris yang sering bepergian ke luar negeri, maka asuransi tersebut sangat dibutuhkan. Apalagi beberapa negara ternyata membutuhkan asuransi jenis ini, lho. Sebut saja negara Eropa, Jepang, Korea, Asia, dan Amerika Serikat.

Mengenal Asuransi Perjalanan Lebih Jauh

Jenis asuransi satu ini bertujuan untuk melindungi seseorang yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh. Risiko yang akan ditanggung oleh asuransi tersebut adalah sakit, kecelakaan, sampai kematian. Namun, tidak hanya itu saja, tapi juga bertanggung jawab saat Anda mengalami kehilangan barang berharga, bagasi, dan kehilangan paspor.

Ada beberapa jenis travel insurance yang harus Anda ketahui. Mulai dari asuransi berdasarkan jangka waktu, berdasarkan jumlah nasabah, destinasi perjalanan, sampai jenis perjalanan.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Perjalanan

Setelah mengetahui lebih jelas tentang travel insurance, ada baiknya untuk mengetahui keuntungan di dalamnya. Alhasil, Anda tidak akan ragu lagi untuk menggunakan asuransi tersebut. Berikut sejumlah keuntungan sekaligus alasan penting kenapa travel insurance sangat penting bagi para traveler.

  1. Memberikan Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Terkadang rencana sering kali hanya menjadi wacana, bukan? Kadang rencana dan jadwal yang sudah disusun sedemikian rupa bisa gagal karena sesuatu hal yang terjadi. Salah satunya saat maskapai mengalami keterlambatan bahkan pembatalan jadwal penerbangan. Tentunya hal ini bisa membuat orang merasa kesal, terlebih jika Anda sedang buru-buru.

Nah, jika Anda menggunakan travel insurance, maka Anda tidak akan mengalami kerugian atas pengeluaran biaya. Hal ini karena beberapa perusahaan asuransi menyediakan pertanggungan jika penerbangan mengalami keterlambatan atau pembatalan perjalanan.

  1. Menanggung Biaya Perawatan Medis

Salah satu masalah yang sering terjadi saat melakukan perjalanan adalah sakit. Tentunya kondisi ini sangat menyebalkan dan terkadang menimbulkan kerugian. Dengan adanya asuransi perjalanan terbaik, maka Anda bisa mendapatkan tanggungan biaya perawatan medis.

Tidak hanya itu saja, asuransi ini juga memberikan tanggungan terhadap risiko kematian. Katakan saja Anda sakit selama perjalanan, kemudian mengalami masa kritis yang berujung kematian, maka asuransi tersebut sangat bermanfaat. Pihak asuransi akan memberikan biaya pertanggungan dan menjadi solusi untuk keluarga yang ditinggalkan.

  1. Berkunjung dengan Visa Schengen

Destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan banyak diminati adalah negara Eropa. Jika Anda ingin pergi ke sana, maka penting untuk mengajukan Visa Schengen. Karena melalui bisa tersebut, traveler bisa bebas menjelajahi negara di Eropa yang masuk dalam perjanjian Visa Schengen.

Namun, untuk bisa mendapatkan visa tersebut dibutuhkan travel insurance. Tanpa adanya asuransi tersebut, visa yang Anda ajukan akan ditolak. Oleh karena itu, penting mempunyai asuransi perjalanan saat berkunjung ke negara tersebut.

  1. Perlindungan Rumah

Keuntungan menggunakan asuransi perjalanan lainnya terletak pada perlindungan rumah. Terkadang, meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama membuat sebagian orang khawatir. Namun, hal ini tidak akan Anda rasakan lagi saat mempunyai travel insurance.

Hal ini karena perusahaan asuransi memberikan perlindungan terhadap tempat tinggal selama Anda melakukan perjalanan. Tentunya hal ini sangat menguntungkan untuk Anda sekeluarga yang suka melakukan jalan-jalan ke dalam atau luar negeri.

  1. Kehilangan Dokumen Perjalanan

Asuransi jenis ini akan memberikan atau membayarkan biaya penerbitan dokumen yang hilang. Jadi, saat Anda kehilangan dokumen penting saat berada di luar negeri, Anda bisa melaporkannya. Selain dokumen perjalanan, kehilangan bagasi atau kerusakan lainnya terkait perjalanan juga bisa dilaporkan, lho.

Kesimpulan

Melihat keuntungan di atas pastinya sangat bermanfaat sekali, bukan? Khusus Anda yang suka bepergian jarak jauh, ada baiknya untuk mencoba asuransi perjalanan. Saat ini ada banyak sekali contoh asuransi perjalanan yang bisa dipilih dengan baik.

Apa pun perusahaan asuransi yang Anda pilih, pastikan asuransi tersebut terpercaya dan menguntungkan, ya. Yuk, ikut travel insurance agar Anda bisa mendapat keuntungan menggunakan asuransi perjalanan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Anuitas: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerja

Anuitas adalah metode penghitungan bunga pinjaman dalam rangka memudahkan nasabah membayar angsuran setiap periodenya. Biasanya, sistem yang diterapkan adalah bunga mengambang atau efektif (floating...

Belum Punya Asuransi Kartu Kredit? Simak Pertimbangannya di Sini

Asuransi kartu kredit adalah produk perlindungan finansial yang diberikan oleh penerbit kartu kredit (CC atau credit card) kepada nasabah mereka. Proteksinya meliputi pembebasan tagihan...

Jenis Aset yang Bisa Dijadikan Agunan ke Bank dan Lembaga Keuangan

Jenis aset agunan adalah barang berharga yang diserahkan sementara sebagai syarat utama ketika hendak mengajukan pinjaman dalam jumlah yang besar ke bank atau lembaga...

Tips Pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen agar Cepat Disetujui

Kredit Pemilikan Apartemen adalah produk pembiayaan dari lembaga pembiayaan atau bank bagi nasabah yang ingin membeli apartemen. Adapun satu daya tarik untuk punya apartemen, salah...

Valkyrie Diperkirakan Luncurkan Bitcoin Futures ETF pada Pekan Ini

Dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF) berbasis berjangka kedua akan ditayangkan pada akhir pekan setelah peluncuran ETF Strategi Bitcoin ProShares hari ini. Hal...
LANGUAGE