32.5 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Beli Asuransi Online Terbaik di Indonesia, Ini Rekomendasinya

Beli asuransi online merupakan bagian dari cara penjualan asuransi di Indonesia, yang terdampak oleh tingginya pertumbuhan pengguna internet di tanah air saat ini. Pertumbuhan ini salah satunya melalui gencarnya penjualan asuransi lewat media digital.

Untuk diketahui, situs beli asuransi online yang direkomendasikan di bawah ini berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Perusahaan Asuransi Online

Dewasa ini, beberapa perusahaan asuransi menawarkan masyarakat untuk beli asuransi online lewat situsnya sendiri. Langkah ini terbilang bagus sebab menawarkan kanal pemasaran online buat masyarakat sejalan dengan era digital. Namun, tidak hanya perusahaan asuransi diketahui yang jual secara online sebab saat ini marketplace pun ikut menjual asuransi secara online untuk semakin memperluas akses masyarakat.

Berikut ini rekomendasinya:

  1. Asuransi Sun Life

Perusahaan asuransi Sun Life Financial Indonesia bekerja sama dengan Bank CIMB Niaga sejak tahun 2021 dalam menawarkan asuransi yang dapat dibeli secara online untuk produk asuransi X-Tra Active Pro dan X-Tra Active Plus. Kedua produk ini memiliki kelebihan umum, antara lain:

  • Hanya perlu satu kali bayar untuk perlindungan 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.
  • Bisa double claim dengan BPJS atau asuransi lain.
  • Dibeli secara online langsung terima e-polis dan perlindungan aktif.
  • Manfaat ditransfer langsung ke rekening nasabah.
  • Tanpa batasan rumah sakit.

Adapun manfaat utamanya adalah sebagai berikut:

  • Asuransi X-tra Active Plus

Produk ini memberikan santunan rawat inap akibat kecelakaan atau penyakit menular hingga senilai Rp1,6 juta per hari dan manfaat meninggal dunia lantaran sebab apa pun hingga 80 juta rupiah. Preminya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp300 ribu per tahun.

  • Asuransi X-Tra Active Pro

Produk ini memberikan santunan rawat inap akibat kecelakaan atau penyakit menular hingga Rp800 ribu per hari, manfaat meninggal dunia karena kecelakaan hingga Rp80 juta, manfaat meninggal dunia karena kecelakaan motor hingga Rp160 juta, dan manfaat meninggal dunia hingga Rp240 juta. Untuk preminya dari Rp180 ribu per tahun.

Untuk informasi tambahan, kedua produk asuransi di atas sangat mudah untuk dibeli secara online melalui website Sun Life Indonesia.

  1. Asuransi AXA

Perusahaan asuransi AXA sejak tahun 2018 lalu menawarkan beli online untuk produk asuransi sebagai berikut:

– Asuransi Kesehatan

Beli asuransi kesehatan online dapat dilakukan untuk AXA Hospital Plus Life yang merupakan asuransi kesehatan dan jiwa. Produk ini memberikan manfaat penggantian biaya rawat inap rumah sakit dan santunan duka serta manfaat pengembalian premi 100% di tahun ke-12, baik terjadi klaim Rawat Inap atau tidak klaim (ROP). Bukan cashless kartu, klaim mekanisme pengajuan.

– Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa online LIFE & SAVE memberikan perlindungan nasabah berupa meninggal dunia dan jika tertanggung tetap hidup sampai masa akhir masa perlindungan.

– Asuransi Mobil

AXA SmartDrive yang melindungi kendaraan dengan asuransi kendaraan komprehensif dan manfaat yang luas.

– Asuransi Perjalanan

AXA SmartTraveller merupakan asuransi perjalanan online yang melindungi Penundaan Perjalanan; Perlindungan Terhadap Bagasi dan Barang Milik Pribadi; dan Pengurangan Perjalanan. AXA  travel insurance Indonesia diperlukan, salah satunya, sebagai syarat pengajuan visa Schengen Eropa.

Untuk cara pengajuan beli asuransi online di AXA bergantung pada produk yang dipilih sebab untuk asuransi jiwa dan kesehatan dikelola oleh AXA Financial dan untuk asuransi umum oleh AXA General Insurance. AXA diketahui menggabungkan semua bisnis asuransi miliknya di Indonesia dalam satu website sehingga konsumen bisa mendapatkan penawaran produk yang komprehensif.

Pada situs AXA, juga tersedia informasi dan edukasi soal asuransi, termasuk cara klaim online. Proses klaim merupakan hal yang sangat penting buat nasabah.

  1. FWD

FWD adalah PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”) yang merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group. Untuk cara daftar dan beli di FWD, yakni:

  • Masuk ke website FWD yang khusus untuk beli asuransi online.
  • Pilih  pekerjaan.
  • Lengkapi data diri dan pilih metode pembayaran yang sesuai.
  • e-policy akan dikirim ke email.

Adapun jenis asuransi dijual online FWD, antara lain:

– Asuransi Kecelakaan Diri

Manfaat Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan sampai dengan Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah). Manfaat diberikan untuk kecelakaan akibat kegiatan berisiko tinggi, termasuk nonton konser, travelling, atau olahraga ekstrem.

– Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Asuransi jiwa term life online dengan Uang Pertanggungan (UP) hingga Rp1.000.000.000 untuk meninggal dunia kecelakaan di tahun pertama dan kedua. Untuk UP hingga Rp1.000.000.000 untuk meninggal dunia akibat sebab apapun di tahun ketiga dan seterusnya. Bisa diperpanjang secara tahunan sampai usia 80 tahun. Batas usia masuk dari usia 18 sampai 55 tahun.

  1. Asuransi Zurich

Asuransi Zurich menjual asuransi perjalanan secara online. Portal online pemesanan asuransi perjalanan Zurich dapat diakses di Zurich Click. Di web itu, calon peserta dapat memasukkan data perjalanan di portal Zurich guna memperoleh penawaran harga premi dan coverage asuransi perjalanan.

Zurich travel insurance menjadi salah satu asuransi yang bisa digunakan untuk pengurusan visa Schengen ke Eropa. Ketika pengajuan, calon peserta akan langsung mengetahui jumlah premi berdasarkan paket asuransi perjalanan Zurich yang dipilihnya.

Menariknya, proses klaim asuransi dapat dilakukan secara online melalui situs Zurich click. Di samping itu, juga bisa dengan mengecek status klaim yang telah diajukan. Fasilitas klaim online itu sangat membantu sebab proses klaim selalu menjadi concern utama nasabah. Melalui pengajuan klaim yang bisa via online, pasti akan sangat membantu pemegang polis.

  1. JagaDiri

JagaDiri merupakan portal asuransi PT Central Asia Financial (CAF) yang mengantongi izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 13 Maret 2013 dan menjadi anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Jagadiri menawarkan berbagai produk asuransi secara online, di antaranya:

– Asuransi Kesehatan

Beli asuransi kesehatan di JagaDiri dengan produk yang ditawarkan antara lain:

  1. Perlindungan Demam Berdarah
  2. Satu premi untuk sekeluarga, termasuk rawat jalan dan jika tidak klaim uang dikembalikan uang 25%
  3. Premi mulai dari 90 ribuan per bulan (untuk usia 20 tahun Plan 300) dan jaminan uang kembali.

– Asuransi Kecelakaan

Perlindungan kecelakaan dan premi kembali.

– Asuransi Jiwa online

Asuransi ini ditawarkan jika tertanggung Meninggal bukan karena kecelakaan maka penanggung akan membayar Manfaat Pertanggungan kepada Ahli Waris sebesar 100 (seratus) % Uang Pertanggungan dan selanjutnya pertanggungan atas diri Tertanggung berakhir.

Apabila Tertanggung Meninggal Dunia karena kecelakaan maka Penanggung akan membayar Manfaat Pertanggungan kepada Ahli Waris sebesar 200% (dua ratus persen) Uang Pertanggungan meninggal dunia akibat sakit dan selanjutnya pertanggungan atas diri Tertanggung berakhir.

Portal Komparasi Keuangan

Di samping perusahaan asuransi di atas, saat ini juga hadir cara pemasaran asuransi digital lainnya, yakni portal komparasi keuangan. Portal itu menawarkan dan menjual produk keuangan, di antaranya asuransi, dari berbagai perusahaan. Calon peserta dapat membandingkan secara leluasa dan mengajukan permohonan asuransi lewat situs tersebut.

Meski demikian, penting digarisbawahi bahwa portal komparasi ini bukan perusahaan asuransi, melainkan pihak yang bermitra dengan perusahaan asuransi sehingga pada dasarnya situs ini merupakan broker asuransi online. Cara kerja portal komparasi asuransi adalah sebagai berikut:

  • Calon nasabah menyampaikan data pribadi.
  • Berdasarkan data konsumen tersebut, portal kemudian memilah, menganalisis, dan menyampaikan daftar produk asuransi yang cocok dengan profil nasabah.
  • Nasabah memilih dan portal menyampaikan secara sistem digital ke perusahaan asuransi.
  • Keputusan dari perusahaan asuransi.

Mengenai klaimnya, nasabah tidak dapat melakukan klaim asuransi secara online lewat portal ini. Pasalnya, portal ini hanya mengelola sales penjualan asuransi. Adapun untuk klaim, nasabah harus mengurus sendiri dengan berhubungan langsung ke perusahaan asuransi.

Daftar marketplace asuransi yang bisa menjadi rekomendasi adalah sebagai berikut:

  1. Tokopedia Asuransi

Raksasa e-commerce Tokopedia ternyata berjualan asuransi secara online. Beli asuransi kesehatan online juga dapat dilakukan melalui marketplace ini.

Tokopedia saat ini diketahui hanya menawarkan Asuransi Kesehatan, yang menawarkan keuntungan, mulai dari penanggungan biaya perawatan rumah sakit, persalinan, hingga kecelakaan.

Fitur menarik dari beli asuransi kesehatan online di Tokopedia, antara lain:

  • Terdapat 52 perusahaan asuransi menawarkan asuransi kesehatan. Pilihannya bervariasi sesuai kriteria yang diinginkan.
  • Calon nasabah bisa memilih sesuai filter, yaitu: Cashless; Rawat Inap; Rawat Jalan; Rawat Gigi serta Indemnity. Ada pilihan pula, premi kembali, atau premi tidak kembali.
  • Melakukan sortir berdasarkan kriteria yang dipilih. Misalnya, premi termurah atau benefit kamar terbesar. Sortir ini membantu proses pemilihan dengan lebih cepat.
  • Mudah membandingkan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lain dalam hal manfaat, premi dan kriteria asuransi kesehatan. Anda bisa bandingkan maksimal 3 perusahaan.
  1. Cermati

Cermati melayani dan membantu masyarakat menemukan produk keuangan terbaik di tanah air. Di situs Cermati, seseorang dapat mencari, membandingkan, dan mengajukan produk finansial tanpa dikenakan biaya. Terdapat 3 jenis produk asuransi yang ditawarkan di situs ini, yaitu asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, dan asuransi mobil. Mereka diketahui juga memiliki kerja sama dengan banyak partner perusahaan asuransi.

  1. CekAja

CekAja merupakan portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial. Portal ini, salah satunya, menawarkan perbandingan produk asuransi. Produk asuransi yang ditawarkan cukup lengkap, yang dibagi dalam dua kategori besar, yakni asuransi umum dan asuransi kesehatan dan jiwa.

Asuransi umum meliputi asuransi kendaraan, perjalanan, properti, mikro, kecelakaan diri, dan elektronik, sementara asuransi jiwa dan kesehatan meliputi kesehatan, jiwa term life, unit link, DPLK, dan BPJS.

  1. PasarPolis

PasarPolis adalah portal asuransi online di Indonesia yang membantu masyarakat dalam memilih asuransi untuk solusi perlindungan bagi individu dan keluarga. Mereka diketahui bekerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi untuk menyediakan opsi-opsi perlindungan. Portal ini menyediakan pilihan asuransi untuk kesehatan, kendaraan, dan perjalanan.

Untuk cara pengajuan dilakukan dengan pengisian data secara online, lalu data pribadi, dan kemudian harga premi akan ditampilkan.

  1. RajaPremi

RajaPremi menjadi portal asuransi online yang fokus pada produk asuransi umum (general), yaitu asuransi mobil, asuransi motor, asuransi truk, asuransi kecelakaan diri, asuransi properti, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, dan asuransi jiwa untuk pasar Indonesia.

Diketahui, RajaPremi.com bermitra dengan beberapa perusahaan asuransi di Indonesia, di antaranya Asuransi Central Asia (ACA), Autocillin (Asuransi Adira), Asuransi Sinar Mas, Asuransi Malacca, Asuransi MNC, Asuransi BESS, Asuransi Umum AVRIST, Asuransi Jasindo Indonesia, dan AXA.

  1. AturDuit

AturDuit diketahui juga menjual asuransi mobil secara online. Portal tersebut menyediakan simulasi asuransi untuk menentukan pilihan asuransi mobil all risk atau TLO yang termurah. AturDuit meneruskan aplikasi online ke mitra perusahaan asuransi yang bekerja sama.

Portal ini menyediakan pilihan variasi pilihan produk asuransi mobil dari 14 perusahaan asuransi. Untuk mengetahui fitur dan detail lengkap tentang masing-masing produk, calon nasabah dapat masuk langsung ke masing-masing website produk itu, yang tersedia di portal AturDuit.

Keuntungan Beli Asuransi Online

  1. Tidak perlu bertemu dengan sales agen asuransi.
  2. Tidak dibatasi waktu dan tempat.
  3. Kesempatan mendapatkan premi murah.
  4. Melalui pembelian online akan mendapatkan akses review produk.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

ARTIKEL TERBARU