25 C
Jakarta
Senin, 18 Oktober, 2021

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan yang Harus Diketahui Traveler

Apakah kamu sudah tahu jenis asuransi perjalanan? Bisa dibilang, asuransi perjalanan menjadi salah satu asuransi yang sangat penting. Apalagi jika kamu sering melakukan perjalanan jarak jauh, baik untuk bisnis atau pun untuk liburan. Pasalnya, asuransi tersebut mempunyai segudang manfaat.

Selain berguna untuk melindungi penggunanya dari kecelakaan yang tidak terduga, asuransi perjalanan juga berguna untuk melindungi dokumen atau barang penting lainnya. Terlebih jika kamu ingin pergi ke luar negeri, khususnya negara Eropa. Cara agar bisa masuk ke sana, kamu membutuhkan visa yang didukung dengan asuransi perjalanan.

Jenis Asuransi Perjalanan

Masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan untuk kamu yang menginginkan auransi perjalanan. Salah satunya bisa menjaga rumah yang ditinggali selama melakukan perjalanan. Nah, bagi kamu yang ingin menggunakannya, pastikan untuk mengetahui beberapa jenis asuransi perjalanan di bawah ini.

1. Single Trip Insurance

Salah satu jenis travel insurance yang harus diketahui adalah Single Trip Insurance. Jenis asuransi ini masuk ke dalam kategori asuransi jangka pendek. Asuransi tersebut bisa digunakan untuk kamu yang tidak rutin melakukan perjalanan jarak jauh atau hanya berapa kali dalam setahun.

2. Annual Trip Insurance

Jenis-jenis asuransi perjalanan kedua yang bisa dipilih adalah Annual Trip Insurance. Jenis asuransi ini ditujukan kepada kamu yang sering atau rutin melakukan perjalanan jarak jauh. Misalnya, satu minggu sekali atau satu bulan sekali. Meski tujuan kamu untuk liburan, asuransi ini siap menanggung, lho.

3. Group Travel Insurance

Apakah kamu sering melakukan perjalanan atau liburan bersama teman-teman? Atau perusahaan kamu sering mengadakan tur bersama? Jika iya, asuransi ini bisa dipilih. Biasanya, perusahaan besar akan menggunakan jenis asuransi tersebut untuk melindungi para karyawannya selama liburan.

Selain itu, jika kamu sering melakukan perjalanan bersama keluarga, asuransi ini juga bisa dipilih, lho. Tentunya akan lebih hemat menggunakan jenis ini jika dibandingkan dengan membeli asuransi perorangan untuk setiap anggota keluarga.

4. Individual Travel Insurance

Bagi kamu yang suka me-time dan melakukan perjalanan pribadi, asuransi ini bisa dipilih. Sesuai dengan namanya, jenis asuransi tersebut dikhususkan untuk satu orang saja. Namun, pertimbangkan lagi sebelum kamu memilih jenis asuransi tersebut, ya.

5. Asuransi Perjalanan Terbaik Berdasarkan Tempat Tujuan

Ada lagi jenis asuransi perjalanan lainnya yang bisa dipilih, yakni berdasarkan tujuan atau tempat perjalanan. Biasanya, asuransi ini terbagi menjadi dua, yakni perjalanan domestik dan perjalanan internasional. Baik domestik atau internasional, kamu bisa memilihnya dengan baik sesuai dari pengalaman dan keinginan.

6. Asuransi Perjalanan Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Beberapa orang melakukan perjalanan dengan tujuan untuk liburan, tapi ada pula yang melakukan perjalanan untuk menemui sanak saudara. Ada lagi orang yang melakukan perjalanan demi kepentingan bisnis. Nah, kamu bisa memilih asuransi terkait tujuan saat melakukan perjalanan.

Jika tujuan perjalanan untuk tujuan wisata atau traveling, maka bisa memilih asuransi perjalanan wisata. Namun, jika tujuan wisatanya untuk perjalanan bisnis, maka pilihlah asuransi perjalanan bisnis.

7. Student Assist

Jenis-jenis asuransi perjalanan lainnya adalah student assist. Asuransi ini ditujukan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Sebut saja negara Amerika, Asutralia, Malaysia, Perancis, Inggris, dan lainnya. Dengan kata lain, jenis asuransi tersebut dikhususkan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri.

8. Travel Insurance untuk Haji dan Umrah

Bagi kamu yang ingin melakukan ibadah di tanah suci, maka bisa memilih jenis asuransi tersebut. Asuransi ini akan memberikan perlindungan secara penuh kepada nasabah yang melakukan perjalanan khusus sebagai calon jamaah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat ingin menunaikan ibadah suci.

Kesimpulan

Jenis asuransi perjalanan di atas tentunya bisa disesuaikan oleh masing-masing nasabah. Sebelum memilih jenisnya, pastikan lebih dulu manfaat dan keuntungannya bagi kamu. Setelah itu, barulah menentukan ingin jangka pendek atau panjang, ingin pribadi atau grup, ingin liburan atau bisnis, dan lain sebagainya.

Beberapa jenis-jenis asuransi perjalanan di atas bisa kamu pilih di produk asuransi yang menurut kamu terbaik. Meski banyak produk asuransi yang bisa referensi, tapi jangan sampai salah pilih, ya. Yuk, manfaatkan asuransi perjalanan untuk membuat perjalanan semakin menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...

Panduan Mendapatkan iDeb OJK dan Memperbaiki Kualitas Kredit

Informasi debitur atau iDeb OJK adalah ukuran yang digunakan oleh lembaga keuangan untuk menilai apakah pengajuan pinjaman disetujui atau ditolak. Informasi debitur ini dulunya...

Cara Menghitung Biaya Provisi Bank BNI dan Bank Lainnya

Biaya provisi Bank BNI adalah biaya yang dibayarkan kepada Bank BNI sebagai balas jasa karena pengajuan kredit atau KPR nasabah disetujui. Biaya ini, termasuk...

Ketahui Bahaya Gestun Kartu Kredit dan Tips Menghindarinya di Sini

Gesek tunai kartu kredit atau juga sering disebut gestun adalah langkah serta tindakan yang masih sering dilakukan oleh para pemegang kartu kredit. Biasanya, tindakan...

Dijamin Aman, Inilah Daftar Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil Bulanan

Salah satu solusi bagi keperluan yang mendesak untuk memiliki dana tunai adalah pinjaman uang dicicil bulanan. Pinjaman yang ada pun bisa diajukan lewat bank...
LANGUAGE