26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Cari Perusahaan Asuransi Jiwa Kredit Terbaik? Ini Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar perusahaan asuransi jiwa kredit berikut ini penting diketahui oleh para calon nasabah asuransi yang satu ini.

Secara umum, pengertian asuransi jiwa kredit adalah suatu produk kerja sama bank dengan perusahaan asuransi jiwa kredit yang memberikan manfaat berupa pelunasan kredit kepada bank jika nasabah asuransi yang memanfaatkan fasilitas kredit (debitur) meninggal dunia.

Dengan begitu, sepanjang periode pertanggungan berlaku, perusahaan asuransi akan melunasi utang nasabah saat risiko meninggal dunia terjadi. Nah, untuk mengetahui selengkapnya, simak yuk ulasan di bawah ini, seperti disadur dari Lifepal.

Perusahaan Asuransi Jiwa Kredit: Jenis-jenis Asuransinya

Terdapat tiga (3) jenis asuransi jiwa kredit yang bisa kamu pilih, dengan uraian sebagai berikut.

1. Standard

Asuransi yang satu ini akan memberikan perlindungan pengembalian/pelunasan sisa kredit sesuai jadwal jika debitur mengalami musibah yang menyebabkan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan dalam jangka waktu asuransi masih berlaku.

Baca juga: Ini Tips Mendapatkan Asuransi Kesehatan Murah untuk Keluarga

Pada jenis ini, nilai uang pertanggungan akan menurun sejalan dengan menurunnya besar pinjaman. Biasanya, jenis ini digunakan untuk pinjaman dengan cicilan tetap, misalnya kredit KPR, mobil, dan yang sejenisnya.

2. Berjangka

Ini adalah asuransi yang akan memberikan perlindungan pembayaran santunan sebesar pokok kredit awal jika debitur mengalami musibah yang menyebabkan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan dalam jangka waktu asuransi masih berlaku. Adapun besarnya uang pertanggungan bernilai tetap selama jangka waktu pinjaman.

Lazimnya, asuransi jenis yang satu ini dimanfaatkan untuk pinjaman dengan cicilan bunga, misalnya kredit usaha kecil atau menengah dan sejenisnya.

3. Joint Life

Merupakan asuransi jiwa kredit yang akan memberikan perlindungan bersama debitur suami dan istri sekaligus, berupa pembayaran santunan sebesar pokok kredit awal dan/atau sebesar sisa kredit sesuai jadwal apabila salah satu debitur mengalami musibah yang menyebabkan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan dalam jangka waktu asuransi masih berlaku.

Perusahaan Asuransi Jiwa Kredit

Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa Kredit Terbaik

1. Equity Life Indonesia sebagai perusahan asuransi jiwa kredit terbaik

Program asuransi ini dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap jiwa kreditur (nasabah asuransi) sehingga pengembalian kredit sesuai dengan jadwal.

Terdapat beberapa jenis asuransi jiwa kredit yang ditawarkan oleh Equity Life Indonesia, di antaranya asuransi jiwa kredit standar, kredit berjangka, dan kredit joint life, yang masing-masingnya punya kelebihan tersendiri. Nantinya, kamu bisa memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2. MNC Life

Asuransi berikut ini akan memberikan jaminan perlindungan jiwa bagi nasabah penerima kredit atau pinjaman jika terjadi risiko meninggal dunia sepanjang masa pinjaman sehingga keluarga pun akan terbebas dari sisa pinjaman yang belum dibayarkan.

Baca jugaJenis-jenis Asuransi Perjalanan yang Harus Diketahui Traveler

Produk asuransi ini menawarkan dua manfaat utama sebagai berikut:

– Uang pertanggungan menurun: jika peserta meninggal dunia disebabkan sakit atau kecelakaan, penanggung akan memberikan uang pertanggungan yang menurun dari waktu ke waktu berupa sisa pokok pinjaman yang belum dilunasi oleh tertanggung, tanpa memasukkan bunga tunggakan dan denda jika ada. Setelah pinjaman lunas, pertanggungan akan berakhir.

– Uang pertanggungan tetap: jika peserta meninggal dunia disebabkan sakit atau kecelakaan, penanggung akan memberikan uang pertanggungan sebesar 100 persen dan untuk selanjutnya pertanggungan akan berakhir.

3. PFI Mega Life juga merupakan perusahaan asuransi jiwa kredit terbaik

Asuransi dari PFI Mega Life diketahui akan memberikan perlindungan terhadap jiwa kreditur sebagai tertanggung atas risiko meninggal dunia dengan sebab apa saja. Terdapat 2 manfaat yang ditawarkannya:

– Perlindungan jiwa: jika tertanggung meninggal dunia dalam masa pinjaman maka kepada pemegang polis akan dibayarkan sebesar sisa pinjaman dan selanjutnya pertanggungan asuransi akan berakhir.

– Kedua adalah pelunasan pinjaman: jika tertanggung melakukan pelunasan pinjaman sebelum jatuh tempo pinjaman (sebelum masa pinjaman berakhir) maka kepada tertanggung akan dibayarkan nilai tunai (kalau ada) dan selanjutnya pertanggungan asuransi akan berakhir.

Berikut ini syarat dan ketentuan seorang kreditur untuk dapat menjadi nasabah PFI Mega Life:

– Usia masuk tertanggung 20—64 tahun (ulang tahun terdekat). Dalam hal ini, usia masuk tertanggung ditambah masa pinjaman harus tidak melebihi 65 tahun.

– Masa pertanggungan asuransi 1—20 tahun.

– Dipasarkan lewat jalur distribusi bancassurance.

– Cara pembayaran preminya adalah sekaligus.

4. Chubb Life

Produk dari Chubb Life ini diketahui akan menawarkan 2 manfaat terpisah untuk calon nasabahnya, yakni:

– Manfaat meninggal dunia: jika tertanggung meninggal dunia maka penanggung akan memberikan manfaat asuransi meninggal dunia (menurun sesuai dengan tabel manfaat yang dibuat oleh Chubb Life kepada pihak bank).

– Manfaat pelunasan: jika tertanggung melakukan pelunasan maka penanggung akan memberikan manfaat pelunasan sesuai dengan penghitungan dari Chubb Life.

Inilah sejumlah ketentuan dari asuransinya:

– Merupakan asuransi jiwa berjangka.

– Usia nasabah adalah 18—74 tahun.

– Maksimal perlindungan hingga usia 75 tahun.

– Periode kontrak selama 3 bulan—15 tahun.

– Uang pertanggungan maksimal Rp150 juta.

– Masa pembayaran premi tunggal dilakukan secara sekaligus dan premi bulanan dilakukan selama masa pembayaran premi.

– Metode pembayaran secara sekaligus dan bulanan.

Manfaat Memiliki Asuransi Jiwa Kredit

Adapun keabsahan asuransi jiwa kredit diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI No 124/PMK.010/2008 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan Suretyship (“PMK 124/2008”).

Pada Pasal 1 angka 2 PMK 124/2008 dinyatakan, “Asuransi kredit adalah lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan pemenuhan kewajiban finansial penerima kredit apabila penerima kredit tidak mampu memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian kredit.”

Nah, untuk manfaat memiliki asuransi jiwa kredit ini pun bukan hanya berlaku bagi kamu sebagai debitur, melainkan juga untuk pihak bank sebagai kreditur. Pasalnya, kreditur/pihak bank nantinya akan terlindungi dari kemungkinan tidak diperolehnya kembali kredit yang diberikan kepada para nasabahnya.

Sementara itu, sebagai debitur, kamu pun bisa tetap menjalankan kewajiban pelunasan kredit sekalipun mengalami risiko, misalnya kematian dan kecelakaan. Dengan demikian, keluarga yang kamu tinggalkan pun tidak akan terbebani dengan kredit yang belum lunas.

Sekian ulasan tentang perusahaan asuransi jiwa kredit terbaik dan daftarnya yang perlu kamu ketahui. Ingat kembali ya bahwa kamu harus selalu membandingkan satu produk dengan produk lainnya sebelum memutuskan untuk membelinya. Tujuannya agar nantinya dapat disesuaikan dengan manfaat yang tepat dan anggaran yang kamu punya. Selamat membeli produknya!

Baca jugaTips Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE